Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Copy Writing & Art Direction Pertemuan 5 Matakuliah: U0133 / Pengantar Periklanan Tahun: 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Copy Writing & Art Direction Pertemuan 5 Matakuliah: U0133 / Pengantar Periklanan Tahun: 2007."— Transcript presentasi:

1 1 Copy Writing & Art Direction Pertemuan 5 Matakuliah: U0133 / Pengantar Periklanan Tahun: 2007

2 2 copywriting & art direction copywriting | penulisan wacana iklan penciptaan, pengembangan dan penulisan unsur-unsur pesan periklanan art direction | pengarahan artistik pengembangan desain, tata letak dan seluruh kreasi artistik dalam perusahaan periklanan eksekutif periklanan yang bertanggung jawab terhadap desain/pengarah artistik | art director orang yang menulis dan mengembangkan unsur-unsur pesan periklanan/pengarang wacana iklan | copywriter

3 3 copywriting & art direction bersama-sama art director, seorang copywriter berpikir strategis, mencari jalan keluar dan alternatif ide-ide kreatif. merencanakan dan menyusun kerangka kreatif. teamwork copywriter & art director. ada pandangan klasik yang keliru terhadap tugas art director dan copywriter. copywriter bukan hanya bertugas membuat teks saja, tetapi lebih dari itu. Jadi, sangat memungkinkan sebuah ide datang dari seorang copywriter, art director atau bahkan office boy.

4 4 copywriting & art direction copywriting. kerap sebuah iklan didominasi oleh teks (copy base), bukan tidak mungkin. karena iklan memang bahasa komunikasi, jadi tidak penting apakah sebuah iklan akan dieksekusi dengan visual/fotografi atau hanya teks saja. salah satu wilayah kemerdekaan seorang copywriter adalah radio comm. karena sifatnya yang hanya audio, medium ini sering juga disebut sebagai theatre of mind. hanya ide dan fantasi, serta eksekusi yang baik, memungkinkan iklan radio menjadi sangat efektif dalam mengkomunikasikan pesan.

5 5 copywriting & art direction headline headline yang efektif selalu memiliki ‘stopping power’. ia menangkap perhatian pembaca dan menggelitiknya untuk ingin baca terus. hal yang membuat headline begitu susah ditulis adalah bahwa selain menggelitik, ia juga harus memberikan cukup informasi sehingga bila pembaca tidak terus membaca iklan ini, setidaknya ia sudah memberi kesan tersendiri. subhead bagaikan headline, subhead berfungsi sebagai semacam jembatan bagi pembaca. bodycopy setelah anda membuat pembaca berhenti pada headline, kemudian terpacu untuk mengetahui lebih lanjut pada subhead. pada bodycopy, anda menyajikan informasi penting secara sempurna. selalu ingat, bahwa pembaca anda tidak mempunyai banyak waktu dan tidak sabar. mereka hanya ingin mendapatkan informasi yang disajikan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dicerna. beberapa hal yang perlu diperhatikan: 1. kalimat pertama: ini merupakan lanjutan, dan biasanya merupakan jawaban dari headline atau subhead. kalimat pertama seharusnya tidak bertele-tele tetapi ringkas dan berkaitan dengan headline. 2. kalimat penutup: karena iklan berupaya meninggalkan pesan yang impresif, usahakan kalimat terakhir selalu kembali ke awal kalimat anda, tetapi dengan ungkapan yang berbeda. unsur-unsur copywriting.

