Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM EKONOMI LAYANAN KESEHATAN ASTUTI YUNI NURSASI, MN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM EKONOMI LAYANAN KESEHATAN ASTUTI YUNI NURSASI, MN."— Transcript presentasi:

1 SISTEM EKONOMI LAYANAN KESEHATAN ASTUTI YUNI NURSASI, MN

2 PENGERTIAN ILMU EKONOMI ADALAH SUATU ILMU YANG MEMPELAJARI PRODUKSI, DISTRIBUSI DAN KONSUMSI ATAS BARANG DAN JASA. ILMU EKONOMI ADALAH SUATU ILMU YANG MEMPELAJARI PRODUKSI, DISTRIBUSI DAN KONSUMSI ATAS BARANG DAN JASA. ILMU EKONOMI MEMPELAJARI BAGAIMANA INDIVIDU DAN KELOMPOKNYA MEMENUHI KEBUTUHAN DAN KEINGINANNYA MELALUI DORONGAN, PILIHAN, DAN ALOKASI SUMBER DAYA YANG TERBATAS. ILMU EKONOMI MEMPELAJARI BAGAIMANA INDIVIDU DAN KELOMPOKNYA MEMENUHI KEBUTUHAN DAN KEINGINANNYA MELALUI DORONGAN, PILIHAN, DAN ALOKASI SUMBER DAYA YANG TERBATAS.

3 ASAL USUL BAHASA EKONOMI berasal dari bahasa YUNANI. OIKOS  keluarga, rumah tangga, kekayaan. OIKOS  keluarga, rumah tangga, kekayaan. NOMOS  kebiasaan, aturan. NOMOS  kebiasaan, aturan. Artinya “manajemen rumah tangga” atau “manajemen kekayaan” EKONOM adalah orang yang menggunakan konsep-konsep dan data-data ekonomi dalam pekerjaannya atau orang yang memiliki gelar kesarjanaan dalam bidang ekonomi.

4 DEFINISI TERKAIT KEKAYAAN Adam Smith (Bp ekonomi modern): Ekonomi adalah ilmu kekayaan Ekonomi adalah ilmu kekayaan Ekonomi adalah ilmu yang berhubungan dengan aturan-aturan produksi, distribusi dan pertukaran. Ekonomi adalah ilmu yang berhubungan dengan aturan-aturan produksi, distribusi dan pertukaran. John Stuart Mill: Ekonomi adalah ilmu praktis yang mempelajari produksi dan distribusi kekayaan. Ekonomi adalah ilmu praktis yang mempelajari produksi dan distribusi kekayaan.

5 DEFINISI TERKAIT KESEJAHTERAAN Alfred Marshal: Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha individu dan sosial yang paling mendekati tujuan mencapai kesejahteraan. Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha individu dan sosial yang paling mendekati tujuan mencapai kesejahteraan.

6 LINGKUP ILMU EKONOMI EKONOMI MIKRO Mempelajari perilaku ekonomi pada unit terkecil (bisnis rumah tangga) dalam keterbatasan sumber daya dan interaksi pemerintah, juga konsekuensi ekonomi dari tiap pengambilan keputusan. Mempelajari perilaku ekonomi pada unit terkecil (bisnis rumah tangga) dalam keterbatasan sumber daya dan interaksi pemerintah, juga konsekuensi ekonomi dari tiap pengambilan keputusan. Fokus: perilaku konsumen, perusahaan, dan industri. Fokus: perilaku konsumen, perusahaan, dan industri. Tujuan: menganalisa mekanisme pasar yang menghasilkan harga barang dan jasa serta alokasi sumber-sumber daya yang terbatas. Tujuan: menganalisa mekanisme pasar yang menghasilkan harga barang dan jasa serta alokasi sumber-sumber daya yang terbatas.

