Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Publik adalah tentang hal yang semestinya bagi orang orang : hubungan, perasaan/emosi, bangsa, negara bagian atau suatu komunitas, dll. Publik juga.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Publik adalah tentang hal yang semestinya bagi orang orang : hubungan, perasaan/emosi, bangsa, negara bagian atau suatu komunitas, dll. Publik juga."— Transcript presentasi:

1

2  Publik adalah tentang hal yang semestinya bagi orang orang : hubungan, perasaan/emosi, bangsa, negara bagian atau suatu komunitas, dll. Publik juga di definisikan sebagai orang di suatu bangsa yang tidak menggabungkan diri dengan pemerintahan di suatu bangsa.

3  Masyarakat  Definisi masyarakat dari segi istilah menurut Drs.Sidi Gazalba mengutamakan dua perkara,  1. Interaksi manusia dengan manusia, hidup berkelompok dan dalam masyarakat yang teratur.  2. Pemelihara interaksi yang teratur dalam kelompok. Masyarakat merupakan pergaulan hidup, pengaulan antara manusia dengan kelompok. Institut masyarakat bertanggungjawab mempertahankan hubungan yang teratur antara individu dengan individu.

4  Perbedaan Publik dengan Masyarakat :  Masyarakat lebih luas ruang lingkupnya daripada Publik.  Publik lebih spontan, sedangkan masyarakat lebih teratur.  Publik adalah masyarakat yang tertarik dengan suatu hal(tergantung dengan masalah/hal yang dihadapi)

5  Definisi Opini Publik : Opini publik adalah unsur-unsur dari pandangan, perspektif dan tanggapan masyarakat mengenai suatu kejadian, keadaan, dan desas-desus tentang peristiwa-peristiwa tertentu.

6 Pengertian Opini Publik  Opini publik adalah pendapat umum yang menunjukkan sikap sekelompok orang terhadap suatu permasalahan. (Prof. W. Doop)  Opini publik adalah ekspresi segenap anggota suatu kelompok yang berkepentingan atas suatu masalah. (William Abig)

7  Dari pendapat/definisi di atas, maka dapat kita simpulkan beberapa poin:  Opini publik adalah pendapat rata-rata kelompok tertentu atas suatu hal yang penting.   Opini publik adalah suatu campuran yang terdiri dari berbagai macam; pikiran,kepercayaan, paham, anggapan, prasangka, dan hasrat.

8  Pembentukan Opini Publik   Kejadian / informasi  ▼  dikaji sesuai background dan secara kelompok  (ada yang berdasar fakta, ada yang berdasarkan sentimen, prinsip, harapan, dsb)  ▼  Opini  Jika opini mengenai permasalahan yang diperdebatkan tadi didukung oleh sebagian  besar orang dan memiliki platform yang ‘jelas’,- maka tercapailah Social Judgement

9  Maraknya tuntutan masyarakat sebagai bentuk perwujudan pendapat umum disebabkan oleh beberapa faktor :  1. Semangat demokrasi  2. Semakin kritisnya masyarakat  3. perkembangan tehnologi komunikasi  4. peningkatan kehidupan

10  5. lembaga pemerintah yang memerlukan citra baik  6. perkembangan kerjasama antar bangsa  7. peranan kelompok penekan  8. untuk menperoleh citra baik dan investor

11  Menurut Bernard Hennessy:  Pendapat umum adalah kompleks preferensi yang dinyatakan sejumlah orang tertentu mengenai suatu isu yang menyangkut kepentingan umum.

12  Pengertian pendapat umum:  Merupakan gabungan pendapat perseorangan mengenai suatu isu yang dapat memengaruhi pendapat-pendapat tersebut.

13  1. external public opinion = competent  2. internal public opinion = latent

14  1. sifat penyederhanaan  2. sifat labil (mudah berubah)  3. sifat aktualitas, baru dan hangat  4. sifat umum (universalitas )  5. sifat affinitas (ada pertemanan )

15  1. bersifat sensitif, reaktif, dan merisaukan  2. peka terhadap kejadian yang luar biasa  3. lebih banyak dipengaruhi oleh kejadian dari pada kata-kata  4. bila menyangkut dirinya tidak akan mudah berubah  5. tingkat pendidikan dan volume informasi menentukan  6. pada situasi kritis orang akan mencari pemimpin

16  Jajak pendapat (Polling) :  Lembaga survei/polling  polling media massa  Quik count


Download ppt " Publik adalah tentang hal yang semestinya bagi orang orang : hubungan, perasaan/emosi, bangsa, negara bagian atau suatu komunitas, dll. Publik juga."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google