Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Majalah Pengertian majalah menurut KBBI adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Majalah Pengertian majalah menurut KBBI adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang."— Transcript presentasi:

1 Majalah Pengertian majalah menurut KBBI adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca dan waktu penerbitannya dibedakan atas majalah bulanan, tengah bulanan, mingguan dan sebagainya, serta menurut pengkhususan isinya dibedakan atas majalah berita, wanita, remaja, olahraga, sastra, ilmu pengetahuan tertentu dsb. Karakter majalah adalah memiliki kedalaman isi yang jauh berbeda dengan surat kabar dan lebih terperinci karena tidak hanya menyajikan berita-berita saja namun juga menyajikan cerita atas berbagai kejadian dengan tekanan pada unsur menghibur dan mendidik.

2 Majalah Majalah dapat dibedakan menurut kelompok pembaca yang menjadi target pasarnya: Majalah konsumen, adalah majalah yang diarahkan pada para konsumen yang akan langsung membeli barang-barang konsumsinya. Majalah bisnis, terdiri dari 3 bentuk yaitu; trade papers, yang dibaca oleh para pedagang atau penyalur, majalah industri yang dibaca oleh kalangan industrial, dan majalah profesi yang dibaca oleh kalangan profesional tertentu, seperti dokter, pengacara, desainer, ekonom, psikolog...dll. Majalah Pertanian, yang ditujukan kepada para petani atau peminat dibidang agrobisnis pertanian dan perkebunan.

3 Majalah Kelebihan: Khalayak sasaran yaitu salah satu keunggulan majalah jika dibandingkan dengan media lainnya adalah kemampuannya menjangkau segmen pasar tertentu yang terspesialisasi. Contoh: majalah special interest sangat disukai sebagai media periklanan karena dianggap memiliki captive market. Penerimaan khalayak yaitu kemampuannya mengangkat produk-produk yang di iklankan sejajar dengan persepsi khalayak sasaran terhadap prestise majalah yang bersangkutan. Long life span yaitu majalah adalah media yang memiliki usia edar paling panjang dari seluruh media yang ada. Selain itu majalah yang dimiliki oleh khalayak umumnya disimpan hingga bertahun-tahun sebagai referensi. Kualitas visual yaitu kualitas visual majalah sangat prima karena umumnya dicetak di atas kertas berkualitas tinggi sehingga majalah dapat menyajikan tata warna, reproduksi foto baik hitam putih maupun berwarna dengan sangat baik. Kualitas produksi seperti ini mencerminkan kehebatan isi editorialnya. Cerita-cerita fiksi dan features selalu ditulis oleh penulis kenamaan yang mampu menggugah emosi pembaca. Promosi penjualan yaitu majalah adalah media yang efektif untuk menyiarkan pesan iklan yang berbau promosi penjualan seperti kupon yang akan diundi dan contoh-contoh produk

4 Majalah Kelemahan: Fleksibilitasnya terbatas Pemesanan iklan kebanyakan harus dilakukan jauh hari sebelum majalah terbit. Biaya tinggi Biaya iklan relatif lebih mahal jika dibandingkan iklan di surat kabar, apalagi jika khalayak yang dijangkau tidak terseleksi. Distribusi Peredaran majalah dianggap lambat dibanding surat kabar.

5 Anatomi Iklan Media Cetak 1. Headline atau judul yang harus ada kaitannya dengan bodycopy 2. Visual, ilustrasi, gambar atau foto orang, model atau apa pun yang berkaitan dengan konsep kreatif dan atau foto produk itu sendiri 3. Bodycopy atau teks yang memberikan informasi lebih rinci tentang produk atau jasa yang akan dijual 4. Product shot atau foto produk (yang sekaligus bisa menampilkan nama merk). Produk shot ini bisa saja merupakan ilustrasi utama. 5. Baseline yang bisanya terletak paling bawah di layout iklan. Di bagian ini bisa dimasukkan, slogan, atau nama dan alamat perusahaan pengiklan.

6 Anatomi Iklan Media Cetak Unsur lain dalam anatomi iklan media cetak, yaitu: 1.Kupon: jika pengiklan menginginkan respon langsung (direct respon) dari sasaran atau untuk kepentingan survei konsumen. 2.Flash: misalnya perkataan Baru, Diskon, Cuci Gudang yang ditulis dengan grafis tertentu untuk mendapat pehatian khusus konsumen. Terkadang ada iklan yang dibuat sengaja tidak lengkap. Misalnya hanya memuat headline saja namun tidak jelas produk atau jasa apa yang ditawarkan. Atau tanpa headline sama sekali, namun iklan ini menampilkan produk tanpa label atau sebagian saja. Inilah iklan yang biasanya disebut dengan teaser, yang bertujuan sebagai prakondisi kampanye utama yang akan dilancarkan. Ide strategi kreatif dari iklan ini adalah menciptakan rasa penasaran orang akan iklan berikutnya.


Download ppt "Majalah Pengertian majalah menurut KBBI adalah terbitan berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google