Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nouvelle Vague (French New Wave) Film Prancis 1958-1969 Oleh Suma Riella RUsdiarti Film Prancis 1958-1969 Oleh Suma Riella RUsdiarti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nouvelle Vague (French New Wave) Film Prancis 1958-1969 Oleh Suma Riella RUsdiarti Film Prancis 1958-1969 Oleh Suma Riella RUsdiarti."— Transcript presentasi:

1 Nouvelle Vague (French New Wave) Film Prancis Oleh Suma Riella RUsdiarti Film Prancis Oleh Suma Riella RUsdiarti

2 Definisi La Nouvelle Vague adalah sebuah gerakan dalam perfilman Prancis yang muncul tahun 1950an.

3 Sejarah Istilah nouvelle vague muncul dari tulisan Françoise Giroud dalam majalah l'Express edisi 3 Oktober Dipakai oleh Pierre Billard pada Februari 1958 dalam majalah film Cinéma 58 untuk menyebut film-film yang muncul mulai tahun 1959, khususnya film yang ditampilkan di festival Cannes oleh para sutradara muda. Istilah nouvelle vague muncul dari tulisan Françoise Giroud dalam majalah l'Express edisi 3 Oktober Dipakai oleh Pierre Billard pada Februari 1958 dalam majalah film Cinéma 58 untuk menyebut film-film yang muncul mulai tahun 1959, khususnya film yang ditampilkan di festival Cannes oleh para sutradara muda.

4 Siapa? Sutradara yang membuat film pertamanya tahun : François Truffaut, Jean-Luc Godard, Jacques Rivette, Claude Chabrol Eric Rohmer, Pierre Kast, Jacques Doniol-Valcroze Mereka adalah para kritikus film dari majalah Cahiers du cinema Sutradara yang membuat film pertamanya tahun : François Truffaut, Jean-Luc Godard, Jacques Rivette, Claude Chabrol Eric Rohmer, Pierre Kast, Jacques Doniol-Valcroze Mereka adalah para kritikus film dari majalah Cahiers du cinema

5 Cahiers du cinema

6 Kritik Cahiers du cinema Mereka mengkritik film-film yang berkembang pada masa itu. –Terlalu mengandalkan film formula dan tidak orisinil. Sutradara yang mereka anggap sebagai sutradara “ penulis” atau “auteurs.” –Ex. Jean Renoir, Jean Vigo, Alfred Hitchcock, Orson Welles. Dua hal yang dianggap penting dalam sebuah film menurut Cahiers du Cinéma adalah: –Mise en scene –Film d’ “Auteur” Mereka mengkritik film-film yang berkembang pada masa itu. –Terlalu mengandalkan film formula dan tidak orisinil. Sutradara yang mereka anggap sebagai sutradara “ penulis” atau “auteurs.” –Ex. Jean Renoir, Jean Vigo, Alfred Hitchcock, Orson Welles. Dua hal yang dianggap penting dalam sebuah film menurut Cahiers du Cinéma adalah: –Mise en scene –Film d’ “Auteur”

7 Sutradara non Cahier du Cinema Agnès Varda, Jacques Demy, Jean-Pierre Melville, Jean Rouch, Roger Vadim, Jacques Rozier, Claude Berri. Agnès Varda, Jacques Demy, Jean-Pierre Melville, Jean Rouch, Roger Vadim, Jacques Rozier, Claude Berri.

8 Teknologi Penunjang Kamera ringan (hand-held cameras) (the Éclair Cameflex); Perekam suara ringan (the Nagra III) Kamera ringan (hand-held cameras) (the Éclair Cameflex); Perekam suara ringan (the Nagra III)

9 Inspirasi André Bazin: “Film bukanlah medium reproduksi, tapi medium kreasi” André Bazin: “Film bukanlah medium reproduksi, tapi medium kreasi”

10 Karakteristik Skenario orisinil atau berdasarkan teks lain dengan interpretasi kreatif. Anggaran produksi rendah Tidak mengikuti sistem bintang Lokasi pengambilan gambar di luar studio Skenario orisinil atau berdasarkan teks lain dengan interpretasi kreatif. Anggaran produksi rendah Tidak mengikuti sistem bintang Lokasi pengambilan gambar di luar studio

11 Tema Utama Hubungan antarmanusia Eksistensialisme Kritik Sosial: kapitalisme, borjuisme, hipokrisi, pendidikan, dll. Hubungan antarmanusia Eksistensialisme Kritik Sosial: kapitalisme, borjuisme, hipokrisi, pendidikan, dll.

12 Ciri Estetika Gerak kamera: dinamis Shot-shot panjang dengan gerak tracking Editing : Jump cut dengan shot-shot pendek Memandang penonton/ memunggungi penonton tidak lagi tabu Dialog cepat, banyak improvisasi Akhir film terbuka Gerak kamera: dinamis Shot-shot panjang dengan gerak tracking Editing : Jump cut dengan shot-shot pendek Memandang penonton/ memunggungi penonton tidak lagi tabu Dialog cepat, banyak improvisasi Akhir film terbuka

13 Mendobrak tabu Shot-shot yang sebelumnya tabu didobrak: - shot kamar mandi - shot kamar tidur - shot bagian-bagian tubuh perempuan/laki-laki Shot ketelanjangan Shot-shot yang sebelumnya tabu didobrak: - shot kamar mandi - shot kamar tidur - shot bagian-bagian tubuh perempuan/laki-laki Shot ketelanjangan

14 Pengaruh Nouvelle Vague Sutradara Amerika: –Francis Ford Coppila The Godfather Apocalypse Now –Martin Scorsese The Goodfellas –Brian De Plama Scarface Pengikut setia –Quentin Tarantino Pulp Fiction –Wes Anderson Rushmore Sutradara Amerika: –Francis Ford Coppila The Godfather Apocalypse Now –Martin Scorsese The Goodfellas –Brian De Plama Scarface Pengikut setia –Quentin Tarantino Pulp Fiction –Wes Anderson Rushmore

15 Negara-negara lain Eropa : Jerman, Italia, Polandia, Cekoslovakia Jepang Cinema Nôvo pada1961–1962 di Brazil Glauber Rocha, “Barravento (1962),” Ruy Guerra"Os Cafajestes (1962).” Eropa : Jerman, Italia, Polandia, Cekoslovakia Jepang Cinema Nôvo pada1961–1962 di Brazil Glauber Rocha, “Barravento (1962),” Ruy Guerra"Os Cafajestes (1962).”

16 Referensi –New Wave THE GLOBAL IMPACT OF THE FRENCH NEW WAVE “A history of the French New Wave cinema” By Richard Neupert The french New wave by Stephen Nottingham –http://ourworld.compuserve.com/homepages/stephen_Nottingham/cint xt2.htm “Close up: The french New wave and the face” by Iain Morrisson –www.imagejournal.com –New Wave THE GLOBAL IMPACT OF THE FRENCH NEW WAVE “A history of the French New Wave cinema” By Richard Neupert The french New wave by Stephen Nottingham –http://ourworld.compuserve.com/homepages/stephen_Nottingham/cint xt2.htm “Close up: The french New wave and the face” by Iain Morrisson –www.imagejournal.com


Download ppt "Nouvelle Vague (French New Wave) Film Prancis 1958-1969 Oleh Suma Riella RUsdiarti Film Prancis 1958-1969 Oleh Suma Riella RUsdiarti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google