Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ETIKA BIOTEKNOLOGI Prof. Win Darmanto, Ph.D.. Pengertian Bioetika Ada beberapa kasus I: Ada beberapa kasus I: Seorang pasien yang mana tidak mampu menghasilkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ETIKA BIOTEKNOLOGI Prof. Win Darmanto, Ph.D.. Pengertian Bioetika Ada beberapa kasus I: Ada beberapa kasus I: Seorang pasien yang mana tidak mampu menghasilkan."— Transcript presentasi:

1 ETIKA BIOTEKNOLOGI Prof. Win Darmanto, Ph.D.

2 Pengertian Bioetika Ada beberapa kasus I: Ada beberapa kasus I: Seorang pasien yang mana tidak mampu menghasilkan gamet, sehingga dia harus menerima donor dari sperma atau ovum dari orang lain. Seorang pasien yang mana tidak mampu menghasilkan gamet, sehingga dia harus menerima donor dari sperma atau ovum dari orang lain. Sangat mudah dimengerti atau beralasan sperma sebagai donor lebih mudah dari pada ovum. Sangat mudah dimengerti atau beralasan sperma sebagai donor lebih mudah dari pada ovum. Donor ovum adalah sangat langka. Donor ovum adalah sangat langka. Selama perkembangan fetus, jumlah oosit yang diproduksi terus menurun. Selama perkembangan fetus, jumlah oosit yang diproduksi terus menurun.

3 Sehingga ada saran, aborsi fetus peremmpuan dapat digunakan sebagai suplai oosit atau ovum, untuk pengobatan pasient infertility. Sehingga ada saran, aborsi fetus peremmpuan dapat digunakan sebagai suplai oosit atau ovum, untuk pengobatan pasient infertility. Apakah anda setuju ??? Apakah anda setuju ??? Apa alasannya ??? Apa alasannya ???

4 Pengertian Bioetika 1. Bioetika ialah suatu disiplin baru yang menggabungkan pengetahuan biologi dengan pengetahuan mengenai sistem nilai manusia, yang akan menjadi jembatan antara ilmu pengetahuan dan kemanusiaan, membantu menyelamatkan kemanusian, dan mempertahankan dan memperbaiki dunia beradab. (Van Potter, 1970s, dalam Tien, 2007 ) 2. Bioetika ialah kajian mengenai pengaruh moral dan sosial dari teknik-teknik yang dihasilkan oleh kemajuan ilmu-ilmu hayati. (Honderich Oxford, 1995, dalam Tien, 2007 )

5 3. Bioetika bukanlah suatu disiplin ilmu. Bioetika telah menjadi tempat bertemunya sejumlah disiplin, diskursus, dan organisasi yang terlibat dan peduli pada persoalan etika, hukum, dan sosial yang ditimbulkan oleh kemajuan dalam kedokteran, ilmu pengetahuan, dan bioteknologi. (Onara O’Neill, 2002, dalam Tien, 2007 )

6 4. Bioetika mengacu pada kajian sistematis, plural dan interdisiplin dan penyelesaian masalah etika yang timbul dari ilmu-ilmu kedokteran, hayati, dan sosial, sebagaimana yang diterapkan pada manusia dan hubungannya dengan biosfera, termasuk masalah yang terkait dengan ketersediaan dan keterjangkauan perkembangan keilmuan dan keteknologian dan penerapannya. (Preliminary Draft Declaration on Universal Norms on Bioethics, UNESCO, 2005, dalam Tien, 2007 )

7 Jadi : Bioetika terkait dengan kegiatan yang mencari jawab dan menawarkan pemecahan masalah dari konflik moral. Bioetika terkait dengan kegiatan yang mencari jawab dan menawarkan pemecahan masalah dari konflik moral. Konflik moral yang dimaksud meliputi konflik yang Konflik moral yang dimaksud meliputi konflik yang timbul dari kemajuan pesat ilmu-ilmu pengetahuan timbul dari kemajuan pesat ilmu-ilmu pengetahuan hayati dan kedokteran, yang diikuti oleh penerapan teknologi yang terkait dengannya. hayati dan kedokteran, yang diikuti oleh penerapan teknologi yang terkait dengannya.

