Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN KEDUA KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DAN EKONOMI MASYARAKAT ASIA TENGGARA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN KEDUA KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DAN EKONOMI MASYARAKAT ASIA TENGGARA."— Transcript presentasi:

1

2 PERTEMUAN KEDUA KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DAN EKONOMI MASYARAKAT ASIA TENGGARA

3 * KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT ASIA TENGGARA A. FAKTOR KESAMAAN SIFAT B. PERADAPAN ASLI ASIA TENGGARA - COEDES - KROM - ANTHONY REID : KEBUDAYAAN MATERIAL, PENGATURAN MASYARAKAT DAN PESTA KERAMAIAN DAN HIBURAN. * KEHIDUPAN EKONOMI MASYARAKAT ASIA TENGGARA.

4 STRUKTUR MASYARAKAT KARL MARX : STRUKTUR MASYARAKAT KUNO ASIA MASIH STATIS, TIDAK ADA YANG BERUBAH DARI MASYARAKAT ASIATIK. VAN LEUR : PERTANIAN DAN INDUSTRI TIDAK DIPENGARUHI BARAT SAMPAI ABAD KE-19.

5 BAHASA : BAHASA AUSTRONESIA PENYESUAIAN DENGAN LINGKUNGAN FISIK YANG SAMA. TINGKAT JALINAN NIAGA YANG TINGGI DI KAWASAN ASIA TENGGARA.

6 PERADABAN ASLI COEDES : MATERIAL (SAWAH DENGAN IRIGASI, TERNAK SAPI DAN KERBAU, LOGAM, NAVIGASI) SOSIAL (WANITA DAN GARIS IBU, ORGANISASI) AGAMA (ANIMISME, PEMUJAAN NENEK MOYANG, TEMPAT SUCI YANG TINGGI, PENGUBURAN, MYTHOLOGY)

7 KROM : - ORKES GAMELAN. - WAYANG, ATAU PERTUNJUKAN BAYANGAN BONEKA. - KERAJINAN BATIK.

8

9

10 Rumah Sederhana dan Pura Agung Orang Asia Tenggara sangat sedikit menggunakan waktu dan kekayaannya untuk rumah. Tidak permanennya rumah dan relatif mudahnya membangun rumah merupakan faktor penting dalam struktur sosial orang Asia Tenggara. Pura Agung dibangun untuk tahan lama, dibangun menggunakan batu bata serta batu

11 Perabotan dan Penerangan Perabotan rumah tangga sama sederhananya dengan rumah itu sendiri. Perbedaan kekayaan dan status menjadi tampak dalam pameran pakaian serta piring-piring emas. Penerangan menggunakan lampu minyak tanah, di samping berbagai minyak yang dihasilkan oleh hutan (biji dan damar).

12 Tubuh yang Indah Tubuh itu sendiri merupakan medium kesenian paling awal dan paling penting. Perataan serta penghitaman gigi merupakan kebiasaan umum di Asia Tenggara (Burma dan Vietnam) Pelubangan dan penggembungan daun telinga banyak dilakukan oleh pria dan wanita (Kamboja dan Burma) Merajah kulit badan juga merupakan salah satu bentuk seni tubuh yang khas di Asia Tenggara. Fungsi tato di Asia Tenggara adalah sebagai jimat.

13 Rambut

14 Pakai an

15

16 PENGATURAN MASYARAKAT PEPERANGAN MOBILISASI BURUH KEADILAN DAN HUKUM HUBUNGAN SEKSUAL PERKAWINAN PERAN WANITA

17 Peperangan

18 Mobilisa si Buruh Perbuda kan dan Kewajib an

19 Keadilan dan Hukum Masalah keadilan dan hukum, keadilan dilaksanakan secara cepat dan langsung. Raja mempunyai kekuasaan hukum yang monolitik. Hukuman mati dianjurkan untuk banyak jenis kejahatan, khususnya yang merugikan kedaulatan kerajaan.

20 Hubungan Seksual Wanita punya kedudukan yang lebih tinggi dibanding pria, semakin banyak seorang wanita mempunyai anak gadis semakin kayalah dia. Harta kekayaan beralih dari pria kepada wanita. Pria memberi mas kawin dan pasangan suami istri biasanya lebih sering tinggal di desa istri daripada di desa suami.

