Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Unsur - Unsur Negara Dipresentasikan Oleh : N. A. Rahman Wijaya (41612110038) Soraya Dayanti Putri (41612110040) Welly Yusup (41612110045)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Unsur - Unsur Negara Dipresentasikan Oleh : N. A. Rahman Wijaya (41612110038) Soraya Dayanti Putri (41612110040) Welly Yusup (41612110045)"— Transcript presentasi:

1 Unsur - Unsur Negara Dipresentasikan Oleh : N. A. Rahman Wijaya ( ) Soraya Dayanti Putri ( ) Welly Yusup ( )

2 Unsur – unsur Negara Unsur Konstitutif Unsur Deklaratif 1.Rakyat 2.Wilayah 3.Pemerintah yang Berdaulat 1.Rakyat 2.Wilayah 3.Pemerintah yang Berdaulat Pengakuan dari negara lain

3 Rakyat Penduduk Bukan Penduduk Warga Negara Bukan Warga Negara Warga Negara Asli Warga Negara Keturunan

4 Rakyat : Semua orang yang berdiam dalam suatu negara atau yang menjadi penghuni negara. Rakyat merupakan unsur terpenting dalam negara karena rakyatlah yang pertama-tama berkepentingan supaya organisasi dapat berjalan lancar dan baik. Penduduk : Orang-orang yang bertempat tinggal dan menetap di dalam wilayah negara. Bukan penduduk : Semua orang yang berada di suatu wilayah negara hanya untuk sementara waktu.

5 Warga negara : Mereka yang berdasarkan hukum menjadi anggota suatu negara dan mengakui pemerintahan negaranya sebagai pemerintahnya. Bukan warga negara : Mereka yang tidak mempunyai ikatan hukum dengan negara dan mereka tidak mengakui pemerintahan negara sebagai pemerintahnya.

6 Wilayah Udara Lautan Daerah Ekstrateritorial Wilayah : Tempat menetap rakyat dan tempat pemerintahan melaksanakan kegiatan. Daratan

7 Batas Alam : Sungai, Danau, Pegunungan, Lembah Batas Buatan : Pagar, Tembok, Kawat berduri Batas menurut ilmu pasti : Garis Lintang Bujur Peta Bumi Daratan : Segala sesuatu yang terlihat di atas bumi seperti sungai, rawa, gunung. Penentuan batas wilayah ditentukan dengan perjanjian antar negara tetangga.

8 Lautan : Lautan yang merupakan wilayah suatu negara disebut laut teritorial, sedangkan laut yang berada di luar laut teritorial disebut laut terbuka. Suatu negara belum tentu mempunyai wilayah lautan, seperti negara – negara yang terletak di tengah benua dan dikelilingi negara lain. Contoh : Swiss, Mongolia, dsb. Penentuan batas wilayah lautan tidak semudah menetapkan batas wilayah daratan karena lebih banyak permasalahan dan peraturannya. Hingga akhirnya dibuatlah Konvensi Hukum Laut Internasional tahun 1982.

9 1. L. Teritorial : 12 Mil dari pantai 2. Zona bersebelahan : 12 Mil diluar L. Teritorial / 24 Mil dari pantai 3. ZEE – 200 Mil diukur dari pantai 4. Landas benua : lebih dari 200 Mil boleh menggandakan Eksplorasi - Eksploitasi asal bagi keuntungan dengan masyarakat Internatioal

10 Udara : meliputi ruang angkasa/udara yang berada di atas wilayah daratan dan laut teritorial negara. Konvensi Chicago 1944  setiap negara mempunyai kedaulatan yang utuh dan eksklusif di ruang udara yang ada di atas wilayah negaranya dan jarak ketinggian kedaulatan negara di udara ditentukan oleh kesanggupan pesawat udara mencapai ketinggian tertentu, yang selalu berubah tergantung dengan kemajuan teknologi penerbangan.