8 Ciri: 1. Interdisiplinerilitas -melibatkan ilmu 1. Interdisiplinerilitas -melibatkan ilmu biomedis, hukum, ilmu sosial, teologi, dll. 2. Internasionalisasi –problem-problem etis yang ditimbulkan dalam perkembangan ilmu-ilmu hayati bersifat internasional 2. Internasionalisasi –problem-problem etis yang ditimbulkan dalam perkembangan ilmu-ilmu hayati bersifat internasional 3. Plularisme -banyak golongan dan pandangan diikutsertakan 3. Plularisme -banyak golongan dan pandangan diikutsertakan

9 Berita Mutakhir Bioteknologi Pertanian Monsanto menghentikan produksi gandum transgenik (10 Mei 2004) Sebagai reaksi atas kurangnya dukungan pasar, Monsanto untuk sementara menghentikan program gandum Roundup Ready sampai ada perubahan persepsi

10 Uni Eropa menyetujui pemasaran jagung transgenik baru (19 Mei 2004) Syngenta diijinkan untuk memasarkan jagung transgenik Bt-11 yang tahan serangga Produk tanaman transgenik pertama dalam 5 tahun terakhir yang disetujui Uni Eropa Tapi Syngenta memutuskan untuk menunda pemasarannya karena pertimbangan persepsi konsumen

11 Jaman bioteknologi modern 1973, pertama kali gen berhasil diklon 1973, pertama kali gen berhasil diklon 1974, ekspresi gen terklon di jasad lain 1974, ekspresi gen terklon di jasad lain 1975, antibodi monoklonal 1975, antibodi monoklonal

12 Jaman bioteknologi modern Teknologi hibridoma (Antibodi monoklonal) Teknologi hibridoma (Antibodi monoklonal) Teknologi uji diagnostik dengan antibodi Teknologi uji diagnostik dengan antibodi Rekayasa genetika Rekayasa genetika Vaksin artifisial Vaksin artifisial Insulin dari khamir Insulin dari khamir

13 Bioteknologi sudah merebak di banyak bidang seperti, pertanian, peternakan, kesehatan. Semuanya bertujuan agar kita survival dalam kehidupan. Di bidang pertanian ada kapas transgenik, jagung, buah-buahan (seperti durian Bangkok), Bioteknologi sudah merebak di banyak bidang seperti, pertanian, peternakan, kesehatan. Semuanya bertujuan agar kita survival dalam kehidupan. Di bidang pertanian ada kapas transgenik, jagung, buah-buahan (seperti durian Bangkok), Bunga (misalnya bunga tulip yang berwarna- warni di Jepang), dan hampir semua tanaman dapat dilakukan rekayasa genetika. Bunga (misalnya bunga tulip yang berwarna- warni di Jepang), dan hampir semua tanaman dapat dilakukan rekayasa genetika.

14 Negara-negara lain yang telah berkutat dengan bioteknologi justru menggunakan tanaman Indonesia sebagai plasma nutfah mereka, seperti contohnya durian Bangkok, dan nangka kuning di Amerika. Dalam peningkatan bidang peternakan telah dirancang suatu ilmu berbasis bioteknologi seperti kloning (yang terkenal adalah domba Dolly), inseminasi buatan (peternakan sapi di Lembang sudah menggunakannya), fertilisasi in vitro (telah berkembang pesat dan berhasil dilakukan riset pada kelinci, mencit, sapi, babi, domba, sampai manusia), splitting (yang mampu menghasilkan anak kembar identik pada domba, sapi, babi, dan kuda, dan masih banyak lagi). Negara-negara lain yang telah berkutat dengan bioteknologi justru menggunakan tanaman Indonesia sebagai plasma nutfah mereka, seperti contohnya durian Bangkok, dan nangka kuning di Amerika. Dalam peningkatan bidang peternakan telah dirancang suatu ilmu berbasis bioteknologi seperti kloning (yang terkenal adalah domba Dolly), inseminasi buatan (peternakan sapi di Lembang sudah menggunakannya), fertilisasi in vitro (telah berkembang pesat dan berhasil dilakukan riset pada kelinci, mencit, sapi, babi, domba, sampai manusia), splitting (yang mampu menghasilkan anak kembar identik pada domba, sapi, babi, dan kuda, dan masih banyak lagi).

15 Contoh di Indonesia adalah babi transgenik, hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Muladno bersama teman-temannya di Institut Pertanian Bogor (IPB). Penelitian ini sudah berhasil memproduksi hemoglobin manusia sebanyak 10-15% dari total hemoglobin manusia selain beberapa organ dalam babi yang dapat dicangkokkan ke dalam tubuh manusia karena "kemiripannya". Contoh di Indonesia adalah babi transgenik, hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Muladno bersama teman-temannya di Institut Pertanian Bogor (IPB). Penelitian ini sudah berhasil memproduksi hemoglobin manusia sebanyak 10-15% dari total hemoglobin manusia selain beberapa organ dalam babi yang dapat dicangkokkan ke dalam tubuh manusia karena "kemiripannya".

