Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LATAR BELAKANG Proses Persalinan Bidan Dukun Bayi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LATAR BELAKANG Proses Persalinan Bidan Dukun Bayi."— Transcript presentasi:

1 LATAR BELAKANG Proses Persalinan Bidan Dukun Bayi

2  Pekerjaan seorang bidan bertanggung jawab untuk membantu keselamatan pasien dalam persalinan, keselamatan tersebut tidak hanya akan memberikan kepuasan kepada ibu atau masyarakat, tetapi juga akan memberi pengaruh kepuasan kepada bidan. Yaitu yang selalu berusaha untuk membantu menyelamatkan nyawa seseorang dalam persalinan.  Kepuasan kerja adalah mencerminkan perasaan terhadap pekerjaannya, kepuasan kerja akan membentuk sikap dan perilaku positif terhadap pekerjaannya, dengan adanya kepuasan kerja karyawan akan lebih bergairah dalam melaksanakan pekerjaan serta mencurahkan segenap kemampuan atau perhatiannya kepada pekerjaan, sehingga hasil pekerjaan akan lebih baik.  Peneliti tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai kepuasan kerja pada bidan karena menurut peneliti cukup menarik yaitu bidan membantu pasiennya dalam persalinan dan akhirnya bayi terlahir dengan selamat. Peneliti tertarik untuk mengetahui lebih dalam mengenai kepuasan kerja pada bidan tersebut karena hal ini sangat menentukan dalam sebuah keselamatan dan kehidupan seorang ibu dan bayi. Dengan keberhasilan tersebut maka akan menimbulkan kepuasan kerja pada bidan.

3  Sehingga peneliti memilih pertanyaan dari penelitian ini berdasarkan uraian di atas yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah ♦ Bagaimana kepuasan kerja pada Bidan? ♦ Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kepuasan kerja pada Bidan?  Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan kerja pada bidan, dan untuk mengetahui aspek-aspek apa saja yang mempengaruhi kepuasan kerja pada bidan.

4 TINJAUAN PUSTAKA  Kepuasan kerja mencerminkan perasaan terhadap pekerjaannya, kepuasan kerja akan membentuk sikap dan perilaku positif terhadap pekerjaannya, dengan adanya kepuasan kerja karyawan akan lebih bergairah dalam melaksanakan pekerjaan serta mencurahkan segenap kemampuan atau perhatiannya kepada pekerjaan, sehingga hasil pekerjaan akan lebih baik.  Aspek-aspek kepuasan kerja Kerja yang secara mental menantang, Ganjaran yang pantas, Kondisi kerja yang mendukung, Rekan kerja yang mendukung, dan Kesesuaian kepribadian dengan pekerjaan  Faktor-faktor Yang Mempengaruhi kepuasan kerja Faktor psikologis, Faktor sosial, Faktor fisik, dan Faktor finansial  Karakteristik Kepuasan Kerja ♦ Karakteristik individu ♦ karakteristik pekerjaan ▪ Umur ▪ Gaji, ▪ Jenis kelamin, ▪ Jam Kerja ▪ Status Perkawinan, ▪ Ketegangan. ▪ Masa Kerja.

5 TINJAUAN PUSTAKA  Bidan Adalah :  Ciri profesi bidan : ♦ Bidan disiapkan melalui pendidikan formal agar lulusannya dapat melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya secara profesional. ♦ Bidan memiliki alat yang dijadikan panduan dalam menjalankan profesinya yaitu Standar Pelayanan Kebidanan, Kode Etik, dan Etika Kebidanan. ♦ Bidan memiliki kelompok pengetahuan yang jelas dalam menjalankan profesinya. Bidan memiliki kewenangan dalam menjalankan tugasnya. ♦ Bidan memberi pelayanan yang aman dan memuaskan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. ♦ Bidan memiliki organisasi profesi. ♦ Bidan memiliki karakteristik yang khusus dan dikenal serta dibutuhkan masyarakat. ♦ Profesi bidan dijadikan sebagai suatu pekerjaan dan sumber utama penghidupan.  Fungsi Bidan Fungsi Bidan sebagai Pelaksana, Pengelola dan Pendidik.

6 Metode Penelitian Menggunakan penelitian kealitatif dengan bentuk studi kasus. Pengumpulan Data Wawancara Wawancara Berstruktur Wawancara tidak Berstruktur Observasi Non Partisipan Alat Bantu Pengumpulan data Pedoman wawancara Pedoman observasi Alat perekam

7 1. Triangulasi Data 2. Triangulasi Pengamat 3. Triangulasi Teori 4. triangulasi metode Analisis Data 1. Organisasi Data 2. Koding dan analisis 3. Analisis tematik Patton menyatakan : TRIANGULASI dapat dibedakan menjadi 4 macam, yaitu :

8 Bab IV Berdasarkan hasil penelitian bahwa bahwa subjek yang berprofesi sebagai bidan memiliki hasil positif. Bahwa subjek merasakan kepuasan dalam bekerja.

9 KESIMPULAN  Berdasarkan analisa terhadap hasil wawancara dengan subjek, maka dalam penelitian ini kepuasan kerja pada Bidan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Bahwasanya subjek bertugas subjek selalu berusaha disiplin dalam melaksanakannya, yaitu dengan penuh tanggung jawab subjek menjalankan tugasnya yang memiliki resiko besar. Dalam bekerja subjek mendapatkan penghasilan yang cukup memuaskan. Kondisi lingkungan kerja subjek sangat mendukung dalam bertugas dengan adanya kenyamanan, kebersihan dan keamanan. Subjek sangat senang dengan adanya rekan kerja subjek yang dewasa dan sangat menyenangkan mendukung pekerjaan subjek, selalu saling membantu dalam melakukan tugas persalinan. Dan subjek seorang wanita yang dewasa dan keibuan, sangat menyayangi anak kecil.  Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi t kepuasan kerja adalah faktor psikologis dengan adanya dukungan dari orang tua, subjek merasa nyaman dalam menjalankan pekerjaan. Subjek selalu menjaga hubungan baik dengan atasan, rekan kerja dan bawahannya dengan adanya hubungan baik subjek merasa nyaman dalam bekerja. Adanya fasilitas kantor dan alat-alat yang mendukung pekerjaan, Dan adanya penghasilan yang sesuai keinginan subjek.

10 Saran Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan oleh penulis yaitu: Kepada subjek Saran yang diberikan yaitu agar subjek dapat senantiasa meningkatkan beberapa kinerjanya, karena tempat subjek bekerja telah memberikan fasilitas yang bagus dan kenyamanan dalam bekerja. Kepada Klinik Bersalin. Untuk klinik tetaplah mempertahankan keadaan yang telah tercipta, karena dengan terciptanya atau bertambahnya keamanan dan kenyamanan dalam klinik tersebut maka akan meningkatkan kinerja pada bidan, dan pasien yang datang akan semakin bertambah. Kepada peneliti selanjutnya Diharapkan pada penelitian selanjutnya, peneliti bisa mengambil kriteria subjek dengan latar belakang yang lebih beragam lagi seperti, subjek yang bekerja sebagai dokter kandungan, apakah ada perbedaan kepuasan kerja pada dokter kandungan dan bidan.


Download ppt "LATAR BELAKANG Proses Persalinan Bidan Dukun Bayi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google