7 LINGKUP ILMU EKONOMI EKONOMI MAKRO Mempelajari ekonomi secara menyeluruh dengan memahami interaksi kombinasi faktor-faktor ekonomi seperti pendapatan nasional, ketenagakerjaan dan inflasi. Mempelajari ekonomi secara menyeluruh dengan memahami interaksi kombinasi faktor-faktor ekonomi seperti pendapatan nasional, ketenagakerjaan dan inflasi. Menganalisa bagaimana mempengaruhi tujuan-tujuan kebijakan pemerintah seperti pertumbuhan ekonomi, kestabilan harga, ketenagakerjaan, dll. Menganalisa bagaimana mempengaruhi tujuan-tujuan kebijakan pemerintah seperti pertumbuhan ekonomi, kestabilan harga, ketenagakerjaan, dll.

8 ASUMSI-ASUMSI EKONOMI VALUE VALUE SUPPLY & DEMAND (PENAWARAN & PERMINTAAN) SUPPLY & DEMAND (PENAWARAN & PERMINTAAN) PRICE (HARGA) PRICE (HARGA) SCARCITY (KETERBATASAN SUMBER DAYA) SCARCITY (KETERBATASAN SUMBER DAYA) MARGINALISM MARGINALISM

9 VALUE Value didefinisikan sebagai aktivitas mendasar yang digambarkan dan diukur oleh ilmu ekonomi. Value didefinisikan sebagai aktivitas mendasar yang digambarkan dan diukur oleh ilmu ekonomi. Sejumlah uang dapat dinilai berdasarkan nilai tukarnya saat itu terhadap emas. Sejumlah uang dapat dinilai berdasarkan nilai tukarnya saat itu terhadap emas. Menurut “market theory”, value tidak bisa dipisahkan dari harga (value=price) Menurut “market theory”, value tidak bisa dipisahkan dari harga (value=price)

10 SUPPLY & DEMAND Supply adalah jumlah barang yang sesuai keinginan produsen atau supplier untuk dijual dengan harga tertentu pada periode tertentu. Supply adalah jumlah barang yang sesuai keinginan produsen atau supplier untuk dijual dengan harga tertentu pada periode tertentu. Demand adalah jumlah barang yang sesuai keinginan dan kemampuan pembeli untuk membelinya dengan harga yang ditetapkan pada periode tertentu. Demand adalah jumlah barang yang sesuai keinginan dan kemampuan pembeli untuk membelinya dengan harga yang ditetapkan pada periode tertentu.

11 HARGA Harga adalah nilai penukaran antara pembeli dan penjual. Harga adalah nilai penukaran antara pembeli dan penjual. Penawaran yang meningkat menyebabkan turunnya harga. Penawaran yang meningkat menyebabkan turunnya harga. Permintaa yang meningkat menyebabkan naiknya harga. Permintaa yang meningkat menyebabkan naiknya harga.

12 KETERBATASAN SUMBER DAYA Analisis ekonomi yang paling mendasar adalah bagaimana memaksimalkan sesuatu (waktu senggang, kekayaan, kesehatan, kebahagiaan, dll) yang disebut scarcity. Analisis ekonomi yang paling mendasar adalah bagaimana memaksimalkan sesuatu (waktu senggang, kekayaan, kesehatan, kebahagiaan, dll) yang disebut scarcity. Contoh: seseorang dapat memperoleh uang banyak dg bekerja keras tapi waktu luangnya berkurang (keterbatasan waktu). Contoh: seseorang dapat memperoleh uang banyak dg bekerja keras tapi waktu luangnya berkurang (keterbatasan waktu). Seseorang bisa memilih tinggal di kota dg harga sewa mahal atau tinggal jauh dari kota dg harga sewa rumah lebih murah (membayar beda kenyamanan) Seseorang bisa memilih tinggal di kota dg harga sewa mahal atau tinggal jauh dari kota dg harga sewa rumah lebih murah (membayar beda kenyamanan)

13 MARGINALISM Dalam Marginalism Economic Theory, harga ditentukan oleh marginal cost dan marginal utility. Dalam Marginalism Economic Theory, harga ditentukan oleh marginal cost dan marginal utility. Marginal cost: berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi barang selanjutnya, dibandingkan dengan berapa keuntungan yang akan didapat. Marginal cost: berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi barang selanjutnya, dibandingkan dengan berapa keuntungan yang akan didapat. Marginal utility: seberapa besar kebahagiaan yang didapat seseorang dengan membeli sejumlah barang, dibandingkan dg membeli lebih sedikit. Marginal utility: seberapa besar kebahagiaan yang didapat seseorang dengan membeli sejumlah barang, dibandingkan dg membeli lebih sedikit.