16 Sedangkan di bidang kesehatan, sudah jelas dapat mengatasi penyakit dengan melakukan pengubahan terhadap susunan gen-gen yang termutasi. Sedangkan di bidang kesehatan, sudah jelas dapat mengatasi penyakit dengan melakukan pengubahan terhadap susunan gen-gen yang termutasi. Produksi hormon insulin untuk pengidap diabetes mellitus juga adanya pra-Implantasi Genetik Diagnosis yang memungkinkan stem cells memproduksi sel-sel yang diacu karena kekurangan. Kasus Molly, gadis berusia 6 tahun yang merupakan anak tunggal dan orang tuanya menginginkan cara yang aman untuk menyebuhkan putrinya dari penyakit leukimia. Produksi hormon insulin untuk pengidap diabetes mellitus juga adanya pra-Implantasi Genetik Diagnosis yang memungkinkan stem cells memproduksi sel-sel yang diacu karena kekurangan. Kasus Molly, gadis berusia 6 tahun yang merupakan anak tunggal dan orang tuanya menginginkan cara yang aman untuk menyebuhkan putrinya dari penyakit leukimia. Dengan metode ini akhirnya memacu sumsum tulang belakang untuk menghasilkan sel darah. Dengan metode ini akhirnya memacu sumsum tulang belakang untuk menghasilkan sel darah.

17 Beberapa pihak mengatakan tanpa adanya etika seseorang dapat menyalahgunakannya bioteknologi pada tempat yang salah, seperti menciptakan monster, misalnya. Beberapa pihak mengatakan tanpa adanya etika seseorang dapat menyalahgunakannya bioteknologi pada tempat yang salah, seperti menciptakan monster, misalnya. Tidak terbayangkan andaikata ada orang yang memang berminat "menciptakan" Hulk (manusia raksasa hijau). Atau mengamplifikasi DNA tua dari gen dinosaurus seperti yang terlihat dalam film Jurassic Park. Tidak terbayangkan andaikata ada orang yang memang berminat "menciptakan" Hulk (manusia raksasa hijau). Atau mengamplifikasi DNA tua dari gen dinosaurus seperti yang terlihat dalam film Jurassic Park.

18 Perjalanan bioteknologi di bidang transgenik, banyak pihak yang kontra karena mereka tidak menjamin keamanan makanan hasil transgenik, malah membahayakan. Selain demi kesehatan, tanaman transgenik dapat merusak keseimbangan alam di mana serbuk sari jagung di alam bebas dapat mengawini gulma-gulma liar, sehingga menghasilkan gulma unggul yang sulit dibasmi. Perjalanan bioteknologi di bidang transgenik, banyak pihak yang kontra karena mereka tidak menjamin keamanan makanan hasil transgenik, malah membahayakan. Selain demi kesehatan, tanaman transgenik dapat merusak keseimbangan alam di mana serbuk sari jagung di alam bebas dapat mengawini gulma-gulma liar, sehingga menghasilkan gulma unggul yang sulit dibasmi.

19 Kemudian juga jagung yang direkayasa sebagai pakan unggas dan menjadikan produk akhir unggas tersebut terdapat genetic modified organism (GMO) yang dikhawatirkan membahayakan manusia. Kemudian juga jagung yang direkayasa sebagai pakan unggas dan menjadikan produk akhir unggas tersebut terdapat genetic modified organism (GMO) yang dikhawatirkan membahayakan manusia. Selain itu, malah ada dugaan bahwa SARS yang menggoyahkan dunia kemungkinan akibat rekayasa genetika virus Corona. Walaupun belum ada laporan resmi, teknologi secanggih apapun pastilah akan berdampak terhadap lingkungan. Selain itu, malah ada dugaan bahwa SARS yang menggoyahkan dunia kemungkinan akibat rekayasa genetika virus Corona. Walaupun belum ada laporan resmi, teknologi secanggih apapun pastilah akan berdampak terhadap lingkungan.

