Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dampak Negatif Budaya Ngopi dan Begadang Bagi Kesehatan Remaja.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dampak Negatif Budaya Ngopi dan Begadang Bagi Kesehatan Remaja."— Transcript presentasi:

1 Dampak Negatif Budaya Ngopi dan Begadang Bagi Kesehatan Remaja

2 Kelompok 4 Wuri Emira Nano Susanto Zia Rosyidah Stevie Yonara Febbi Yustitia A Imaculata Tinneke Moh. Ridwan A Bettis Wijayanti Lisa Uktolseya

3 Banyak anak remaja yang melakukan kebiasaan ngopi dan begadang. Jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan mereka.

4 Ngopi Kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda.

5 Ngopi A.Kandungan dalam Kopi Dalam 1 cangkir kopi terkandung : –Kafein –Senyawa Fenol

6 Ngopi B. Sejarah munculnya budaya Ngopi dan Begadang – Salah satu catatan tertulis pertama bercerita tentang Seikh Omar yang membawa kopi ke kota Mocha pada tahun –Kedai kopi pertama di dunia dibuka di Makkah pada awal abad 15. –Praktik menghaluskan dan meroasting kopi dimulai di Turki, sekitar 100 tahun kemudian di Istanbul yang terkenal memiliki ratusan kedai kopi.

7 Ngopi C. Efek Negatif Kebiasaan Ngopi –Gelisah –Gangguan kardiovaskular –Sakit kepala –Usir Rasa Kantuk –Cepat Marah –Mengurangi Resiko Depresi –Gangguan pencernaan –Gangguan buang air kecil –Insomnia

8 Begadang A.Hal-hal yang Dilakukan Saat Begadang –Online –Nonton Film –Nonton bola –Judi –Ngopi

9 Begadang B. Efek Negatif Kebiasaan Begadang –Suatu Bentuk Penyiksaan –Mempengaruhi Otak –Konsentrasi menurun –Pelupa –Ceroboh –Kecelakaan –Memicu Rasa Gelisah –Menyebabkan depresi –Gangguan jiwa –Meningkatkan resiko kematian –Mudah Lapar –Rentan terserang Diabetes –Gangguan pencernaan –Mempengaruhi kesehatan kulit –Mudah Sakit (menurunnya sistem imun)

10 Observasi 1.Pada acara tirakatan syuroan di desa Trimurti, kecamatan Srandakan, kabupaten Bantul, Yogyakarta. –Narasumber : pekerja bengkel usia 19 tahun –sudah terbiasa ngopi sambil begadang sejak kelas 1 sampai 3 SMK. –Untuk ngopi biasanya uang yang dikeluarkan adalah Rp50.000,00 per minggu.

11 Observasi 2. Observasi di Angkringan Hik Gurah, Kediri, tanggal 17 Oktober 2011, pukul WIB. –Narasumber : Sahil, umur 18 tahun. –Kebiasaan ngopi sudah dimulai sejak SMP. –Selain minum kopi, biasanya aktivitas yang dilakukan adalah merokok sambil bermain kartu remi dan bersosialisasi dengan sesama. –sulit untuk menghentikan kebiasaan itu karena sudah menjadi kebiasaan yang berlangsung lama dan adanya ajakan dari teman yang datang silih berganti.

12 Observasi

13 Setelah mengetahui berbagai efek negatif dari budaya ngopi dan begadang, bagi remaja disarankan untuk mengurangi konsumsi kopi maksimal sehari 1 gelas minuman kopi. Selain itu, remaja juga disarankan untuk tidak begadang jika tidak bermanfaat.

14 TERIMA KASIH


Download ppt "Dampak Negatif Budaya Ngopi dan Begadang Bagi Kesehatan Remaja."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google