Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SWITCHING PUTRA UTAMA EKA S.. Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja dilapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SWITCHING PUTRA UTAMA EKA S.. Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja dilapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen."— Transcript presentasi:

1 SWITCHING PUTRA UTAMA EKA S.

2 Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja dilapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar.

3 KAREKTERISTIK INFORMASI Informasi Voice Data Video Multimedia

4 KARAKTERISTIK DATA Tidak sensitif terhadap delay Sensitif terhadap error Pengiriman data harus error free Contoh informasi data: , file transfer, web dsb

5 KARAKTERISTIK VIDEO Serupa dengan karakteristik voice Delay sensitif One-way delay: maksimum 150 milliseconds (ms) One-way packet jitter : maksimum 30 ms Tidak sensitif terhadap error Packet loss: maksimum 1%

6 ANALOGI

7 SWITCHING Switching adalah sistem elektronik yang dapat dipakai untuk menghubungkan jalur komunikasi. Jaringan switching adalah jaringan yang mengalokasikan sebuah sirkuit (atau kanal) yang dedicated diantara nodes dan terminal untuk digunakan pengguna untuk berkomunikasi.

8 CIRCUIT SWITCHED Karakteristik circuit switched: Jalur komunikasi yang permanen (dedicated) secara fisik dibangun (setup) antara 2 end-terminal terlebih dahulu sebelum informasi dikirimkan. Istilah ini biasa disebut Connection Oriented. Proses komunikasi melalui Circuit Switch ada 3 tahap, yaitu: 1. Pembentukan koneksi antara dua pihak yang berkomunikasi 2. Transer informasi 3. Pemutusan koneksi Jika sirkit tidak tersedia maka akan terjadi blocked (biasa diinformasikan dengan nada sibuk) Tidak akan ada informasi yang hilang sepanjang sirkit tersambung terus menerus.

9 ROUTING PADA CIRCUIT SWITCHED Jalur komunikasi A – D terbentuk melalui routing yang terbaik dan akan tetap selama komunikasi berlangsung/belum diputus oleh salah satu pihak.

10

11 PACKET SWITCHING Digunakan pada jaringan untuk mentransfer informasi data Sebelum dikirimkan ke jaringan,message dipecah ke dalam beberapa message yang ukurannya lebih pendek Message-message yang ukurannya pendek ini disebut paket Di penerima, paket-paket itu akan disusun kembali membentuk message semula Resource jaringan di-share oleh user-user yang ada pada jaringan (tidak dedicated) Bila suatu user tidak mentransfer informasi maka user tsb tidak akan menggunakan resource jaringan

12 CONTOH PAKETISASI

13 KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN Keuntungan: Efisiensi utilisasi jaringan tinggi Tidak terjadi blocking jika beban jaringan tinggi, tetapi waktu pengiriman menjadi lama. Mekanisme prioritas pengiriman dapat diberlakukan untuk paket-paket yang dianggap penting, seperti paket real-time. Reliabilitas tinggi, jika suatu rute terputus maka rute lain dapat digunakan. Kelemahan: Tidak memberikan garansi Quality of service: delay antrian, jitter, loss packet


Download ppt "SWITCHING PUTRA UTAMA EKA S.. Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja dilapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google