20 Istilah-istilah yang sering digunakan dalam Bioteknologi Modern Transgen – Gen asing yang ditambahkan kepada suatu spesies Contoh – Gen Cry (mengkode protein yang menjadi racun bagi serangga keluarga Koleoptera) Contoh – Kapas Bollgard Jagung tahan herbisida

21 HASIL KEGIATAN BIOTEKNOLOGI MODERN DI BIDANG PERTANIAN GMO - Genetically modified organisms Suatu jasad yang memiliki sifat baru, yang sebelumnya tidak dimiliki oleh jenis jasad tersebut, sebagai hasil penambahan gen yang berasal dari jasad lain. Juga disebut organisme transgenik Tanaman tahan virus pepaya, jeruk, kentang Gen ketahanan berasal dari virus

22 Jagung tahan serangga Normal Transgenic Racun Bt yang dikandungnya membunuh corn borer Gen pengendali produksi racun berasal dari bakteri Tanaman tahan herbisida Yang sudah ada: kedelai, jagung, kanola Yang berikutnya: gula bit, kobis, strawberry, alfalfa, kentang, gandum Gen ketahanan berasal dari bakteri

23 Perbedaan Pemuliaan tanaman konvensional Pemuliaan tanaman melalui bioteknologi Gen yang dipindahkan berasal dari spesies yang sama Pemindahan gen melalui perkawinan interspesies Gen yang dipindahkan berasal dari spesies yang berbeda Pemindahan gen melalui rekayasa genetika tanaman

24 ATTCGA ATTGGA Gen yang diarah Gen baru Perlakuan mutagenesis Mutagenesis: Sifat baru, tanpa gene asing Mutagenesis mengubah urutan DNA suatu gen Dapat diperoleh sifat baru yang menguntungkan

25 Generasi Organisme Tansgenik Berikutnya di bidang Pertanian Golden Rice Kandungan vitamin A meningkat Gen berasal dari bakteri Kekurangan: produksi vitamin A kurang banyak

26 Bunga matahari Tahan jamur putih Gen ketahanan berasal dari gandum Rumput lapangan golf Tahan herbisida Tumbuh lambat mengurangi pemangkasan mengurangi polusi

27 Arah Pengembangan yang Dituju data; collated from: Information Systems for Biotechnology (http://www.isb.vt.edu/) Sifat Jumlah Penguian (%) Tahan serangga 791 (31%) Tahan herbisida 736 (29%) Peningkatan kualitas 400 (16%) 400 (16%) Tahan penyakit 171 (7%)

28 Beberapa Sifat Lain yang Mulai Menarik data; collated from: Information Systems for Biotechnology (http://www.isb.vt.edu/) Sifat Jumlah Pengujian (%) Hasil tinggi 105 (4%) Kandungan asam amino 94 (4%) 94 (4%) Kandungan gula 44 (2%) 44 (2%) Kandungan lemak 42 (2%) 42 (2%)

29 Deteksi Ranjau Darat Dibutuhkan oleh militer, Tanpa upaya ini,anak-anak dan penduduk sipil terancam Bantuan Bioteknologi Tanaman (dikembangkan oleh Aresa Biodetection) Gen yang peka terhadap logam dimasukkan ke dalam tanaman Apabila akar tanaman menyentuh ranjau darat, Tanaman berubah warna dari hijau menjadi merah Mendeteksi ranjau darat

30 Biofarming? Bercocoktanam tanaman transgenik yang menghasilkan bahan-bahan yang memiliki fungsi kesehatan (pharmaceutical products) Contoh bahan-bahan yang memiliki fungsi kesehatan (pharmaceutical products) : Obat-obatan, antibodi, protein

31 Sistem Produksi Sederhana Keunggulan teknolog ini? Gen biasanya dimasukkan ke dalam tanaman yang biasa ditanam di lapangan (biasanya jagung) Cara bercocoktananam jagug tidak diubah Mengurangi beaya produksi Sistem hewan: $ $5000 per gram protein Sistem tanaman: $1 - $10 per gram protein Sumber: The Roanoke Times, 2000

32 IMPIAN BIOPFARMING Vaksin yang Dapat Dimakan Tanaman transgenik untuk memenuhi kebutuhan kesehatan manusia Gen penyandi protein spesifik dari jasad patogen diklon Gen tersebut dimasukkan ke dalam genom tanaman (kentang, pisang, tomat) Tanaman dikonsumsi manusia Tubuh manusia membentuk antibodi terhadap protein patogen Tubuh manusia mengalami “imunisasi” terhadap pathogen Contoh: Diarrhea Hepatitis B Cacar

33 Bioremediasi Polusi air, tanah dan udara menjadi masalah Tanaman dapat membantu degradasi senyawa polutan tersebut Dibutuhkan tanaman yang dapat membantu degradasi senyawa polutan dan aman terhadap lingkungan Tanaman yang kandungan nutrisinya diperkaya Malnutrisi meluas Malnutrisi dapat menyebabkan berbagai penyakit ikutan Dibutuhkan modifikasi tanaman pangan untuk mengatasi masalah tersebut Prioritas Bioteknologi Tanaman dan Lingkungan di Masa yang Akan Datang