14 EKONOMI KESEHATAN Ilmu ekonomi kesehatan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana sumber-sumber daya dialokasi ke dan di dalam ekonomi kesehatan. Ilmu ekonomi kesehatan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana sumber-sumber daya dialokasi ke dan di dalam ekonomi kesehatan. Lingkungan ilmu ekonomi kesehatan adalah penyediaan pelayanan kesehatan dan distribusinya kepada penduduk. Lingkungan ilmu ekonomi kesehatan adalah penyediaan pelayanan kesehatan dan distribusinya kepada penduduk.

15 PENTINGNYA MEMPELAJARI EKONOMI KESEHATAN 1. Kontribusi sektor kesehatan yang makin meningkat dalam keseluruhan ekonomi. 2. Perhatian dan kebijakan nasional ada karena banyaknya orang yang mengalami masalah-masalah ekonomi dalam usahanya meningkatkan dan/atau mempertahankan kesehatannya. 3. Banyak isu-isu kesehatan lainnya yang memiliki elemen ekonomi.

16 UKURAN & CAKUPAN EKONOMI KES. UKURAN & CAKUPAN EKONOMI KES. Kontribusi ekonomi kesehatan pada GNP cukup besar dan meningkat terus. Alasan: Semakin banyak orang yg menggunakan jasa kes. (konsultasi, screening, dll) Semakin banyak orang yg menggunakan jasa kes. (konsultasi, screening, dll) Semakin banyak orang yg menggunakan jasa kes. Berkualitas tinggi, yg sebelumnya belum ada (operasi laser, terapi baru luka bakar) Semakin banyak orang yg menggunakan jasa kes. Berkualitas tinggi, yg sebelumnya belum ada (operasi laser, terapi baru luka bakar) Inflasi pada pelayanan kes. jauh di atas ekonomi umumnya (pendapatan meningkat  asuransi kes.  harga yankes meningkat) Inflasi pada pelayanan kes. jauh di atas ekonomi umumnya (pendapatan meningkat  asuransi kes.  harga yankes meningkat)

17 MASALAH-MASALAH EKONOMI PADA PELAYANAN KESEHATAN INFLASI INFLASI AKSES AKSES KUALITAS KUALITAS

18 INFLASI Harga yankes meningkat lebih cepat drpd harga-harga lain pada umumnya. Harga yankes meningkat lebih cepat drpd harga-harga lain pada umumnya. Kenaikan harga tersebut dua kali lipat dibanding harga-harga lainnya. Kenaikan harga tersebut dua kali lipat dibanding harga-harga lainnya. Contoh: th 1993, harga-harga pada umumnya naik 44.5%, biaya rawat inap naik 126.4%, konsultasi dokter naik 91.3%. Contoh: th 1993, harga-harga pada umumnya naik 44.5%, biaya rawat inap naik 126.4%, konsultasi dokter naik 91.3%.

19 AKSES Kenaikan harga menyebabkan kemampuan masyarakat untuk membeli barang dan jasa. Kenaikan harga menyebabkan kemampuan masyarakat untuk membeli barang dan jasa. Banyaknya orang yang tidak memiliki asuransi kesehatan juga mempengaruhi kemampuan mereka mengakses yankes. Banyaknya orang yang tidak memiliki asuransi kesehatan juga mempengaruhi kemampuan mereka mengakses yankes.

20 KUALITAS Kualitas yankes  surat izin praktik profesional, program quality insurance di rumah sakit. Kualitas yankes  surat izin praktik profesional, program quality insurance di rumah sakit. Keterkaitan asuransi kesehatan, kemajuan teknologi, dan kebutuhan masayarakat merupakan hal yang menarik bagi para ekonom. Keterkaitan asuransi kesehatan, kemajuan teknologi, dan kebutuhan masayarakat merupakan hal yang menarik bagi para ekonom.

