Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Www.psmi.poltek-malang.ac.id. Java Database Connectivity (JDBC) JDBC adalah Application Programming Interface (API) yang dirancang untuk mengakses Database.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Www.psmi.poltek-malang.ac.id. Java Database Connectivity (JDBC) JDBC adalah Application Programming Interface (API) yang dirancang untuk mengakses Database."— Transcript presentasi:

1

2 Java Database Connectivity (JDBC) JDBC adalah Application Programming Interface (API) yang dirancang untuk mengakses Database berdasarkan SQL (Structured Query Language). JDBC dikembangkan dengan memperhatikan aspek kompatibilitas dan interoperabilitas dengan database software seperti Oracle, DB/2 dan lainnya. Untuk mengakses database dengan DBMS yang berbeda dan platform yang berbeda – beda juga (Unix, Windows, AS400) maka JDBC memerlukan Driver. Untuk mengakses database MS-Access misalnya, JDBC memerlukan Driver yang menjembatani Applikasi dengan ODBC (Open Database Connectivity) yang ada di lingkungan Microsoft Windows. Teknik ini disebut juga sebagai bridging. Aplikasi Java  JDBC  ODBC  MS-Access

3 TIPE DRIVER

4 TIPE DRIVER (cont….) JDBC-ODBC Menjembatani antara aplikasi Java dengan Microsoft ODBC Native JDBC Driver berisi program Java yang mengakses metoda dari C atau C++ yang diimplementasikan oleh vendor Database Generic Network API Digunakan pada akses Client Server, client mempergunakan socket untuk mengakses Server dan Server menggunakan internal API untuk mengakses Database (contoh Servlet) Database Engine Aplikasi langsung mengakses socket yang diciptakan untuk komunikasi antar Java code langsung ke database. Metoda ini disebut sebagai pure java solution (misalnya ditawarkan oleh Oracle)

5 INSIALISASI DRIVER Untuk mengaktifkan hubungan antar aplikasi dan database, maka sebuah connection harus dibentuk dengan menggunakan JDBC Driver. Conenction dibentuk melalui 1 class java.sql.DriverManager dan 2 interface, yaitu java.sql.Driver dan java.sql.Connection. Class untuk JDBC diakses melalui java.sql.*

6 INSIALISASI DRIVER (cont….)

7 INSIALISASI DRIVER (cont….) Class.forName(nama-driver) Loading driver, artinya koneksi akan dibuat dengan menggunakan jalur dari driver tersebut. DriverManager.getConnection (url, username, passwd) Menghubungkan aplikasi dengan nama database yang akan diakses, dilengkapi dengan otentikasi berupa nama user dan password. Hasil dari metoda getConnection() memberikan variable yang dapat digunakan untuk mengakses database melalui instruksi SQL.

8 INSIALISASI DRIVER (cont….) Akses ke Driver dan DriverManager dapat menyebabkan Exception yang harus di kendalikan oleh program.

9 INSIALISASI DRIVER (cont….)

10 ODBC DRIVER Sebelum dapat mengakses Database pada Windows, maka ODBC-Driver harus dipersiapkan lebih dahulu. Pada contoh adalah mempersiapkan database yang bernama Peserta dan mengakses File*.mdb.

11 ODBC DRIVER (cont….)

12 ODBC DRIVER (cont….) Sebelumnya telah dipersiapkan file peserta.mdb yang kemudian didaftarkan sebagai ODBC Data Source Name. Dengan demikian program Java dapat melakukan akses dengan instruksi sebagai berikut :

13 Menyiapkan instruksi SQL Java SQL menyiapkan class untuk melakukan SQL query yaitu dengan Statement dan ResultSet. Statement digunakan untuk melaksankan SQL query sedangkan hasilnya masuk ke class ResultSet

14 Menyiapkan instruksi SQL (cont….)

15 Menyiapkan instruksi SQL (cont….) Perhatikan bahwa statement dibuka untuk membuat query, kemudian pada akhir blok statement tersebut ditutup dengan st.close(). ResultSet merupakan pointer ke kumpulan dari hasil query tersebut. Bila nilai ResultSet adalah null, maka hasil eksekusi SQL tersebut kosong (empty).

16 Menyiapkan instruksi SQL (cont….) Untuk menampilkan Record dari ResultSet, diperlukan lopp sebagai berikut :

17 Menyiapkan instruksi SQL (cont….) Contoh: Tabel Instruksi Berikut didemostrasikan akses ke Database Sistra dan menampilkan daftar nama instruktur dan informasi lainnya.

18 Menyiapkan instruksi SQL (cont….)

19 Menyiapkan instruksi SQL (cont….)

20 Menyiapkan instruksi SQL (cont….)

21 Menyiapkan instruksi SQL (cont….) Perhatikan bahwa untuk mengambil nilai dari ResultSet telah digunakan 2 metoda yaitu getString() dan getInt(). Parameter dari kedua metoda tersebut adalah nomor field atau String berupa nama field tersebut.

22 Menyiapkan instruksi SQL (cont….)

23 Menyiapkan instruksi SQL (cont….) Tabel metoda get:

24 Menyiapkan instruksi SQL (cont….) Tabel Tipe Data SQL  JAVA

25 Lab 1 : Windows ODBC Driver Daftarkan database Sistra, yaitu database yang telah dibuat sebelumnya dengan menggunakan Microsoft Access. Database ini akan diregistrasi pada ODBC sebagai System DSN dan diberi nama Sistra Adapun nama file dari database tersebut adalah Sistra.mdb. File ini akan diberikan oleh Instruktur.

26 LAB (cont….) Buka ODBC-Menu dari Windows Control Panel dan ODBC Driver Menu, buat System DSN

27 LAB (cont….) Pilih tombol Add dan pilih driver dan Microsoft Access. Pilih Finish sebagai pilihan berikutnya

28 LAB (cont….) Pilih tombol Select dan diberikan informasi berupa Nama File dengan Direktori/Path yang lengkap dari file Microsoft Access Sistra.mdb.

29 LAB (cont….) Lab 2: Test ODBC Driver Buat program Java yang memeriksa koneksi dengan database tersebut.

30 LAB (cont….)

31 LAB (cont….)

32 LAB (cont….)

33 LAB (cont….) Lab 3 : Tabel Peserta Tampilkan isi dari table Peserta di database Sistra. Struktur dari table adalah sebagai berikut:


Download ppt "Www.psmi.poltek-malang.ac.id. Java Database Connectivity (JDBC) JDBC adalah Application Programming Interface (API) yang dirancang untuk mengakses Database."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google