Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 5. D. Aturan debit- kredit Akuntansi memiliki konvensi bahwa untuk penambahan pada akun - akun ( rekening – rekening ) tertentu diletakkan di.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 5. D. Aturan debit- kredit Akuntansi memiliki konvensi bahwa untuk penambahan pada akun - akun ( rekening – rekening ) tertentu diletakkan di."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 5

2 D. Aturan debit- kredit Akuntansi memiliki konvensi bahwa untuk penambahan pada akun - akun ( rekening – rekening ) tertentu diletakkan di sisi kiri dan pada akun – akun lain penambahan ada di sisi kanan

3 Sisi kiri dari suatu akun atau rekening atau pekiraan disebut sisi debit, sedangkan sisi kanan disebut sisi kredit. Adanya penambahan dan pengurangan yang terjadi dalam akun menimbulkan ketentuan debit dan kredit, yaitu aturan untuk mendebit dan mengkredit akun juga mengakibatkan adanya saldo normal pada akun tersebut.

4 Jadi, apabila transaksi telah dicatat dalam akun sebelah debit, jumlah yang sama harus di catat dalam akun lain atau dipecah atau di catat dalam akun lain disebelah kredit, demikian juga sebaliknya.

5 E. Jurnal Mencatat transaksi ke dalam buku jurnal disebut menjurnal. Nama akun dan jumlah rupiah yang dicatat dalam buku jurnal untuk tiap transaksi sering disebut ayat jurnal.

6 Jurnal mempunyai tiga fungsi yaitu : 1.Fungsi analisis, di dalam jurnal setiap transaksi di analisis untuk menentukan perkiraan yang akan di debit dan yang akan di kredit, serta jumlah masing – masing.

7 2. Fungsi mencatat dalam jurnal di bawah ini, setiap transaksi keuangan di catat, baik untuk perkiraan yang akan di debit, maupun di kredit serta keterangan masing – masing 3. Fungsi historis, karena di dalam jurnal setiap transaksi keuangan di catat secara kronologis, dapat di sebutkan bahwa jurnal merupakan buku harian tempat untuk mencatat aktivitas perusahaan.

8 Jurnal umum Halaman :…….. TanggalKeteranganfDebitkredit

9 F. Posting Setelah mencatat buku transaksi ke dalam buku jurnal langkah selanjutnya adalah memasukkan informasi dan angka – angka dari buku jurnal ke dalam akun – akun yang sesuai dengan yang ada di buku besar

10 Langkah – langkah dalam melakukan posting adalah sebagai berikut : 1.Membuka halaman baru buku jurnal yang ayat – ayat jurnalnya akan di akunkan. 2.Mencari kartu akun ke dalam buku besar yang sesuai dengan ayat jurnal

11 3. Memberikan tanda posting pada kolom “F” di buku besar dengan halaman jurnal temapt transaksi di akunkan 4. Menghitung saldo baru tiap akun dalam buku besar setelah di lakukan posting dan memberi tanda d dan k sesuai dengan sifat saldo

12 Contoh buku besar kas no : 1101 tanggalketeranganfdebitKreditsaldodk

13 PERLENGKAPAN KANTOR tanggalketeranganfdebitKreditsaldodk

14 MESIN JAHIT tanggalketeranganfdebitKreditsaldodk

15 KENDARAAN No: 1304 tanggalKeteranganfdebitkreditsaldoDK

16 Modal no : 31 tanggalKeteranganfdebitkreditsaldoDK

17 Utang Bank no :2201 tanggalKeteranganfdebitkreditsaldoDK

18 Pendapatan Usaha No: 4 tanggalKeteranganfdebitkreditsaldoDK

19 beban listrik dan air no : 5201 tanggalKeteranganfdebitkreditsaldoDK

20 Beban Gaji pegawai no: 5101 tanggalKeteranganfdebitkreditsaldoDK


Download ppt "Pertemuan 5. D. Aturan debit- kredit Akuntansi memiliki konvensi bahwa untuk penambahan pada akun - akun ( rekening – rekening ) tertentu diletakkan di."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google