21 SISI EKONOMIS DAN ISU-ISU KESEHATAN Contoh: Untuk memilih jenis terapi yang akan dilakukan kepada pasien memerlukan pertimbangan (evaluasi dan perbandingan) ekonomis. Untuk memilih jenis terapi yang akan dilakukan kepada pasien memerlukan pertimbangan (evaluasi dan perbandingan) ekonomis. Apa peran pemerintah seharusnya dalam upaya peningkatan kesehatan rakyat? Apa peran pemerintah seharusnya dalam upaya peningkatan kesehatan rakyat? Investasi yankes apa yang seharusnya dimiliki oleh negara-negara berkembang? Investasi yankes apa yang seharusnya dimiliki oleh negara-negara berkembang? Apakah iklan rokok seharusnya dilarang? Apakah iklan rokok seharusnya dilarang?

22 METODE-METODE ANALIS DALAM EKONOMI 1. Pengambilan keputusan yang rasional 2. Penggunaan abstrak 3. Penggunaan analisis marginal 4. Penggunaan model sebagai perumpamaan

23 Pengambilan keputusan yang rasional Pengambilan keputusan harus rasional (merupakan pilihan yang terbaik dengan keterbatasan sumber daya yang tersedia). Pengambilan keputusan harus rasional (merupakan pilihan yang terbaik dengan keterbatasan sumber daya yang tersedia). Kadang keputusan yang tampak irasional juga bisa dimengerti/diterima jika pengambil keputusan mempunyai alasan yang dapat diterima. Kadang keputusan yang tampak irasional juga bisa dimengerti/diterima jika pengambil keputusan mempunyai alasan yang dapat diterima.

24 Penggunaan abstrak Abstrak dalam ilmu ekonomi merupakan seni untuk mengurangi hal-hal yang dianggap tidak penting dengan tujuan untuk membuat sesuatu lebih berguna/mudah digunakan. Abstrak dalam ilmu ekonomi merupakan seni untuk mengurangi hal-hal yang dianggap tidak penting dengan tujuan untuk membuat sesuatu lebih berguna/mudah digunakan. Abstrak merupakan hal yang berguna, namun menghilangkan informasi yang penting merupakan suatu kesalahan. Abstrak merupakan hal yang berguna, namun menghilangkan informasi yang penting merupakan suatu kesalahan. Contoh: penggambaran situasi di pasar modal. Contoh: penggambaran situasi di pasar modal.

25 Penggunaan analisis marginal Unit margin = unit selanjutnya Unit margin = unit selanjutnya Pengambil keputusan harus memahami biaya dan keuntungan untuk unit margin. Pengambil keputusan harus memahami biaya dan keuntungan untuk unit margin. Contoh: berapa gram daging yang harus dibeli? Jika membeli lebih, berapa biaya tambahannya? Apakah kelebihan itu membawa manfaat yang sesuai dengan biaya yang dikeluarkan? Contoh: berapa gram daging yang harus dibeli? Jika membeli lebih, berapa biaya tambahannya? Apakah kelebihan itu membawa manfaat yang sesuai dengan biaya yang dikeluarkan?

26 Penggunaan model sebagai perumpamaan Salah satu karakteristik ilmu ekonomi adalah menggunakan model untuk menggambarkan sesuatu. Salah satu karakteristik ilmu ekonomi adalah menggunakan model untuk menggambarkan sesuatu. Model dapat berupa kata-kata, grafik atau rumus matematika. Model dapat berupa kata-kata, grafik atau rumus matematika.

27 Contoh analisis ekonomi dalam kes. Bagaimana menentukan harga jasa yankes? Bagaimana menentukan harga jasa yankes? Bagaimana mengukur manajemen RS? Bagaimana mengukur manajemen RS? Bagaimana pengaturan bagi perusahaan asuransi kesehatan? Bagaimana pengaturan bagi perusahaan asuransi kesehatan? Dalam satu RS, berapa perawat dibutuhkan? Jika ditambahkan satu lagi perawat, berapa biaya yang harus dikeluarkan? Dalam satu RS, berapa perawat dibutuhkan? Jika ditambahkan satu lagi perawat, berapa biaya yang harus dikeluarkan? Apakah pasien yang kaya dan miskin harus membayar dengan jumlah yang sama? Apakah pasien yang kaya dan miskin harus membayar dengan jumlah yang sama?

