Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rina Yuni W( 06314 ) Rosa Aprilia( 06326 ) Inawati F( 06278 ) Sully Mayasari( 06372 )

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rina Yuni W( 06314 ) Rosa Aprilia( 06326 ) Inawati F( 06278 ) Sully Mayasari( 06372 )"— Transcript presentasi:

1 Rina Yuni W( ) Rosa Aprilia( ) Inawati F( ) Sully Mayasari( )

2 Erosi adalah suatu proses dimana tanah dihancurkan dan kemudian dipindahkan serta diendapkan ke tempat lain oleh kekuatan air, angin, atau es yang bergerak. Erosi meliputi proses-proses : Detacment atau pelepasan partikel-partikel tanah. Transpiration atau penghanyutan partikel-partikel tanah. Deposition atau pengendapan partikel-partikel tanah yang telah dihanyutkan.

3

4

5 Sebab Alamiah Erosi alamiah terjadi karena adanya pembentukan tanah dan proses yang terjadi untuk mempertahankan keseimbangan tanah secara alami. Sebab Aktivitas Manusia Erosi terjadi karena mengelupasnya lapisan tanah bagian atas akibat cara bercocok tanam yang tidak mengindahkan kaidah-kaidah konservasi tanah atau kegiatan pembangunan yang bersifat merusak keadaan fisik tanah.

6 Iklim Topografi Vegetasi Manusia Tanah Tekstur tanah Struktur tanah Bahan organik

7 1. Metode vegetatif Adalah penggunaan tanaman atau tumbuhan dan sisa- sisanya untuk mengurangi jumlah dan daya rusak hujan yang jatuh. a. Reboisasi adalah menanami kembali hutan yang gundul b. Countour strip cropping adalah bercocok tanam dengan beberapa jenis tanaman semusim dalam strip- strip yang berselang-seling menurut garis kontur

8

9 2. Metode mekanik Adalah semua perlakuan fisik-mekanik yang diberikan terhadap tanah dan pembuatan bangunan untuk mengurangi aliran permukaan dan erosi,serta meningkatkan kemamouan penggunaan tanah a. Guliudan adalah tumpukan tanah yang dibuat memanjang searah garis kontur atau memotong lareng untuk menahan erosi b. Perbaikan drainase dan irigasi.

10

11

12 3. Metode Kimia Adalah dengan menggunakan preparat kimia sintetis atau alami. Preparat ini disebut Soil Conditioner atau pemantap struktur tanah. Soil Conditioner ini digunakan untuk membentuk struktur tanah yang stabil. Bahan kimia yang digunakan adalah Bitumen dan Krilium 4. Penggunaan Polimer Polimer emulsi dari jenis poli vinyl acetate co acrylic atau poli vinyl asetate veova,dapat berfungsi sebagai soil stabilizer. Polimer jenis ini akan mengakibatkan ikatan partikel-partikel tanah sehingga akan mencegah pergerakan air dari partikel-partikel tersebut.

13 Kehilangan tanah yang subur di daerah pertanian atau perkebunan tang mengalami erosi. Kehilangan lahan secara fisik dan berbagai objek di atasnya

14 Erosi merupakan kunci bagi proses transportasi sedimen dan proses sedimentasi.

15


Download ppt "Rina Yuni W( 06314 ) Rosa Aprilia( 06326 ) Inawati F( 06278 ) Sully Mayasari( 06372 )"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google