Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Use case Narrative Use case Narrative adalah deskripsi tertulis mengenai peristiwa-peristiwa bisnis dan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan sistem.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Use case Narrative Use case Narrative adalah deskripsi tertulis mengenai peristiwa-peristiwa bisnis dan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan sistem."— Transcript presentasi:

1 Use case Narrative Use case Narrative adalah deskripsi tertulis mengenai peristiwa-peristiwa bisnis dan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan sistem untuk menyelesaikan suatu tugas.

2 Membangun Model Use Case Analisis Use case persyaratan bisnis : 1.Use case yang memfokuskan pada visi strategis dan tujuan berbagai stakholder 2.Use case persyaratan bisnis menyediakan pemahaman umum mengenai domain dan lingkup masalah, tetapi tidak menyertakan rincian yang diperlukan untuk mengkomunikasikan kepada para pengembang sistem tentang apa yang seharusnya dikerjakan Use Case Analisis sistem 1.Use case yang mendokumentasikan interaksi antara user dalam sistem. Sangat detail dalam mengambarkan apa yang diperlukan, tetapi bebas dari detail-detail dan batasan implementasi Use case Design : 1. Memasukan detail-detail bagaimana aktor (pengguna)akan secara aktual berantarmuka dengan sistem

3 UnsurDeskripsi AuthorNama individu yang membantu dalam penulisan use-case dan yang menyediakan titik kontak ke setiap orang yang memerlukan informasi tambahan tentang use-case tersebut. TanggalTanggal use-case dimodifikasi terakhir kali VersiVersi terbaru dari use-case Nama use-caseNama use-case harus menunjukkan tujuan yang akan dipenuhi use-case tersebut. Nama tersebut sebaiknya mulai dengan kata kerja (misal Enter New Member Order). Tipe use-case(persyaratan bisnis, analisis, desain) Use-case IDIdentifier yang secara unik mengidentifikasi use-case PrioritasMengkomunikasikan pentingnya use-case dalam konteks high, medium, atau low. SumberMendefenisikan entitas yang memicu pembuatan use-case. Dapat berupa persyaratan, dokumen spesifik, atau stakeholder Pelaku bisnis primerStakeholder yang mendapatkan keuntungan/manfaat utama dari eksekusi use-case dengan menerima nilai terukur atau teramati Pelaku peserta lainPelaku lain yang berpartisipasi dalam use-case untuk mencapai tujuannya meliputi pelaku penginisiasi, pelaku pemfasilitasi, pelaku server/receiver, dan pelaku sekunder. Selalu sertakan cara pelaku berpartisipasi. Stakeholder yang berminat Orang (selain pelaku) yang tetarik dengan tujuan use-case. DeskripsiRingkasan pendek yang berisi sejumlah kalimat yang menunjukkan secara garis besar tujuan use-case dan berbagai kegiatannya.

4 UnsurDeskripsi PrakondisiBatasan atau keadaan sistem sebelum use-case dapat dieksekusi (mengacu ke use-case lain yang harus dieksekusi sebelumnya). PemicuKejadian yang menginisiasi eksekusi use-case Bagian khas suatu eventRangkaian kegiatan normal yang dilakukan oleh pelaku dan sistem untuk memenuhi tujuan use-case. Termasuk antara sistem dan pelaku dan kegiatan yang dilakukan oleh sistem dalam merespons interaksi tersebut. Bagian alternatifMendokumentasikan kelakuan use-case jika terjadi exception atau variasi terhadap bagian umu. Hal ini berjalan jika titik keputusan terjadi dalam use-case atau terjadi exception yang memerlukan langakah tamahan di luar lingkup bagian umum. KesimpulanMenetapkan kapan use-case berakhir dengan baik, dengan kata lain kapan pelaku utama menerima nilai terukur. PascakondisiBatasan pada keadaan sistem setelah use-case dieksekusi dengan baik Aturan bisnisMenetapkan kebijakan dan prosedur bisnis yang harus dipatuhi oleh sistem baru. Batasan dan spesifikasi implementasi Menetapkan setiap persyaratan nonfungsional yang dapat mempengaruhi realisasi use- case dan mungkin membantu dalam setiap perencanaan dan cakupan arsitektural. Item yang daoat disertakan antaran lain frekuensi kejadian, volume data, persyaratan antarmuka, dst. AsumsiAsumsi yang dibuat oleh desainer pada saat mendokumentasikan use-case Isu terbukaSetiap isu yang perlu dipecahkan atau diinvestigasi sebelum use-case dapat diselesaikan.

5 Mengkomunikasikan apa yang diperlukan dari perspektif pengguna (user), tetapi bebas dari detil spesifik tentang bagaimana sistem akan dibangun dan diimplementasikan. !

6 Kejadian umum use case dan alternatifnya : berisi langkah- langkah mulai dari aktor/pelaku menginisiasi dan melanjutkan sampai akhir kejadian bisnis

7 Menentukan fungsionalitas sistem secara mendetail Bebas dari detail-detail implementasi kecuali informasi tingkat tinggi yang mendeskripsikan peralatan (window GUI, Internet browser, telepon,dsb) yang digunakan oleh pengguna sistem untuk berinteraksi dengan sistem

8 Memasukan sebuah naratif dari perspektif pengguna sistem; lebih bersifat percakapan dengan sistem Pendeskripsian objek- objek dengan satu atau dua kalimat Terdiri dari level detail yang memadai untuk objek yg dilibatkan pada use case yang akan diimplementasikan secara realistis

9

10 Invoked by  ID atau nama use-case yang meminta use-case khusus ini

11 Penghalusan use case. Memasukan detail bagaimana aktor secara aktual berantarmuka dengan sistem dan bagaimana sistem akan merespon stimulus untuk memproses peristiwa bisnis.

12 Cara pengguna mengakses sistem – lewat sebuah menu, window, tombol, pembaca bar code, printer, dll-, termasuk isi window, laporan, dan query.

13

14


Download ppt "Use case Narrative Use case Narrative adalah deskripsi tertulis mengenai peristiwa-peristiwa bisnis dan bagaimana pengguna akan berinteraksi dengan sistem."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google