Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENSINTESA Veit & Gould, 2004: 214 - 247 PENGANTAR Parafrase RangkumanSintesa Buku Artikel Penulisan Riset.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENSINTESA Veit & Gould, 2004: 214 - 247 PENGANTAR Parafrase RangkumanSintesa Buku Artikel Penulisan Riset."— Transcript presentasi:

1

2 MENSINTESA Veit & Gould, 2004:

3 PENGANTAR Parafrase RangkumanSintesa Buku Artikel Penulisan Riset

4 PENGANTAR Parafrase dan rangkuman merupakan gabungan ide dan informasi dari satu paragraf, teks, atau bacaan. Sintesa merupakan gabungan ide dan informasi dari berbagai sumber bacaan. Sintesa digunakan pada pembuatan makalah, artikel, penulisan riset, buku, dan lain-lain.

5 STRATEGI SINTESA Memastikan bahan-bahan yg akan disintesa memiliki hubungan yang logis terhadap topik. Merangkum bahan dari masing-masing sumber scr individual, kemudian menghubungkan rangkuman- rangkuman tsb dg komentar-komentar penghubung.

6 STRATEGI SINTESA DALAM PENULISAN RISET Mulailah dengan dua atau tiga kalimat yang memperkenalkan topik, lalu Nyatakan ide utama dalam kalimat, dan Lanjutkan kalimat ide utama dengan rangkuman-rangkuman dari berbagai sumber bahan.

7 PENULISAN DAFTAR PUSTAKA Daftar pustaka utk sumber bacaan yg berupa buku. –Mencantumkan nama penulis, Nama akhir penulis, koma, nama depan penulis, diikuti oleh nama tengah atau inisialnya. –Mencantumkan judul buku scr lengkap termasuk subjudul, Huruf besar pd huruf pertama kata kecuali kata sambung. Garis bawah (atau memiringkan) pd judul & sub judul. –Mencantumkan informasi tentang penerbitan buku, Nama kota dan negara (hanya jika kota bukan merupakan kota besar). Bentuk singkat dari nama penerbit. Tahun penerbitan, diakhiri dengan titik.

8 Contoh daftar pustaka utk sumber bacaan yg berupa buku Ellerby, Janet Mason. Intimate Readings: The Contemporary Women’s Memoir. Syracuse: Syracuse UP, Penulis Judul buku secara lengkap Kota penerbitan Penerbit Tahun penerbitan

9 Daftar pustaka utk sumber bacaan yg berupa artikel di majalah & koran Mencantumkan nama majalah/koran. –Digaris bawahi atau dimiringkan, tanpa tanda baca. Mencantumkan tanggal penerbitan scr lengkap. Mencantumkan halaman. Contoh: Christenson, Elise. “Firefighters Looking for Ways to Stop the Exodus.” Newsweek 7 Oct. 2002: 8. Penulis Judul artikel secara lengkap Nama Majalah Tanggal penerbitan Halaman majalah

10 Daftar pustaka utk sumber bacaan yg berupa artikel di majalah & koran Contoh: Christenson, Elise. “Firefighters Looking for Ways to Stop the Exodus.” Newsweek 7 Oct. 2002: 8. Brown, Patricia Leigh. “A Push to Save Reno’s Landmaks as Devorce capital.” New York Times 14 June 2002: 7 PenulisJudul artikel secara lengkap Nama majalahTanggal penerbitanHalaman majalah Penulis Judul artikel secara lengkap Nama koran Tanggal penerbitan Halaman koran

11 Contoh Sintesa “Analisis Diakronik Iklan-iklan Enam Merek di Femina Tahun ” Terence A. Shimp (2000) mengemukakan bahwa iklan jangan dipandang sebagai suatu biaya, melainkan suatu investasi. Sebagai suatu bentuk komunikasi nonpersonal yang bersifat massal, iklan tidak hanya menyampaikan informasi penting tentang keberadaan suatu mereka, tetapi yang lebih penting lagi bahwa iklan bertanggung jawab untuk membangkitkan harapan konsumen atas keberadaan merek tersebut (Hall, 2002). Oleh Fonny A. Jacob Paragraf 1

12 Contoh Sintesa Paragraf 2 Dalam konteks periklanan, kenyataan yang secara signifikan terjadi di pasar adalah bahwa konsumen tidak akan merasa perlu untuk mengetahui keberadaan suatu produk atau merek kecuali jika mereka berharap untuk melihatnya. Pada bagian inilah hanya iklan yang dapat berperan untuk membuat konsumen berharap dapat melihat keberadaan sebuah merek (Hall, 2002).