34 Bioetika dan pertanian *GMO merupakan satu-satunya masalah pertanian yang banyak dibicarakan dalam forum-forum bioetika *Masalah-masalah lain dibahas dalam forum terbatas dari agricultural sciences Mis. The european society for Agricultural and Food Ethics Kongres ke-5: September 2004 di Leuven (Belgia) *Sudah ada: Journal of Food Ethics

35 *Tema-tema yang paling penting berasal dari perkembangan ilmu dan teknologi biomedis: dari definisi baru tentang kematian sekitar 1967 (brain death) sampai dengan penelitian embryonic stem cells dan cloning sekarang ini. Perkembangan berikutnya didominasi oleh oleh bidang bioteknologi, seperti munculnya GMO.

36 Kontra Ketakutan masalah keamanan apabila produk GMO dikonsumsi manusia. Ketakutan masalah keamanan apabila produk GMO dikonsumsi manusia. Ketakutan akan menimbulkan hama atau gulma yang resisten terhadap pestisida. Ketakutan akan menimbulkan hama atau gulma yang resisten terhadap pestisida. Ketakutan akan punahnya biodiversity (keanekaragaman hayati dicuri orang asing). Ketakutan akan punahnya biodiversity (keanekaragaman hayati dicuri orang asing). Ketakutan bahwa GMO akan membahayakan generasi mendatang. Ketakutan bahwa GMO akan membahayakan generasi mendatang. Tuduhan bahwa benih GMO akan merugikan petani karena harga yang mahal. Tuduhan bahwa benih GMO akan merugikan petani karena harga yang mahal.

37 Kongres AS Larang Kloning Manusia Washington DC, Sinar Harapan Kongres AS memutuskan pelarangan kloning atas embrio manusia setelah menempuh perdebatan yang alot berdasarkan pertimbangan ilmiah, moral, dan definisi kehidupan. Washington DC, Sinar Harapan Kongres AS memutuskan pelarangan kloning atas embrio manusia setelah menempuh perdebatan yang alot berdasarkan pertimbangan ilmiah, moral, dan definisi kehidupan.

38 Keputusan tersebut dikeluarkan setelah melalui pemungutan suara dengan komposisi , sekaligus menutup harapan beberapa anggota kongres atas pembatasan penelitian kloning manusia untuk mengobati penyakit Alzheimer’s, Lou Gehrig, dan sejumlah penyakit kelumpuhan lainnya. Keputusan tersebut dikeluarkan setelah melalui pemungutan suara dengan komposisi , sekaligus menutup harapan beberapa anggota kongres atas pembatasan penelitian kloning manusia untuk mengobati penyakit Alzheimer’s, Lou Gehrig, dan sejumlah penyakit kelumpuhan lainnya.

39 Putusan untuk melarang segala bentuk kloning manusia sekaligus melarang suatu amandemen yang akan mengizinkan penciptaan terbatas atas embrio hasil kloning yang digunakan untuk penelitian. Putusan untuk melarang segala bentuk kloning manusia sekaligus melarang suatu amandemen yang akan mengizinkan penciptaan terbatas atas embrio hasil kloning yang digunakan untuk penelitian. Sementara itu beberapa anggota kongres lain, Jim Greenwood (Republik) dan Peter Deutsch (Demokrat) menyatakan alternatif untuk mengizinkan penelitian kloning yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sejumlah penyakit. Sementara itu beberapa anggota kongres lain, Jim Greenwood (Republik) dan Peter Deutsch (Demokrat) menyatakan alternatif untuk mengizinkan penelitian kloning yang dapat digunakan untuk menyembuhkan sejumlah penyakit.

40 Larang Kucuran Dana Larang Kucuran Dana Perdebatan muncul saat membahas apakah kalangan ilmuwan bisa mengkloning embrio manusia yang digunakan untuk penelitian menyembuhkan penyakit kelumpuhan. Perdebatan muncul saat membahas apakah kalangan ilmuwan bisa mengkloning embrio manusia yang digunakan untuk penelitian menyembuhkan penyakit kelumpuhan. Dari embrio-embrio tersebut, kalangan ilmuwan dapat memperoleh sel-sel yang berharga yang bisa membangun jaringan sel tubuh. Dari embrio-embrio tersebut, kalangan ilmuwan dapat memperoleh sel-sel yang berharga yang bisa membangun jaringan sel tubuh.

