Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mangapul/Erosi_Tanah Oleh: Drs.Mangapul P.Tambunan,M.Sc.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mangapul/Erosi_Tanah Oleh: Drs.Mangapul P.Tambunan,M.Sc."— Transcript presentasi:

1 Mangapul/Erosi_Tanah Oleh: Drs.Mangapul P.Tambunan,M.Sc.

2 Mangapul/Erosi_Tanah 1. Definisi Erosi tanah adalah suatu peristiwa hilang atau terkikisnya tanah atau bagian tanah dari suatu tempat yang terangkut ke tempat lain, baik disebabkan oleh pergerakan air ataupun angin (Arsyad,1983) Erosi tanah terjadi akibat aksi dispersi dan tenaga pengangkut oleh air hujan yang mengalir di permukaan tanah (run off) Dalam peristiwa erosi tanah ada (1) dimensi waktu; (2) dimensi ruang; dan (3) dimensi tenaga/energi.

3 Mangapul/Erosi_Tanah 2. Proses Erosi Tanah Proses erosi tanah bermula dengan terjadinya penghancuran agregat-agregat tanah sebagai akibat pukulan air hujan yang mempunyai energi lebih besar dari daya tahan tanah. Hancuran dari tanah ini akan menyumbat pori-pori tanah, maka kapasitas infiltrasi tanah akan menurun dan mengakibatkan air mengalir di permukaan tanah dan disebut sebagai limpasan permukaan. Jika tenaga limpasan permukaan sudah tidak mampu lagi mengangkut bahan-bahan hancuran tersebut, maka bahan- bahan ini akan diendapkan.

4 Mangapul/Erosi_Tanah Secara sederhana ada 3 kejadian pada saat proses erosi tanah terjadi, yaitu: 1. Penghancuran agregat-agregat tanah; 2. Pengangkutan lapisan tanah; 3. Pengendapan/sedimentasi tanah.

5 Mangapul/Erosi_Tanah 3. Faktor-Faktor Penyebab Erosi Tanah Erosi tanah terjadi akibat variabel: 1.Iklim (I) 2.Tanah (T) 3.Topografi (Tp) 4.Vegetasi (V) 5.Manusia (M) Dengan persamaan, E=f (I, T, Tp, V, M)

6 Mangapul/Erosi_Tanah IKLIM Hujan Temperatur Angin Kelembaban Radiasi Matahari Jumlahnya Intensitasnya Persebaran Erosivitas

7 Mangapul/Erosi_Tanah TANAH Tekstur Struktur Bahan Organik Sifat Lapisan Bawah Tingkat Kesuburan Dimensi Ruang & Waktu Erodibilitas

8 Mangapul/Erosi_Tanah TOPOGRAFI Lereng Ketinggian Kecepatan Aliran Air Volume Limpasan

9 Mangapul/Erosi_Tanah VEGETASI Jenis Tanaman Perakaran Tinggi Tanaman Tajuk Tingkat Pertumbuhan Musim PersebaranPersebaran

10 Mangapul/Erosi_Tanah MANUSIA Kualitas Kuantitas Dimensi: Ruang dan Waktu

11 Mangapul/Erosi_Tanah Vegetasi mempengaruhi Erosi,karena: Intersepsi air hujan oleh tajuk dan adsorpsi melalui energi air hujan, sehingga memperkecil erosi; Pengaruh terhadap struktur tanah melalui penyebaran akar-akarnya; Pengaruh terhadap limpasan permukaan; Peningkatan aktivitas biologi dalam tanah; Peningkatan kecepatan kehilangan air karena transpirasi.


Download ppt "Mangapul/Erosi_Tanah Oleh: Drs.Mangapul P.Tambunan,M.Sc."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google