Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUMBER DAYA AIR TANAH Kelompok : Urla Tri Wulanzani(09304244001) Ira Permatasari(09304244003) Agyta Ryza Kusuma(09304244011) Hanifatun Nafisah(09304244033)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUMBER DAYA AIR TANAH Kelompok : Urla Tri Wulanzani(09304244001) Ira Permatasari(09304244003) Agyta Ryza Kusuma(09304244011) Hanifatun Nafisah(09304244033)"— Transcript presentasi:

1 SUMBER DAYA AIR TANAH Kelompok : Urla Tri Wulanzani( ) Ira Permatasari( ) Agyta Ryza Kusuma( ) Hanifatun Nafisah( )

2 RUMUSAN MASALAH Apakah yang dimaksud dengan air tanah? Bagaimanakah sifat-sifat dan proses pembentukan air tanah? Apakah manfaat air tanah? Bagaimana dampak dari eksploitasi air tanah yang berlebihan? Apakah yang menjadi pencemaran air tanah dan bagaimana dampak dari pencemaran tersebut? Bagaimana solusi penanganan dampak eksploitasi dan pencemaran air tanah?

3 Pengertian Air Tanah Air tanah adalah air yang tersimpan atau terperangkap di dalam lapisan batuan yang mengalami pengisian atau penambahan secara terus menerus oleh alam. Kondisi suatu lapisan tanah membuat suatu pembagian zona air tanah menjadi dua zona besar.

4 Zona Air Tanah dibagi menjadi 2 yaitu :  Zona air berudara (zone of aeration) Suatu lapisan tanah yang mengandung air yang masih dapat kontak dengan udara. Pada zona ini terdapat tiga lapisan tanah, yaitu lapisan air tanah permukaan, lapisan intermediate yangberisi air gravitasi dan lapisan kapiler yang berisi air kapiler.  Zona air jenuh (zone of saturation) Suatu lapisan tanah yang mengandung air tanah yang relatif tak terhubung dengan udara luar dan lapisan tanahnya atau aquifer bebas.

5 Macam-macam akifer  Akifer Bebas (Unconfined Aquifer). lapisan lolos air yang hanya sebagian terisi oleh air dan berada di atas lapisan kedap air. Permukaan tanah pada aquifer ini disebut dengan water table (preatiklevel), yaitu permukaan air yang mempunyai tekanan hidrostatik sama dengan atmosfer.  Akifer Tertekan (Confined Aquifer). aquifer yang seluruh jumlahnya air yang dibatasi oleh lapisan kedap air, baik yang di atas maupun di bawah, serta mempunyai tekanan jenuh lebih besar dari pada tekanan atmosfer.

6  Akifer Semi tertekan (Semi Confined Aquifer). aquifer yang seluruhnya jenuh air, dimana bagian atasnya dibatasi oleh lapisan semi lolos air dibagian bawahnya merupakan lapisan kedap air.  Akifer Semi Bebas (Semi Unconfined Aquifer). aquifer yang bagian bawahnya merupakan lapisan kedap air, sedangkan bagian atasnya merupakan material berbutir halus, sehingga pada lapisan penutupnya masih memungkinkan adanya gerakan air. Dengan demikian aquifer ini merupakan peralihan antara aquifer bebas dengan aquifer semi tertekan.

7 Daur Hidrologi

8 Sifat-Sifat Air Tanah Keuntungan a. Pada umumnya bebas dari bakteri pathogen. b. Dapat dipakai tanpa pengolahan lebih lanjut. c. Paling praktis dan ekonomis untuk mendapatkan dan membagikannya. d. Lapisan tanah yang menampung air biasanya merupakan tempat pengumpulan air alami.

9 Kerugian a. Air tanah sering kali mengandung banyak mineral-mineral seperti Fe, Mn, Ca dll b. Biasanya membutuhkan pemompaan untuk menariknya ke permukaan.

10 Manfaat Air Tanah Sumberdaya air tanah mempunyai peran cukup penting sebagai pasokan air untuk berbagai sektor pembangunan, antara lain : Air minum perkotaan / pedesaan Air Industri Air Irigasi.