41 Pemunculan kembali masalah “besar”lama di dunia kesehatan di tengah masyarakat kini memerlukan pendekatan terpadu, seperti dalam masalah euthanasia dan transplantasi organ manusia, khususnya dalam xenotransplantation; Pemunculan kembali masalah “besar”lama di dunia kesehatan di tengah masyarakat kini memerlukan pendekatan terpadu, seperti dalam masalah euthanasia dan transplantasi organ manusia, khususnya dalam xenotransplantation;

42 Tantangan Perkembangan Bioteknolgi Diperlukan rambu-rambu berperilaku (etika) bagi para pengelola ilmu pengetahuan, ilmuwan dan ahli tekonologi yang bergerak di bidang biologi molekuler dan teknologi rekayasa genetika.

43 Etika Stem Cell Stem Cells: Stem Cells: Suatu sel prekursor yang berpotensi untuk berkembang menjadi berbagai macam sel yang berbeda (sel beta pancreas, kondrosit, sel neuron, dll). Suatu sel prekursor yang berpotensi untuk berkembang menjadi berbagai macam sel yang berbeda (sel beta pancreas, kondrosit, sel neuron, dll). –Stem cells dapat membelah tanpa batas untuk menggantikan sel lain  sehingga berperan seperti suatu sistem perbaikan sel dalam tubuh. –Setiap stem cell dapat membelah menjadi sel lain yang terspesialisasi maupun menjadi stem cell yang baru.

44

45 Pembuatan sel dan jaringan untuk terapi medis. Pembuatan sel dan jaringan untuk terapi medis. Contoh penyakit yang berpeluang untuk diterapi menggunakan stem cells adalah Parkinson, Alzheimer, kerusakan pusat system saraf, stroke, diabetes, rheumatoid arthritis, luka bakar, infark jantung, dll. Contoh penyakit yang berpeluang untuk diterapi menggunakan stem cells adalah Parkinson, Alzheimer, kerusakan pusat system saraf, stroke, diabetes, rheumatoid arthritis, luka bakar, infark jantung, dll. Kegunaan Stem Cell

46 Beberapa pandangan agama: embrio dianggap sebagai kehidupan baru yang harus dihormati. Beberapa pandangan agama: embrio dianggap sebagai kehidupan baru yang harus dihormati. Penggunaan embrio untuk stem cell dapat disamakan dengan tindakan membunuh dan aborsi. Penggunaan embrio untuk stem cell dapat disamakan dengan tindakan membunuh dan aborsi.

47 Issue Moral Issue Moral Beberapa pandangan agama: embrio dianggap sebagai kehidupan baru yang harus dihormati. Beberapa pandangan agama: embrio dianggap sebagai kehidupan baru yang harus dihormati. Penggunaan embrio untuk stem cell dapat disamakan dengan tindakan membunuh dan aborsi. Penggunaan embrio untuk stem cell dapat disamakan dengan tindakan membunuh dan aborsi.

48 Beberapa kategori untuk menentukan status moral dari embrio manusia yaitu: Beberapa kategori untuk menentukan status moral dari embrio manusia yaitu: –adanya genom manusia secara lengkap –adanya potensi untuk berkembang menjadi manusia –adanya kemampuan kognitif seperti kesadaran, kemampuan nalar Kategori pertama dan kedua yang menyebabkan embrio memiliki status sama dengan anak maupun manusia dewasa. Kategori pertama dan kedua yang menyebabkan embrio memiliki status sama dengan anak maupun manusia dewasa.

49 Ada beberapa perbedaan regulasi pada tiap negara (khusunya di Eropa) Ijin untuk mendapatkan stem sel embrionik dari supernumerary embrio. Ijin untuk mendapatkan stem sel embrionik dari supernumerary embrio. –Larangan mendapatkan stem sel embrionik dari embrio manusia namun usaha mendatangkan dan menggunakan stem sel embrio manusia untuk kondisi tertentu diijinkan secara hukum. –Larangan mendapatkan stem sel embrionik dari supernumerary embrio manusia. –Tidak ada undang-undang secara khusus mengenai penelitian embrio manusia. –Ijin untuk pembuatan embrio untuk digunakan sebagai sumber stem cell secara legal. –Larangan untuk menciptakan embrio manusia untuk tujuan penelitian.