21 Monogami dikukuhkan dengan mudahnya perceraian. Keperawanan kaum wanita di Asia Tenggara dalam perkawinan dipandang sebagai kekurangan daripada sebagai keuntungan. Kaum lelaki Asia Tenggara lebih senang wanitanya berpengalaman. Tampak darah selaput dara dipandang berbahaya atau kotor pleh kotor oleh kaum pria, sebagaimana pandangan dewasa ini terhadap darah menstruasi di banyak daerah.

22 Peran Wanita Wanita berperan besar dalam perdagangan

23 PESTA KERAMAIAN DAN HIBURAN (HOMO LUDENS)

24 Negara Panggung Bangsa Asia Tenggara disebut sebagai Homo Ludens yaitu manusia yang bermain-main. Negara Asia Tenggara oleh Cliffer Gertz digambarkan sebagai Teathre State atau negara panggung. Kahidupan budaya penuh kegembiraan diatur oleh negara dalam rangka pengukuhan statusnya sendiri secara nyata. Pertunjukan istana merupakan suatu cara yang efektif di mana rakyat dirangkum dalm suatu negara yang bersifat herarkhis.

25 Pertandingan dan Perlombaan Dalam acara hiburan kerajaan selalu diberi tempat khusus untuk perlombaan hewan (kadang-kadang manusia). Sedangkan di kota kecil dan pasar sedikitnya ada acara sabung ayam.

26

27 Teater, Tari dan Musik Orang Asia Tenggara dikenal selalu menyanyi, menari dan mementas

28

29 Kesusasteraan Lisan dan Tertulis Manulis digunakan untuk tujuan praktis dan tujuan suci, namun sebagian besar orang mengahadapi kesusasteraan tidak dengan membacanya tetapi dengan menyanyikannya atau mendengarkan yang dinyanyikan

30 KEHIDUPAN EKONOMI MASYARAKAT ASIA TENGGARA

31 BIDANG PERTANIAN BIDANG PERDAGANGAN BIDANG INDUSTRI

32 BIDANG PERTANIAN BAHAN MAKANAN DAN HASIL BUMI POKOK ADALAH PADI/BERAS. - BIRMA DAN SIAM (LUMBUNG PADI ASIA TENGGARA) - KAMBOJA (PULAU BASAH) - VIETNAM (SEBUAH PIKULAN PADI, ANAM DI TENGAH DENGAN TONGKIN DAN COCHIN CINA DI UJUNGNYA)

33 CARA MENANAM PADI (- ABAD KE-16) PERTANIAN BERPINDAH PADA LERENG- LERENG RENDAH. MENYEBAR BENIH PADA LADANG TERGENANG. MENANAM BENIH DI SAWAH.

34 PERALATAN PERTANIAN SEDERHANA DAN BERAGAM. PADA PERTANIAN BERPINDAH PERLU : PARANG UNTUK MERAMBAH HUTAN, PACUL ATAU CANGKUL DAN SEBUAH LINGGIS. ANI-ANI DIGUNAKAN DI SEBAGIAN BESAR WILAYAH ASIA TENGGARA UNTUK MENUNAI PADI. PERSAWAHAN : MEMERLUKAN LUKU KAYU YANG UJUNGNYA DIBERI LOGAM DAN GARU DARI KAYU. HEWAN KERBAU DAN SAPI DIGUNAKAN UNTUK MEMBAJAK DAN MENGANGKUT HASIL BUMI.

35 KEPEMILIKAN LAHAN PALING AWAL, TANAH MERUPAKAN HAK MILIK BERSAMA. BERUBAH MENJADI PERORANGAN SEHUBUNGAN DENGAN MUNCULNYA KERAJAAN. RESMINYA TANAH MILIK RAJA, HAK MILIK DAN HAK PAKAI ADA PADA PETANI.

36 BIDANG PERDAGANGAN ABAD 3 SM : AWAL PERDAGANGAN BERKEMBANG DI DAERAH PEGU, AYUTHYA DAN DAERAH LOKAL LAINNYA. JALAN SUTERA 128 SM : LEWAT BIRMA UTARA. 116 SM CINA MEMPRAKARSAI JALAN LAUT.