28 KEUNIKAN YANKES Ketidakpastian Ketidakpastian Adanya asuransi Adanya asuransi Adanya masalah informasi Adanya masalah informasi Peran lembaga non profit Peran lembaga non profit Terbatasnya kompetisi Terbatasnya kompetisi Peran kebutuhan Peran kebutuhan Subsidi pemerintah Subsidi pemerintah

29 EFISIENSI Pareto efficiency adalah sebuah pengukuran kesejahteraan sosial, situasi dikatakan optimal hanya jika tidak ada orang yang bisa menghasilkan lebih baik tanpa menyebabkan orang lain menjadi lebih buruk. Distributive efficiency adalah ketika produk-produk didistribusikan kepada orang-orang yang bisa mendapatkan keuntungan yang paling banyak dari produk tersebut.

30 EQUITY Equity adalah sebuah konsep keadilan dalam ekonomi, terutama dalam hal perpajakan dan kesejahteraan. Equity adalah sebuah konsep keadilan dalam ekonomi, terutama dalam hal perpajakan dan kesejahteraan. Horizontal equity adalah sebuah pemikiran bahwa orang-orang dengan kemampuan yang sama harus membayar pajak dalam jumlah yang sama. Horizontal equity adalah sebuah pemikiran bahwa orang-orang dengan kemampuan yang sama harus membayar pajak dalam jumlah yang sama. Vertical equity adalah pemikiran bahwa orang dengan kemampuan lebih tinggi dalam membayar pajak harus membayar lebih banyak. Vertical equity adalah pemikiran bahwa orang dengan kemampuan lebih tinggi dalam membayar pajak harus membayar lebih banyak.

31 Prinsip-prinsip JPKM Miskin Pengelolaan dana amanat dan nirlaba dengan pemanfaatan untuk semata-mata peningkatan kesehatan masy. miskin. Pengelolaan dana amanat dan nirlaba dengan pemanfaatan untuk semata-mata peningkatan kesehatan masy. miskin. Yankes bersifat menyeluruh sesuai standar medik yang cost effective dan rasional Yankes bersifat menyeluruh sesuai standar medik yang cost effective dan rasional Yankes dilakukan dengan prinsip terstruktur dan berjenjang. Yankes dilakukan dengan prinsip terstruktur dan berjenjang. Portabilitas dan ekuitas. Portabilitas dan ekuitas. Mekanisme asuransi sosial dengan iuran peserta dibayar oleh Pemerintah. Mekanisme asuransi sosial dengan iuran peserta dibayar oleh Pemerintah. Transparansi dan akuntabilitas. Transparansi dan akuntabilitas.

32 ASKESKIN Peserta program Askeskin adalah setiap orang miskin dan tidak mampu (selanjutnya disebut masyarakat miskin) yang terdaftar dan memiliki kartu askeskin dan berhak mendapatkan yankes. Peserta program Askeskin adalah setiap orang miskin dan tidak mampu (selanjutnya disebut masyarakat miskin) yang terdaftar dan memiliki kartu askeskin dan berhak mendapatkan yankes. Jumlah masy miskin th.2005 yang sudah terdaftar adalah jiwa. Jumlah masy miskin th.2005 yang sudah terdaftar adalah jiwa. Daftar nama ditetapkan oleh Bupati/Walikota. Masy miskin yang belum memperoleh kartu peserta askeskin dapat menggunakan Surat Ket. Tdk Mampu (SKTM)/Kartu Sehat/Kartu Subsidi Langsung Tunai (STL)/ Kartu Gakin. Daftar nama ditetapkan oleh Bupati/Walikota. Masy miskin yang belum memperoleh kartu peserta askeskin dapat menggunakan Surat Ket. Tdk Mampu (SKTM)/Kartu Sehat/Kartu Subsidi Langsung Tunai (STL)/ Kartu Gakin.

33


Download ppt "SISTEM EKONOMI LAYANAN KESEHATAN ASTUTI YUNI NURSASI, MN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google