50 Perkembangan Nasional

51 Undang-Undang No. 7 tahun 1996 tentang Pangan; Undang-Undang No. 7 tahun 1996 tentang Pangan; pasal 13 yang mengantisipasi produk pangan yang dihasilkan melalui rekayasa genetika pasal 13 yang mengantisipasi produk pangan yang dihasilkan melalui rekayasa genetika Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman yang memberikan batasan-batasan Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 2000 tentang Perlindungan Varietas Tanaman yang memberikan batasan-batasan Keputusan Bersama Menristek, MenKes dan Mentan Tahun 2004 Keputusan Bersama Menristek, MenKes dan Mentan Tahun 2004 tentang Pembentukan Komisi Bioetika Nasional tentang Pembentukan Komisi Bioetika Nasional

52 UU No. 18/2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan IPTEK (RPP Peneltian Berisiko Tinggi) UU No. 18/2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan IPTEK (RPP Peneltian Berisiko Tinggi) Pasal 22 Pasal 22 1) Pemerintah menjamin kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara serta keseimbangan tata kehidupan manusia dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup. 1) Pemerintah menjamin kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara serta keseimbangan tata kehidupan manusia dengan kelestarian fungsi lingkungan hidup.

53 2) Untuk melaksanakan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), pemerintah mengatur perizinan bagi pelaksanaan kegiatan penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berisiko tinggi dan berbahaya dengan memperhatikan standar nasional dan ketentuan yang berlaku secara internasional 2) Untuk melaksanakan ketentuan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), pemerintah mengatur perizinan bagi pelaksanaan kegiatan penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berisiko tinggi dan berbahaya dengan memperhatikan standar nasional dan ketentuan yang berlaku secara internasional

54 UU No. 18/2002 UU No. 18/2002 Tentang Sistem Penelitian Nasional, Pengembangan dan Penerapan IPTEK Tentang Sistem Penelitian Nasional, Pengembangan dan Penerapan IPTEK - PP No. 41/2006 Perizinan Melakukan Litbang bagi Perguruan Tinggi Asing, Lembaga Litbang Asing dan Badan Usaha Asing dan Orang Asing

55 Pasal 20 Pasal 20 1) Perguruan Tinggi Asing, Lembaga Litbang Asing dan Badan Usaha Asing dan Orang Asing tidak membawa sampel dan/atau spesimen bahan litbang keluar wilayah NKRI 1) Perguruan Tinggi Asing, Lembaga Litbang Asing dan Badan Usaha Asing dan Orang Asing tidak membawa sampel dan/atau spesimen bahan litbang keluar wilayah NKRI

56 Komisi Bioetika Nasional Tugas (Pasal 2): Tugas (Pasal 2): memajukan telaah masalah yang terkait dengan prinsip-prinsip bioetika, memajukan telaah masalah yang terkait dengan prinsip-prinsip bioetika, memberi pertimbangan kepada Pemerintah mengenai aspek bioetika dalam penelitian, pengembangan, dan penerapan Iptek yang berbasis pada ilmu pengetahuan hayati, memberi pertimbangan kepada Pemerintah mengenai aspek bioetika dalam penelitian, pengembangan, dan penerapan Iptek yang berbasis pada ilmu pengetahuan hayati, menyebarluaskan pemahaman umum mengenai bioetika menyebarluaskan pemahaman umum mengenai bioetika

57 Fungsi (Pasal 3): Fungsi (Pasal 3): 1. Penelaahan prinsip-prinsip bioetika dalam memajukan iptek serta mengkaji dampaknya pada masyarakat 2. Peninjauan etika terhadap arah perkembangan iptek, khususnya ilmu-ilmu hayati

58 Kloning Manusia

59 Cont0h kAsuS suatu pasangan berkehendak untuk mempergunakan suatu sel dari anaknya yang di ambang ajal untuk mengkloning seorang bayi lain sebagai suatu cara untuk “menghidupkan” kembali anaknya. suatu pasangan berkehendak untuk mempergunakan suatu sel dari anaknya yang di ambang ajal untuk mengkloning seorang bayi lain sebagai suatu cara untuk “menghidupkan” kembali anaknya. Untuk beberapa kalangan (pihak yang pro), metode terapi kloning masih dapat diterima karena dianggap sebagai suatu upaya dalam membantu pasangan suami istri yang mengalami kesulitan medis (infertilisasi). Disamping itu salah satu pihak yang kontra adalah dari gereja Vatikan, Gereja Vatikan mengutuk proses pengkloningan manusia dengan menyebut penelitian tersebut sebagai bentuk eksploitasi paling buruk terhadap manusia yang pernah ada dibumi ini. Untuk beberapa kalangan (pihak yang pro), metode terapi kloning masih dapat diterima karena dianggap sebagai suatu upaya dalam membantu pasangan suami istri yang mengalami kesulitan medis (infertilisasi). Disamping itu salah satu pihak yang kontra adalah dari gereja Vatikan, Gereja Vatikan mengutuk proses pengkloningan manusia dengan menyebut penelitian tersebut sebagai bentuk eksploitasi paling buruk terhadap manusia yang pernah ada dibumi ini.

