Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CATUR SUSANTO, 2301402027 Ungkapan Sebab Bahasa Prancis dalam Roman La chute Karya Albert Camus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CATUR SUSANTO, 2301402027 Ungkapan Sebab Bahasa Prancis dalam Roman La chute Karya Albert Camus."— Transcript presentasi:

1 CATUR SUSANTO, Ungkapan Sebab Bahasa Prancis dalam Roman La chute Karya Albert Camus

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : CATUR SUSANTO - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa Prancis - JURUSAN : BAHASA & SASTRA ASING - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - susantio_cs pada domain plasa.com - PEMBIMBING 1 : Prof Dr. Edi Astini - PEMBIMBING 2 : Dra. Dwi Astuti, MPd - TGL UJIAN :

3 Judul Ungkapan Sebab Bahasa Prancis dalam Roman La chute Karya Albert Camus

4 Abstrak Dalam berkomunikasi, sering digunakan ungkapan-ungkapan, salah satunya adalah ungkapan sebab. Penggunaan ungkapan sebab bahasa Prancis banyak ditemui dalam buku-buku bacaan, seperti dalam roman. Dalam mengungkapkan sebab, banyak variasi cara yang dapat digunakan, misalnya menggunakan konjungsi ataupun preposisi. Dalam buku-buku bacaan, banyak sekali ditemukan variasi ungkapan sebab. Di samping itu, juga ditemukan bahwa letak ungkapan sebab dalam kalimat tidak selalu sama. Masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) jenis-jenis ungkapan sebab bahasa Prancis dan (2) struktur sintaksis ungkapan sebab bahasa Prancis yang terdapat dalam roman La Chute karya Albert Camus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan struktur sintaksis ungkapan sebab bahasa Prancis yang digunakan dalam roman La Chute karya Albert Camus tersebut. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif melalui kajian pustaka. Sumber data dalam penelitian ini adalah roman La Chute karya Albert Camus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Pilah Unsur Penentu (PUP). Dalam sumber data ditemukan 102 data ungkapan sebab. Setelah data tersebut dianalisis didapatkan hasil sebagai berikut: ungkapan sebab yang berjenis konjungsi sebanyak 66 data (64,70%), preposisi sebanyak 19 data (18,62%), dan konstruksi khusus sebanyak 17 data (16,66%). Struktur sintaksis ungkapan sebab bervariasi, ada yang terletak di awal atau di tengah kalimat saja dan ada juga yang bisa terletak di awal dan tengah kalimat. Berdasarkan analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa ungkapan sebab dengan jenis konjungsi merupakan ungkapan sebab terbanyak dari seluruh data, terutama parce que, puisque, dan car. Struktur sintaksis ungkapan sebab bahasa Prancis ada yang bisa terletak di awal dan tengah kalimat, di awal kalimat, dan di tengah kalimat.

5 Kata Kunci ungkapan sebab, konjungsi, preposisi, konstruksi khusus.

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "CATUR SUSANTO, 2301402027 Ungkapan Sebab Bahasa Prancis dalam Roman La chute Karya Albert Camus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google