6 6 copywriting & art direction tagline fungsi tagline adalah inti dari iklan atau menyimpulkan keseluruhan pesan iklan dalam satu frase pendek. beberapa tagline yang mungkin sering kita baca adalah ‘Vitamin C, Ya Vitacimin’, ‘Kopi ABC, Pas Susunya’, ‘Di Nokia, Kami Menyebutnya Teknologi Yang Mengerti Anda’, ‘KOMPAS, Melihat Lebih Jauh’. bila tagline yang ditemukan cukup kuat, ia sangat efektif sewaktu kampanye iklan diturunkan ke below the line, hanging mobile, poster, dsb. caption digunakan untuk menjelaskan gambar. misalnya jenis/model produk, atau keterangan foto. splash! splash biasanya berupa teks yang dibingkai oleh bentuk/shape grafis tertentu. misalnya bentuk bintang, bulat, dsb. fungsinya memberikan penekanan informasi pada produk, misalnya harga murah, baru dibuka, penawaran khusus, dsb. slogan slogan adalah frase atau kata-kata yang merupakan value atau nilai utuh sebuah brand. esensi dari slogan dapat diambil dari keunggulan atau benefit produk. biasanya slogan selalu muncul bersamaan dengan logo atau brand. slogan bukanlah tagline. slogan biasanya digunakan dalam waktu yang lama, tetapi tagline selalu berubah, tergantung strategi komunikasinya.

7 7 copywriting & art direction beberapa iklan menggunakan tagline atau slogan sebagai headline, dimana slogan tersebut dipandang memiliki kekuatan persuasi yang baik fact in the advertising field

8 8 copywriting & art direction if you can come up with a good headline, you are almost sure to have a good ad. but even the greatest writer can’t save an ad with a poor headline. (john caples) headline, the attention getter. the headline is the most important element in most advertisement. it is the telegram which decides the reader whether to read the copy. (david ogilvy)

9 9 copywriting & art direction seperti juga visual, dalam sebuah iklan headline memiliki fungsi strategis, diantaranya adalah: getting attention menyampaikan pesan dengan jelas, langsung, fokus, catchy dan surprise ‘ueenaak tenaan!’ ‘panjaaaaaaaaaaaaaang dan yummy!’ selecting the audience headline dapat memilih audien yang tepat untuk iklan anda ‘is your electric bill too expensive?’ ‘andakah pria mandiri yang kami cari?’ headline’s function.

10 10 copywriting & art direction delivering a complete message 4 dari 5 orang hanya membaca headlinenya saja. jadi cobalah membuat promise lengkap pada headline anda ‘ruko murah, rejeki melimpah!’ drawing the reader into body copy headline berfungsi mengantarkan audien untuk membaca informasi lebih lengkap pada bodytext. maka, buatlah headline yang menarik agar orang mau membaca body text-nya. buatlah pertanyaan, humor, provokasi, dsb ‘mau kaya mendadak? Ikuti petunjuk di bawah ini!’

11 11 copywriting & art direction berikut adalah beberapa pendekatan kreatif dalam menulis copy dalam iklan. text only tanpa visual, teks dapat menjelaskan pesan dengan baik text & visual teks mendukung keberadaan visual. teks semata-mata menjelaskan apa visualisasinya misalnya: ‘anda sakit kepala?’ – dengan visualnya orang yang sedang sakit kepala text & setting teks bertugas menggambarkan/menceritakan setting dan situasi yang terjadi dalam visual, selanjutnya menyampaikan message-nya misalnya: teks menjelaskan sebuah visual dengan setting zaman kolonial, sementara pesan iklannya adalah ‘kehangatan dari masa lalu…’ text # visual teks tidak berhubungan langsung dengan visual. teks hanya menjelaskan pesan, visualnya dapat berubah atau berbeda copywriting creative approach.

12 12 copywriting & art direction contoh iklan copywriting & visual

13 13 copywriting & art direction God’s Campaign | O&M Singapore contoh text only creative approach.

14 14 copywriting & art direction Levi’s Classic 501* | BBH Singapore contoh text & visual creative approach.

15 15 copywriting & art direction iklan Dulcolax | contoh visual only creative approach.

16 16 copywriting & art direction fin. source | ‘Kamus Istilah Periklanan Indonesia’ penerbit PT Gramedia Pustaka Utama ‘Lanturan Tapi Relevan’ oleh Budiman Hakim


Download ppt "1 Copy Writing & Art Direction Pertemuan 5 Matakuliah: U0133 / Pengantar Periklanan Tahun: 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google