37 PERANAN KERAJAAN FUNAN (- 550 M) PUNYA ANGKATAN LAUT YANG KUAT DI BAWAH FAN SIH MAN. MENDOMINASI LAUTAN DARI PANTAI MALAYA SAMPAI TELUK CAM ANH DI CAMPA. BANDAR UTAMA OC EO, MEMEGANG RUTE KUNCI PERHUBUNGAN DAGANG ANTARA CINA DAN INDIA. RUNTUHNYA FUNAN MEMPENGARUHI LESUNYA AKTIFITAS DAGANG.

38 KERAJAAN SRIWIJAYA ( ABAD 7-11) DAN MAJAPAHIT ( ABAD 13-14) LETAK STRATEGIS DI TEPI SELAT MALAKA SEBAGAI JALUR PELAYARAN INDIA CINA. SRIWIJAYA MEMBANGUN ARMADA LAUT YANG KUAT, UNTUK MELINDUNGI KEPENTINGAN PARA PEDAGANG. MAJAPAHIT MEMILIKI BANDAR DAGANG BESAR SEPERTI DI TUBAN, SURABAYA, UJUNG GALUH, GRESIK DSB.

39 ABAD 14 – ABAD 17 : ABAD PERDAGANGAN ABAD 14 PERDAGANGAN MULAI MENDOMINASI KEHIDUPAN DI ASIA TENGGARA. LEDAKAN PASAR PADA ABAD KE 16 MERUPAKAN SAAT ASIA TENGGARA MEMAINKAN PERAN YANG SANGAT PENTING DALAM PERDAGANGAN.

40 SELAMA PERIODE INI PARA PEDAGANG, PENGUASA KOTA DAN NEGARA MENEMPATI BAGIAN SENTRAL DALAM PERDAGANGAN. PUSAT DAGANG : PEGU, AYUTHYA, PNOMPENH, MALAKA, PATANI, BRUNAI PASAI ACEH, BANTEN JEPARA, GRESIK JUGA MAKASAR.

41 INTERAKSI INTENSIF DENGAN EKONOMI GLOBAL. 1. INTEGRASI DALAM PERDAGANGAN GLOBAL. 2. KOMERSIALISASI PRODUKSI DAN KONSUMSI. 3. PERTUMBUHAN KOTA-KOTA. 4. SPESIALISASI DALAM FUNGSI-FUNGSI EKONOMI. 5. MONETISASI DALAM PERDAGANGAN DAN PERPAJAKAN. 6. PERKEMBANGAN TEKNOLOHI TRANSPORTASI DAN MILITER. 7. PERTUMBUHAN NEGARA ABSOLUT.

42 PERTENGAHAN ABAD KE-17 TERJADI PERUBAHAN DI ASIA TENGGARA, DENGAN ADANYA PENGUNDURAN DIRI DARI EKONOMI GLOBAL. HAL INI DISEBABKAN : TIADANYA PERLINDUNGAN TEGAS TERHADAP MILIK PRIBADI, KETEGANGAN ANTARA PERKEMBANGAN PASAR DAN KEKUASAAN RAJA, PENYELESAIAN JANGKA PENDEK TELAH MENGHAMBAT PERTUMBUHAN EKONOMI.

43 MUNCULNYA KEMISKINAN DI ASIA TENGGARA FAKTOR INTERNAL : TINDAKAN SEWENANG- WENANG PENGUASA, HUBUNGAN YANG ERAT ANTARA KEKUASAAN DAN PERDAGANGAN. FAKTOR EKSTERNAL : PERJUMPAAN DENGAN BARAT, DPRESI PERDAGANGAN GLOBAL, MUNCULNYA NEGARA AGRARIS, PERUBAHAN IKLIM, MENARIK DIRI DARI EKONOMI DUNIA, CINA MENGAMBIL ALIH PROFESI TUKANG DAN PELAKU PERDAGANGAN LOKAL.

44 BIDANG INDUSTRI AWALNYA INDUSTRI RUMAH TANGGA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN SENDIRI. KEAHLIHAN SANGAT DIHARGAI PIHAK KERAJAAN, PEMBUATAN SENJATA, GERABAH DSB. ADANYA PEMERASAN TENAGA MENJADI SEBAB INDUSTRI TIDAK BERKEMBANG.


Download ppt "PERTEMUAN KEDUA KEHIDUPAN SOSIAL BUDAYA DAN EKONOMI MASYARAKAT ASIA TENGGARA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google