Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Iklan Surat Kabar. Koran secara historis telah menjadi media periklanan terkemuka, namun akhir-akhir ini televisi mampu melewati koran sebagai media yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Iklan Surat Kabar. Koran secara historis telah menjadi media periklanan terkemuka, namun akhir-akhir ini televisi mampu melewati koran sebagai media yang."— Transcript presentasi:

1 Iklan Surat Kabar

2 Koran secara historis telah menjadi media periklanan terkemuka, namun akhir-akhir ini televisi mampu melewati koran sebagai media yang menerima jumlah belanja iklan terbesar. Bagaimanapun, orang tetap merujuk pada koran harian untuk mencari liputan berita yang dalam dan informasi mutakhir lainnya yang tidak tersedia di televisi. Selain itu, koran tetap menjadi sebuah media periklanan yang penting bagi para pengiklan lokal dan khususnya bagi para pengecer yang mengandalkan periklanan koran dalam jumlah besar.

3 kelebihan kekurangan

4 Kelebihan Koran memiliki cakupan yang lengkap dan tidak di batasi pada kelompok-kelompok tertentu, dan hampir setiap orang membacanya. Periklanan pada koran dapat dilakukan secara cepat. Waktu tampilan yang singkat. Iklan koran dapat dengan cepat dan mudah diubah. Koran menarik mereka yang telah berminat untuk membaca. Edisi-edisi khusus memungkinkan penargetan secara tepat. Kebanyakan koran ditargetkan secara geografis, bahkan koran- koran kota memiliki edisi-edisi khusus bagi berbagai lingkungan hunian dan pemukiman perkotaan.

5 kekurangan Koran tidak memiliki usia baca sepanjang majalah, kebanyakan di daur ulang atau disingkirkan setelah dibaca. Tingkat harga yang dibebankan kepada para pengiklan nasional lebih tinggi daripada yang ditagih kepada para pengiklan lokal. Kebanyakan iklan koran menekankan kecepatan, bukan kualitas. Banyak iklan koran harus muncul di tengah kepadatan iklan-iklan lainnya.

6 beberapa jenis iklan : Iklan display Iklan baris Iklan advertorial

7 iklan yang didesain dengan bahasa berita, didalam iklan ini hanya memunculkan foto produk tanpa menggunakan model, dan isi beritanya adalah beberapa keunggulan produk yang diiklankan tersebut. Bisanya menggunakan kode ”adv” atau “ikl” dan diletakkan pada akhir kalimat.

8 CONTOH IKLAN ADVERTORIAL

9 Iklan display iklan yang pada umumnya menggunakan ilustrasi, judul iklan, ruang kosong (white space), dan piranti-piranti visual lain sebagai tambahan bagi materi visual.

10 CONTOH IKLAN DISPLAY

11 Iklan baris iklan yang biasanya muncul di bawah subjudul-subjudul tertentu dan menggambarkan kelas barang atau kebutuhan yang coba dipenuhi melalui iklan. Misalnya iklan perumahan, lowongan pekerjaan, iklan pelayanan kesehatan, dll.

12 CONTOH IKLAN BARIS

13 SYARAT MENGIKLANKAN 1.Para pengiklan harus menentukan berapa ukuran iklan yang akan dibuat. 2.Mengisi formulir berupa kolom yang sudah disediakan oleh PT. 3.Menentukan jenis penayangan iklan.. 4.Menentukan desain iklan yang diinginkan. 5.Memesan iklan tersebut. 6.Membayar biaya percetakan

14 Menentukan jenis penayangan iklan Banner atas, yaitu iklan yang diletakkan pada bagian atas koran. Banner bawah, yaitu iklan yang diletakkan pada bagian bawah koran. Banner samping, yaitu iklan yang diletakkan disamping logo koran pada iklan ini hanya menampilkan gambarnya saja tanpa disertai tulisan. Banner tengah, yaitu iklan yang di letakkan pada bagian tengah koran dan pada iklan ini tidak menggunakan foto yang terlalu mencolok.

15 PROSES PEMBUATAN IKLAN 1.Membuat desain iklan yang diinginkan oleh para pengiklan. 2.Mencetak desain iklan tersebut diselembar plastik transparan (mika). Dan ini biasanya disebut dengan kalkir. 3.Mamasukkan kalkir tersebut ke dalam plate dan kemudian dicetak.

16 ALAT DAN BAHAN Komputer Suatu alat elektronik yang digunakan untuk mendesain iklan, memantau proses percetakan,dll. Printer Alat elektronik yang bisanya digunakan untuk mencetak Plate Suatu piringan besi yang digunakan untuk mencetak surat kabar dan didalamnya terdapat film. Dan plate ini akan dimasukkan kedalam mesin pencetak. Kalkir Digunakan untuk menempelkan print out koran yang akan dicetak. Kertas HVS Digunakan untuk mencetak surat kabar dalam bentuk kecil. Yang berfungsi untuk mengoreksi proses percetakan. Mesin pencetak Mesin ini digunakan untuk mencetak surat kabar dalam bentuk yang sebenarnya atau dalam bentuk dan ukuran surat kabar seperti biasanya.

17 Mesin cetak Kalkir


Download ppt "Iklan Surat Kabar. Koran secara historis telah menjadi media periklanan terkemuka, namun akhir-akhir ini televisi mampu melewati koran sebagai media yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google