11 Dampak Eksploitasi Air Tanah yang Berlebihan Penurunan muka air tanah Pada saat ini dengan rusaknya hutan dan hilangnya daerah resapan air mengakibatkan muka airtanah semakin berkurang. Perbandingan air yang masuk dalam tanah dan yang diambil (dipompa) dari tanah sangat tidak seimbang, mengakibatkan penduduk sering kali mendapati sumur – sumur mereka semakin dalam dan jumlah air semakin berkurang.

12 Intrusi Air Laut

13 Amblesan Tanah Akibat pengambilan air tanah yang berlebihan darilapisan akuifer, khususnya akuifer tertekan. Akibat pengambilan yang berlebihan (over pumpage), maka airtanah yang tersimpan dalam pori-pori lapisan penutup akuifer (confined layer) akan terperas keluar dan mengakibatkan penyusutan lapisan penutup tersebut, refleksinya adalah penurunan permukaan tanah.

14

15

16

17 Kekeringan Dampak lain yang tidak secara langsung terjadi akibat eksploitasi airtanah yang berlebihan adalah kekeringan. Terutama eksploitasi airtanah yang tidak segera dipasokkan kembali ke lahan tersebut. Konservasi hutan yang kurang optimal, dalam jangka panjang memperparah kondisi tersebut.

18 Penurunan Kualitas Air Tanah Penurunan kualitas airtanah yang diakibatkan oleh pemompaan airtanah berlebihan adalah kosongnya lapisan-lapisan tanah sehingga air dari sumber pencemaran merembes masuk dalam airtanah. Di daerah perkotaan sebagian besar sumur penduduk tidak bisa digunakan lagi untuk kegiatan sehari-hari, karena banyak bahan pencemar yang masuk.

19 Limbah Industri Limbah industri berupa limbah padat yang merupakan hasil buangan industri berupa padatan, lumpur, bubur yang berasal dari proses pengolahan. Misalnya sisa pengolahan pabrik gula, pulp, kertas, rayon, plywood, pengawetan buah, ikan daging dll. DAMPAK PENCEMARAN AIR TANAH

20 Limbah Domestik Limbah domestik dapat berasal dari daerah: pemukiman penduduk; perdagang- an/pasar/tempat usaha hotel dan lain-lain; kelembagaan misalnya kantor-kantor pemerintahan dan swasta; dan wisata, dapat berupa limbah padat dan cair.

21 Limbah Pertanian Limbah pertanian berupa sisa, tumpahan ataupun penyemprotan yang berlebihan misalnya dari pestisida dan herbisida. Begitu juga pemupukan yang berlebihan. Limbah pestisida dan herbisida mempunyai sifat kimia yang stabil.

22 Solusi Penangganan Eksploitasi Air Tanah Pelestarian alami dapat terjadi pada ruang-ruang jterbuka hijau, terutama pada lahan yang mempunyai enis tanah yang porus. Oleh karena itu semua pihak, baik pemerintah maupun pemangku kepentingan (stakeholders) haruslah menyiapkan lahan bagi kepentingan ini

23 Pembangunan danau buatan, dengan adanya pembangunan danau buatan didaerah sekitar yang dahulunya sulit mendapatkan air tanahnya maka dengan pembangunan danau ini air tanah dapat dengan mudah untuk didapatkan.

24 Penentuan Kawasan Lindung. Kawasan lindung air tanah mengarah kepada penataan ruang suatu daerah dengan maksud untuk melindungi jumlah dan mutu sumberdaya airtanah

25 Pembatasan besarnya air tanah yang disadap, ini bertujuan agar penurunan mempunyai arti dapat mencegah terjadinya intrusi air laut pada pengambilan airtanah di daerah pantai, maupun kemungkinan terjadinya amblesan, serta untuk menyesuaikan dengan cadangan airtanah yang tersedia

26 Pembuatan sumur resapan adalah cara yang cukup mudah dan hampir dapat dilakukan disetiap rumah oleh, pembuatanya yang cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang cukup banyak

27 Pengaturan Kedalaman Penyadapan. Suatu daerah sering mempunyai akuifer berlapis banyak (multi layer aquifer). Kondisi yang demikian sangat memungkinkan untuk dilakukan pengaturan kedalaman penyadapan pada lapisan akuifer tertentu.