60 Pr0 Cloning manusia dianggap menguntungkan karena: Bagi manusia yang ingin punya keturunan, tapi karena satu dan lain hal tidak bisa mendapat anak dengan cara yang biasa. Memungut anak adalah satu solusi, tapi anak itu secara biologis adalah anak orang lain. Dengan kloning, bisa dipastikan sang anak secara biologis berasal dari ayah atau ibunya, yaitu orang yang menyumbangkan sel DNA-nya. Bagi manusia yang ingin punya keturunan, tapi karena satu dan lain hal tidak bisa mendapat anak dengan cara yang biasa. Memungut anak adalah satu solusi, tapi anak itu secara biologis adalah anak orang lain. Dengan kloning, bisa dipastikan sang anak secara biologis berasal dari ayah atau ibunya, yaitu orang yang menyumbangkan sel DNA-nya. Cloning adalah jalan menuju keabadian, suatu hidup tanpa kematian. (Ketua sekte agama Raelian, Claude Vorilhon). Cloning adalah jalan menuju keabadian, suatu hidup tanpa kematian. (Ketua sekte agama Raelian, Claude Vorilhon).

61 Untuk bidang pengobatan sangat menguntungkan karena Tim pakar tadi mengatakan kloning sel batang (stem cell) manusia untuk tujuan pengobatan jangan dilarang. Untuk bidang pengobatan sangat menguntungkan karena Tim pakar tadi mengatakan kloning sel batang (stem cell) manusia untuk tujuan pengobatan jangan dilarang. Sel batang adalah sel-sel awal yang berkembang pada permulaan kehidupan, yang kemudian berkembang menjadi bermacam sel yang berbeda yang terdapat dalam tubuh hewan atau manusia. Sel-sel batang itu diperkirakan bisa dipakai untuk mengobati berbagai penyakit manusia. Sel batang adalah sel-sel awal yang berkembang pada permulaan kehidupan, yang kemudian berkembang menjadi bermacam sel yang berbeda yang terdapat dalam tubuh hewan atau manusia. Sel-sel batang itu diperkirakan bisa dipakai untuk mengobati berbagai penyakit manusia.

62 Pr0... Merupakan suatu cara sempurna untuk mendapatkan anak, sebab mereka tidak harus menikahi seorang lain dari lawan jenis. Merupakan suatu cara sempurna untuk mendapatkan anak, sebab mereka tidak harus menikahi seorang lain dari lawan jenis. Merupakan suatu anugrah besar bagi masyarakat bila diciptakan cloning diri sendiri jika diri mereka begitu cerdas dan hebat Merupakan suatu anugrah besar bagi masyarakat bila diciptakan cloning diri sendiri jika diri mereka begitu cerdas dan hebat Dapat sebagai suplai jaringan-jaringan tubuh yang sesuai secara genetic unutk menangani berbagai macam penyakit, dengan cara membuat embrio-embrio manusia dari sel tubuh pasien, kemudian memanipulasi embrio-embrio yang berkembang ini demi suplai “spare part” mereka. Mereka beragumentasi bahwa makhluk-makhluk yang demikian dapat dieksploitasi demi kebutuhan organ-organ tubuh sebab makhluk-makhluk itu tidak memiliki status sebagai “pribadi”. Dapat sebagai suplai jaringan-jaringan tubuh yang sesuai secara genetic unutk menangani berbagai macam penyakit, dengan cara membuat embrio-embrio manusia dari sel tubuh pasien, kemudian memanipulasi embrio-embrio yang berkembang ini demi suplai “spare part” mereka. Mereka beragumentasi bahwa makhluk-makhluk yang demikian dapat dieksploitasi demi kebutuhan organ-organ tubuh sebab makhluk-makhluk itu tidak memiliki status sebagai “pribadi”.


Download ppt "ETIKA BIOTEKNOLOGI Prof. Win Darmanto, Ph.D.. Pengertian Bioetika Ada beberapa kasus I: Ada beberapa kasus I: Seorang pasien yang mana tidak mampu menghasilkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google