Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pluralisme di Indonesia adalah: - Berkah - Keragaman - Sosial - Budaya - Adat - Bahasa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pluralisme di Indonesia adalah: - Berkah - Keragaman - Sosial - Budaya - Adat - Bahasa."— Transcript presentasi:

1

2 Pluralisme di Indonesia adalah: - Berkah - Keragaman - Sosial - Budaya - Adat - Bahasa

3

4 MEMAHAMI PERBEDAAN KEYAKINAN DIANTARA KITA SBG BANGSA YG MAJEMUK TIDAK MENGUKUR KEPERCAYAAN ORANG LAIN DGN KEYAKINAN SENDIRI TIDAK MUDAH TERSINGGUNG DLM PERGAULAN HIDUP MAMPU MENATA HATI DAN PIKIRAN UTK TIDAK IRIHATI, TDK MEMBENCI, DAN TDK MEMAKI-MAKI KEYAKINAN ORANG LAIN TIDAK MENCURIGAI KEGIATAN RITUAL ORANG LAIN YG TDK SAMA DGN KEYAKINAN KITA

5 Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2002:966) Kerukunan berasal dari kata : RUKUN yang berarti : Baik dan Damai; Tidak Bertengkar; Bersatu Hati, Bersepakat. “KERUKUNAN berarti Perilaku hidup RUKUN, yakni hidup yang baik dan damai, bersahabat, tidak bertengkar, bersatu hati dan bersepakat pada nilai- nilai kehidupan yang baik”

6  Merupakan tolak ukur pintu gerbang pilar perekat persatuan dan kesatuan.  Modal Dasar bagi kelangsungan pembangunan nasional,  Semangat kebersamaan

7 Keragaman Bangsa Indonesia tercermin dengan Pengakuan Pemerintah terhadap Lima Agama Islam Kristen Katholik Hindu Buddha

8 Mengajarkan PRINSIP SETIAP AGAMA Kebaikan, Hidup berdampingan satu dengan yang lain, Toleransi, Kedamaian

9 Kualitas hubungan antar umat beragama mengalami pasang surut, baik skala lokal,regional, nasional, internasional, Tidak selamanya harmonis Adanya generalisasi kepentingan Pluralisme berpeluang menjadi bencana daripada rahmat Tumbuh sikap primordialisme sempit mengakibatkan berbagai konflik.

10 Keanekaragaman bunga yang terangkai akan menyebabkan vas bunga menjadi indah, demikian pula keragaman ras, agama, suku bangsa ataupun bahasa menjadi sebuah budaya yang tertata indah bila diikat dengan keharmonisan. Berbagai agama yang ada di Indonesia akan berkembang, bila setiap orang mau menghargai perbedaan tersebut. Setiap bahasa daerah yang ada di Indonesia akan tetap terpelihara bila kita mau memeliharanya. Tari-tari daerah akan terus terawat bila generasi mudanya diberikan kepercayaan untuk terus mengembangkan.

11 Mudah menimbulkan konflik Kurang memahami perbedaan Sikap Fanatisme yang tinggi Politisasi agama

12 PRINSIP DASAR YANG HARUS DIBANGUN : Membangun tanpa perbedaan, Kebersamaan dalam perbedaan, Hidup tanpa kekerasan, Hidup toleran, Tidak mengukur keyakinan orang lain dengan keyakinan diri sendiri, Tidak mudah tersinggung, Mudah menata hati dan pikiran, Hidup harmonis berdampingan satu sama lain secara damai.

13

14


Download ppt "Pluralisme di Indonesia adalah: - Berkah - Keragaman - Sosial - Budaya - Adat - Bahasa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google