11 Daerah ekstrateritorial (daerah konvensional) : wilayah atau tempat-tempat yang menurut kebiasaan hukum internasional diakui sebagai wilayah/daerah kekuasaan negara tertentu, meskipun sebenarnya wilayah atau tempat itu berada di wilayah negara lain. Contoh : Tempat perwakilan diplomatik (kedutaan), kapal laut berbendera negara tertentu yang berlayar di laut terbuka.

12 Pemerintah yang Berdaulat Pemerintah dalam arti sempit : badan eksekutif Pemerintah dalam arti luas : gabungan semua alat perlengkapan negara Pemerintah yang berdaulat ke dalam adalah dapat mengatur kehidupan rakyatnya dan ditaati rakyatnya, sedangkan kedaulatan ke luar adalah dapat mempertahankan kemerdekaannya dan mengadakan hubungan dengan negara lain.

13 Sifat – sifat kedaulatan Asli : tidak berasal dari kekuasaan lain yang lebih tinggi. Permanen : tetap ada selama negara berdiri. Absolut : tidak ada kekuasaan lain yang lebih tinggi dari kekuasaan negara. Tidak dibagi-bagi : kedaulatan merupakan satu- satunya kekuasaan tertinggi. Tidak terbatas : meliputi semua orang dan golongan tanpa terkecuali.

14 Sumber Kedaulatan Teori Kedaulatan Tuhan Kekuasaan tertinggi dalam negara adalah berasal dari Tuhan. Teori Kedaulatan Raja Kedaulatan terletak ditangan raja dan keturunannya, raja mendapat kekuasaan langsung dari Tuhan. Teori Kedaulatan Rakyat Rakyatlah yang berdaulat dalam negara dan mewakilkan kekuasaannya kepada suatu badan yaitu pemerintah

15 Teori Kedaulatan Negara Negaralah sebagai sumber dalam kedaulatan negara. Teori Kedaulatan Hukum Kekuasaan tertinggi pada negara terletak pada hukum.

16 Pengakuan dari Negara Lain Pengakuan de facto : pengakuan yang didasarkan pada suatu kenyataan bahwa negara tsb telah mempunyai unsur – unsur pokok berdirinya negara. Pengakuan de jure : pengakuan berdasarkan hukum internasional.

17 STUDI KASUS

18 Batas Wilayah Indonesia Batas Daratan Utara : Filipina, Samudra Pasifik, Laut Cina Selatan, Malaysia, Teluk Benggala Timur : Papua Nugini, Lautan pasifik Selatan : Samudra Indonesia (Samudra Hindia) Barat : Samudra Indonesia (Samudra Hindia)

19

20 Batas Lautan Konflik Batas Laut: Pertaruhan Harga Diri Bangsa(http://indomaritimeinstitute.org/?p=1341)http://indomaritimeinstitute.org/?p=1341 Hanya batas maritim antara Indonesia dengan Australia yang telah lengkap disepakati. Sementara batas maritim dengan negara tetangga lain baru dilakukan penetapan batas-batas Dasar Laut (Landas Kontinen) dan sebagian batas laut wilayah. Belum selesainya penentuan batas maritim antara pemerintah Indonesia dengan negara tetangga menjadikan daerah perbatasan rawan konflik.

21 Beberapa kasus yang ada antara Indonesia dan Malaysia merupakan cerminan rentannya perairan daerah perbatasan. Terjadi saling tangkap nelayan baik dari Indonesia maupun Malaysia bahkan bisa mengganggu hubungan diplomatic kedua Negara. Sebagai Negara kepulauan, Indonesia seharusnya lebih proaktif dalam penyelesaian batas laut dengan Negara tetangga, dengan demikian adanya keinginan untuk menjadikan Indonesia sebagai Negara Maritim yang kuat bisa terealisasi.


Download ppt "Unsur - Unsur Negara Dipresentasikan Oleh : N. A. Rahman Wijaya (41612110038) Soraya Dayanti Putri (41612110040) Welly Yusup (41612110045)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google