28 Solusi Penanganan Pencemaran Air Tanah Mempertahankan sumber- sumber air bersih yang belum tercemar. Sumber air yang masih bersih hendaknya tetap dipertahankan kebersihannya. Jangan sampai ikut tercemar, karena jika sudah tercemar akan sulit membersihkannya.

29 Menanam tanaman-tanaman berkayu tebal. Tanaman-tanaman yang berkayu tebal adalah tanaman yang dapat menyerap air dengan baik. Dengan begitu, persediaan air tanah mencukupi dan sumber air bersih dapat terjaga.

30 Tidak membuang sampah ke sungai. Jika sampah yang dibuang dari satu rumah tangga masuk ke sungai saja sudah mengotori sungai. Bagaimana halnya jika setiap rumah tangga yang ada di Indonesia membuang sampah ke sungai. Mendaur ulang semua sampah yang bisa didaur ulang. Sampah yang bisa didaur ulang diusahakan untuk didaur ulang. Tidak membuangnya ke sungai atau got. Penyuluhan pembuangan limbah industri. Industri-industri yang mengeluarkan limbah cair hendaknya diberi penyuluhan agar mereka melakukan pengolahan limbah sebelum dibuang ke sungai.

31 Peraturan yang tegas kepada para pengusaha minyak. Peraturan tersebut dibuat agar tidak membuat kilang minyak dekat pemukiman penduduk.

32 Tidak menggunakan sungai atau danau untuk tempat mencuci truk, mobil dan sepeda motor. Tidak menggunakan sungai atau danau untuk wahana memandikan ternak dan sebagai tempat kakus.

33 Tindakan Secara Administratif. Penanggulangan secara administratif dilakukan oleh pemerintah, dengan mengeluarkan berbagai peraturan dan undang-undang.

34 Tindakan Melalui Edukatif/Pendidikan. Penanggulangan secara edukatif adalah dengan mengadakan kegiatan penyuluhan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya kelestarian alam.

35 Penanggulangan Konstruksi Sumur Resapan Air (SRA) merupakan alternatif pilihan dalam mengatasi banjir dan menurunnya permukaan air tanah pada kawasan perumahan, Sumur resapan air merupakan rekayasa teknik konservasi air yang berupa bangunan yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai bentuk sumur gali dengan kedalaman tertentu yang berfungsi sebagai tempat menampung air hujan diatas atap rumah dan meresapkannya ke dalam tanah

36 Manfaat sumur resapan air mengurangi aliran permukaan dan mencegah terjadinya genangan air, sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya banjir dan erosi mempertahankan tinggi muka air tanah dan menambah persediaan air tanah mengurangi atau menahan terjadinya intrusi air laut bagi daerah yang berdekatan dengan wilayah pantai

37 mencegah penurunan atau amblasan lahan sebagai akibat pengambilan air tanah yang berlebihan, dan mengurangi konsentrasi pencemaran air tanah. Dengan membuat lubang/sumur resapan, air hujan tidak langsung menuju saluran air, tapi meresap ke dalam tanah

38 Tindakan dengan menggunakan teknologi penanggulangan secara teknologis, adalah dengan cara membangun unit pengolahan limbah. Misalnya unit pengolah limbah yang mengolah limbah cair sebelum dibuang ke lingkungan. Jika pengolahannya menggunakan mikroba maka disebut pengolahan secara biologis dengan menggunakan bakteri pengurai limbah.

39 Kesimpulan Namun, langkah-langkah tersebut perlu dukungan dan konsistensi dari masyarakat dan tentunya pemerintah sendiri. Apalagi mengingat kondisi air tanah sudah sangat mengkhawatirkan. Bila tidak ditanggulangi dengan cepat, masalah air tanah ini bisa menjadi bom waktu yang bisa menyengsarakan banyak orang.

40 Terima kasih Wassalamu'alaikum wr.wb


Download ppt "SUMBER DAYA AIR TANAH Kelompok : Urla Tri Wulanzani(09304244001) Ira Permatasari(09304244003) Agyta Ryza Kusuma(09304244011) Hanifatun Nafisah(09304244033)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google