Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERKEMBANGAN DIALEKTIKA Karl Max (1818-1883) Frederich Engels (1820-1895) Dua sandaran pemikiran Marxis: dialektika dan materialisme. Pemikiran dialektika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERKEMBANGAN DIALEKTIKA Karl Max (1818-1883) Frederich Engels (1820-1895) Dua sandaran pemikiran Marxis: dialektika dan materialisme. Pemikiran dialektika."— Transcript presentasi:

1 PERKEMBANGAN DIALEKTIKA Karl Max ( ) Frederich Engels ( ) Dua sandaran pemikiran Marxis: dialektika dan materialisme. Pemikiran dialektika dipengaruhi oleh Hegel, tentang tesis, antitesis, dan sintesis. Engels, dialektika: segala sesuatu yang ada ditandai oleh kontradiksi.

2 TIGA HUKUM UMUM DIALEKTIKA 1. Kesatuan dan konflik pihak-pihak yang berlawanan. 2. Perubahan kuantitas menjadi perubahan kualitas. 3. Peniadaan dari Peniadaan

3 MATERIALISME Hubungan produksi ini berkaitan dengan tingkat perkembangan tertentu kekuatan produksi mereka. Keseluruhan hubungan produksi ini merupakan struktur ekonomi masyarakat—merupakan landasan nyata, diatas landasan mana supra struktur hukum dan politik muncul dan bentuk-bentuk kesadaran sosial tertentu berkaitan dengan struktur ekonomi masyarakat.

4 INTERPRETASI HISTORIS (MARX DAN ENGELS) 1. Penyebab perubahan dicari di dalam cara-cara produksi masyarakat ketimbang di dalam ide-ide. 2. Setiap masyarakat ditandai oleh suatu infra struktur yakni struktur ekonomi, dan supra-struktur, yan terdiri dari ideologi, hukum, pemerintahan, keluarga dan agama. 3. Perubahan terjadi sebagai akibat kontradiksi antara kekuatan dan hubungan-hubungan produksi.

5 Lanjutan… 4. Kontradiksi adalah inti kemajuan sosial. kontradiksi adalah bagian integal dari perkembangan sosial. 5. Kontradiksi antara kekuatan-kekuatan dan hubungan-hubungan produksi, terjelma di dalam pertentangan kelas. 6. Hasil kontradiksi adalah revolusi. 7. Revolusi komunis akan menghasilkan masyarakat tanpa kelas.

6


Download ppt "PERKEMBANGAN DIALEKTIKA Karl Max (1818-1883) Frederich Engels (1820-1895) Dua sandaran pemikiran Marxis: dialektika dan materialisme. Pemikiran dialektika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google