13 Contoh Sintesa Paragraf 3 Bruce F. Hall (2002) mengemukakan suatu perspektif baru tentang respon konsumen terhadap iklan, yaitu bahwa proses kognitif rasional bukanlah penggerak utama dari perilaku membeli. Proses kognitif rasional merupakan hasil proses yang kompleks dari persepsi, pengalaman, dan memori, sebuah proses yang digerakkan oleh emosi dan perasaan.

14 Contoh Sintesa Paragraf 4 Iklan merupakan suau bentuk komunikasi massa. Iklan melibatkan media (media massa elektronik, media massa cetak, maupun media luar ruangan) yang dapat mengirimkan pesan kepada sejumlah besar kelompok individu. Pengiriman pesan itu seringkali terjadi pada saat yang bersamaan. Namun karena bersifat nonpersonal, tidak ada peluang bagi pemasar atau pengiklan untuk secara langsung mendapat feedback dari penerima pesan.

15 Contoh Sintesa Paragraf 5 Selain televisi dan surat kabar, majalah juga banyak digunakan untuk menjangkau target audiens iklan. Dibandingkan dengan media massa lainnya, majalh memiliki karakteristik-karakteristik khusus yang menjadi keunggulannya dalam menjangkau target audiens iklan. Keunggulan pertama menyangkut karakteristik konsumen yang sangat tersegmentasi sehingga pilihan beriklan di majalah menjadi efektif dari segi biaya, misalnya, untuk menjangkau tarfet konsumen yang adalah wanita moderen, penngiklan dapat memilih majalah femina sebagai meddia iklannya (Belch dan Belch, 2001).

16 Contoh Sintesa Paragraf 6 Dipandang dari segi percetakan, iklan yang menampilkan gambar dan warna yang indah dan menarik dimungkinkan dengan penggunaan kertas yang berkualitas tinggi. Selain itu ukuran dan bentuk iklan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jumlah halaman iklan pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan (Belch dan Belch, 2001).

17 Contoh Sintesa Paragraf 7 Jangka waktu terbitnya edisi majalah yang lebih panjang dibandingkan dengan televisi, radio, atau surat kabar merupakan keunggulan lain dari majalah. Lagi pula, majalah dapat dibaca berulang kali bahkan dipinjamkan atau diberikan kepada pembaca lainnya. Karakteristik ini memungkinkan masa hidup iklan di majalah menjadi lebih panjang dibandingkan dengan media massa lainnya (Belch dan Belch, 2001).

18 Contoh Sintesa Paragraf 8 Namun ada beberapa kelemahan yang harus diantisipasi oleh para pengiklan di majalah. Kelemahan pertama adalah biaya yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan jangkauannya yang terbatas. Keterbatsan jangkauan ini menyebabkan biaya untuk menjangkau setiap audiens menjadi lebih mahal dibandingkan dengan media massa lainnya (Belch dan Belch, 2001).

19 Contoh Sintesa Paragraf 9 Berkaitan dengan jumlah halaman yang tersedia untuk beriklan di majalah, terbuka pula kemungkinan iklan-iklan produk pesaing yang turut beriklan pada edisi yang sama. Selain itu, kelemahan khas majalah terletak pada konsumennya yang sangat tersegmentasi, sehingga kesalahan pemilihan media yang tidak sesuai dengan target konsumen produk akan menyebabkan pemasangan iklan tersebut menjadi sia-sia (belch dan Belch, 2001).

20 Next Assigment Kumpulkan hasil sintesa, dengan aturan sebagai berikut: Diketik 1 – 2 halaman A4 Cantumkan judul Font bebas Spasi 1,5 Cantumkan daftar pustaka Lampirkan foto kopi sumber-sumber bacaan

21 TERIMA KASIH


Download ppt "MENSINTESA Veit & Gould, 2004: 214 - 247 PENGANTAR Parafrase RangkumanSintesa Buku Artikel Penulisan Riset."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google