Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN PROMOSI  Promosi adalah upaya untuk menginformasikan produk atau jasa pada calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN PROMOSI  Promosi adalah upaya untuk menginformasikan produk atau jasa pada calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN PROMOSI  Promosi adalah upaya untuk menginformasikan produk atau jasa pada calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan.  Promosi adalah kegiatan perusahaan mengkomunikasikan produknya. Komunikasi ini bisa dilakukan dengan cara antara lain: advertising, direct marketing, sales promotion, dan public relation.

2 Komunikasi Pemasaran terintergrasi Program-program yang digunakan oleh para pemasaran untuk mengkoordinasikan semua pesn-pesan promosi sebuah perusahaan Dari sudut pandang informasi, promosi bertujuan untuk menyampaikan empat hal kepada calon pelanggan:  Membuat mereka sadar terhadap produk.  Membuat mereka banyak mengetahui tentang produk  Menbujuk mereka untuk menyukai produk.  Membujuk mereka untuk membeli produk.

3 Tujuan Promosi 1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial 2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit 3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan 4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar 5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing 6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.

4 Strategi Promosi Strategy Tarik (Pull Strategy) Strategi promosi yang dirancang untuk langsung menarik pelanggan yang akan meminta suatu produk dari pengecer. Strategi Dorong (Push Strategy) Strategi promosi yang dirancang untuk mendorong grosir dan/atau pengecer untuk memasarkan produk kepada konsumen.

5 Pengertian Periklanan Periklanan adalah alat promosi yang terdiri dari komunikasi non pribadi yang dibayar, digunakan oleh sponsor yang ditunjuk untuk menyampaikan kepada khalayak mengenai suatu produk.

6 Strategi periklanan Persuasive Advertising (iklan persuasive) adalah strategi periklanan yang mencoba mempengaruhi konsumen untuk membeli produk suatu perusahaan daripada produk pesaingnya. Comparative Advertising (iklan Perbandingan) Strategi periklanan yang secara langsung menbandingkan dua produk atau lebih. Reminder advertising (iklan pengingat) Strategi periklanan untuk menjaga nama suatu produk dalam ingatan konsumen.

7 Media Periklanan Berbagai alat komunikasi yang membawa pesan penjual kepada pelanggan, yaitu Koran, televisi, radio, majalah, direct mail, iklan luar ruangan. Seperti: papan iklan, tanda- tanda iklan dibus, taksi, kereta api, saluran periklanan lain seperti:selebaran, katalog.

8 Jenis-jenis iklan Iklan merk yaitu iklan yang mempromosikan sebuah merk tertentu Iklan dukungan yaitu iklan yang mempromosikan suatu maksud, sudut pandang atau calon /kandidat Iklan institusi yaitu iklan yang mempromosikan citra jangka panjang dari sebuah perusahaan.

9 Pengertian penjualan pribadi (personal selling) Alat promosi yang digunakan para penjual untuk berkomunikasi secara berhadapan muka dengan calon berpotensi.

10 Tahap-tahap dalam Mengkomunikasikan (Menjual) Produk A - Attention (Awareness): Menarik perhatian pelanggan I - Interest: Menarik minat pelanggan D - Desire: Meyakinkan pelanggan bahwa mereka membutuhkan produk tersebut A - Action: Mendorong pelanggan untuk membeli Kini seringkali satu huruf lagi ditambahkan  AIDA(S): S - Satisfaction – memuaskan pelanggan sehingga menjadi repeat customer dan menjadi sumber referensi

11 Situasi periklanan pribadi Penjualan eceran yaitu meliputi penjualan sebuah produk konsumsi untuk keperluan pribadi pembeli atau produk rumah tangga. Penjualan industri yaitu meliputi penjualan produk kepada bisnis lainnya baik untuk kepentingan pembuatan produk lain atau penjualan kembali.

12 Tugas-tugas penjualan pribadi Pengelolahan pesanan (order processing) Petugas penjualan bertugas untuk menyampaikan informasi perusahaan kepada konsumen, dengan mengelolah informasi sedemikian rupa agar dapat dimengerti oleh konsumen mengenai maksud yang ingin disampaikan oleh perusahaan. Penjualan kreatif (Creative selling) Petugas penjualan harus dapat menyampaikan pesan secara kreatif baik melalui pengelolahan kata-kata yang ingin disampaikan maupun dari bahasa tubuh yang digunakan untuk menyampaikan informasi tersebut. Penjualan utusan (Missionary selling) Tugas para penjual dalam penjualan pribadi untuk mempromosikan perusahaan dan produknya.

13 Enam langkah dalam proses penjualan pribadi Pencarian calon dan pemenuhan persyaratan (prospecting and qualified) Pencarian konsumen dapat dilakukan penjual dengan melihat dari daftar pembeli yang sudah ada atau melihat dari buku telpon. Setiap konsumen yang akan dihubungi harus memenuhi persyaratan seperti usia, pendapatan, jenis kelamin danseterusnya. Pendekatan (approach) Setelah menyeleksi calon konsumen, penjual dapat menghubungi mereka dengan cara telpon, surat, , atau mendatangi tempat calon konsumen.

14 Enam langkah dalam proses penjualan pribadi Presentasi dan Demonstrasi Untuk lebih menyakinkan konsumen maka penjual dapat melakukan presentasi dan demonstrasi tentang pemakaian atau penggunaan dari produk yang akan dijual. Penanganan Keberatan Apabila konsumen mulai tertarik maka biasanya mereka akan melakukan penawaran terhadap produk yang dibeli dengan meminta penurunan harga ataupun lainnya.

15 Enam langkah dalam proses penjualan pribadi Penutupan (closing) Pada saat konsumen sudah setuju terhadap harga dan peryaratan lainnya maka proses pembelian sudah terjadi dengan dilakukan pembayaran barang dan pengiriman barang tersebut ketempat konsumen. Tindak lanjut (Follow Up) Penjual tetap harus melakukan hubungan dengan konsumennya untuk mengetahui tentang kepuasan konsumen.

16 Pengertian Promosi penjualan (sales promotion) Kegiatan promosi jangka pendek yang dirancang untuk merangsang konsumen dalam membeli atau bekerjasama dengan distributor dan agen penjualan

17 Jenis-jenis promosi penjualan Kupon yaitu teknik promosi penjualan yang menerbitkan selembar kertas sertifikat yang memberikan hak pada pembeli untuk suatu pengurangan harga. Pajangan Point of Purchase (POP) yaitu teknik promosi penjualan yang memamerrkan produknya dan menempatkannya di area tertentu untuk merangsang belanja. Hadiah dan pemberian sample gratis. Pameran dagang yaitu teknik promosi penjualan dimana beragam industri anggota dari suatu industri berkumpul untuk memamerkan, mendemonstrasikan dan menjual produknya. Kontes dan undian.

18 Pengertian Publisitas dan hubungan masyarakat Publisitas (publicity): Alat promosi yang memberikan informasi mengenai perusahaan atau produk untuk disampaikan oleh media secara umum. Hubungan masyarakat (Public relation) Publisitas yang dipengaruhi oleh perusahaan dan diarahkan untuk membangun citra yang baik antara suatu organisasi dengan para calon pelanggan.


Download ppt "PENGERTIAN PROMOSI  Promosi adalah upaya untuk menginformasikan produk atau jasa pada calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google