Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

NUR CHAFID, 2350406009 Ideologi Tokoh-tokoh Utama dalam Roman la Debacle Karya Emile Zola: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "NUR CHAFID, 2350406009 Ideologi Tokoh-tokoh Utama dalam Roman la Debacle Karya Emile Zola: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt."— Transcript presentasi:

1 NUR CHAFID, Ideologi Tokoh-tokoh Utama dalam Roman la Debacle Karya Emile Zola: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : NUR CHAFID - NIM : PRODI : Sastra Perancis - JURUSAN : BAHASA & SASTRA ASING - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - ch4veed pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Conny Handayani - PEMBIMBING 2 : Suluh Edhi W - TGL UJIAN :

3 Judul Ideologi Tokoh-tokoh Utama dalam Roman la Debacle Karya Emile Zola: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt

4 Abstrak Chafid, Nur Ideologi Tokoh-Tokoh Utama dalam Roman La Débâcle Karya Emile Zola: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing. Fakultas Bahasa dan Seni. Univeritas Negeri Semarang. Pembimbing I: Dra. Conny Handayani., M.Hum., Pembimbing II: Suluh Edhi Wibowo, S.S., M.Hum. Kata kunci: Sosiologi Sastra Ian Watt, La Débâcle, Ideologi. Berawal dari pertanyaan besar: bagaimana representasi Zola terhadap dua ideologi besar yang muncul setelah masa kejatuhan Napoleon III yaitu ideologi revolusioner dan ideologi republikan dalam karyanya, penulis memutuskan untuk menganalisis ideologi tokoh-tokoh utama dalam roman La Débâcle, yaitu tokoh Jean Macquart dan Maurice Levasseur. Adapun alasan penulis memilih La Débâcle sebagai objek material dalam penelitian ini adalah karena roman ini merupakan bagian dari seri roman Les Rougons-Macquart yang merupakan karya agung (masterpiece) dari Emile Zola. Untuk mencapai tujuan akhir penelitian, yaitu mendeskripsikan ideologi tokoh-tokoh utama dalam roman La Débâcle, penulis terlebih dahulu menggunakan pendekatan Sosiologi Sastra Ian Watt untuk menganalisis sastra sebagai cermin masyarakat sehingga kita dapat mengetahui ideologi apa saja yang muncul serta fenomena-fenomena yang muncul dalam masyarakat setelah kejatuhan pemerintahan Napoleon yang tercermin dalam roman La Débâcle. Kemudian untuk mendapatkan data yang mengandung unsur-unsur ideologi dari tokoh utama, penulis menggunakan teknik pilah unsur penentu (PUP). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan konsep republikanisme dari Aristoteles dan Machiavelli dan teori gerakan revolusioner dari Karl Marx. viii Oleh karena penelitian ini lebih memfokuskan bahwa karya sastra merupakan cermin masyarakat, maka Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra dengan mempergunakan sumbersumber tertulis untuk memperoleh data yang sering disebut dengan teknik pustaka atau library research. Adapun metode yang digunakan penulis dalam menganalisis data adalah deskriptif analitis. Dengan menggunakan metode deskriptif analitis penulis mendeskripsikan fakta-fakta kemudian disusul dengan analisis. Setelah menganalisis secara bertahap, penulis mengetahui bahwa tokohtokoh dalam sebuah roman juga mampu merepresentasikan ideologi-ideologi tertentu. Ideologi dapat dilihat pada seluruh praktek kehidupan, pada tindakan kecil dan besar, pada pikiran awam dan ilmiah dan pada semua sela-sela terkecil kehidupan manusia

5 Kata Kunci Sosiologi Sastra Ian Watt, La Débâcle, Ideologi.

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "NUR CHAFID, 2350406009 Ideologi Tokoh-tokoh Utama dalam Roman la Debacle Karya Emile Zola: Sebuah Kajian Sosiologi Sastra Ian Watt."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google