Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelebihan dan kelemahan Media cetak dan Elektronik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelebihan dan kelemahan Media cetak dan Elektronik."— Transcript presentasi:

1 Kelebihan dan kelemahan Media cetak dan Elektronik

2 Pengertian Media  Seperti kita ketahui, media adalah suatu alat yang menghubungkan kita dengan dunia luar. Tanpa media, kita akan sulit mengetahui apa yang terjadi di sekeliling kita. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa media adalah sumber informasi utama bagi semua orang di dunia.  Menurut jenisnya, media dapat digolongkan ke dalam 2 kategori, yaitu “media cetak” yang terdiri dari koran, majalah, dll, dan “media elektronik” terdiri dari televisi dan radio.

3 Media Cetak Media yang mengandalkan tulisan atau teks biasanya identik dengan koran, majalah, tabloid dan lain sebagainya yang berasal dari proses pencarian berita,pengumpulan berita, pengolahan berita (editing), percetakan dan sampai pada proses distribusi kepada khalayak.

4 Kelebihan Media Cetak  Repeatable, yakni dapat di baca berkali-kali dengan menyimpannya atau mengklipingnya.  Analisa lebih tajam, dapat membuat orang benar-benar mengerti dan faham terhadap isi berita tersebut.  Bisa memilih berita mana yang ingin kita baca terlebih dahulu,misal tentang politik,ekonomi,olahraga atau yang lainnya.  Mudah didapat dengan Harga yang terjangkau

5 Kekurangan media Cetak  Media cetak lebih lambat penyampaian beritanya daripada media- media yang lain.  Media cetak hanya terbatas pada tulisan atau teks saja meskipun beberapa di dukung oleh foto atau gambar, sehingga pembaca harus memahami sendiri berita tersebut karena memang visualisasi yang terbatas.  Untuk biaya produksi media cetak tergolong mahal, karena media cetak harus dicetak dan didistribusikan sebelum dapat dinikmati masyarakat.

6 Media Elektronik - Radio Media suara atau audio identik dengan media radio yang memang pendengarnya hanya bisa menikmati suara saja tanpa ada visualisasi ataupun teks.

7 Kelebihan Radio  Penyampaian informasi atau berita lebih cepat bahkan bisa saat itu juga.  Bisa dinikmati sambil melakukan aktifitas  Biaya yang diperlukan khalayak untuk mendengarkan radio relatif murah, bahkan bisa di dengar tanpa menggunakan listrik tetapi menggunakan baterai.  Bahasa yang digunakan bersifat bahasa tutur, jadi mudah dimengerti oleh pendengarnya.

8 Kelemahan Media Radio  Informasi yang disampaikan hanya sekilas dan tidak bisa diulang.  Jumlah berita yang disampaikan oleh radio terbatas.  Karena radio penyebarannya melalui alat pemancar, maka khalayak pun juga hanya bisa menikmati radio selama terjangkau oleh daya pancar radio tersebut.  Saat mendengarkan berita di radio kita harus mengikuti jadwal atau waktu dimana radio tersebut akan menyajikan siaran berita.

9 Media Televisi merupakan media yang sekarang sedang digemari oleh khalayak. Dengan tayangan yang begitu jelas, khalayak bisa melihatnya atau memantaunya ber jam- jam. Acara dalam televisisi pun biasanya dikemas semenarik mungkin sehingga khalayak dari semua kalangan baik anak- anak maupun dewasa semua menggemari.

10 Kelebihan Televisi  Tidak hanya disajikan dalam bentuk suara, tapi televisi juga didukung oleh video yang menarik perhatian penonton.  Televisi bisa menyajikan laporan langsung dari tempat kejadian dan penonton langsung bisa mengetahui situasi dan keadaan di tempat kejadian perkara (TKP).  Bahasa yang digunakan pada media televisi juga bahasa tutur seperti halnya media audio atau radio.

11 Kelemahan Televisi  Produksi media televisi masih tergolong mahal, baik dari peralatan dan skill dari SDM nya pun juga harus yang benar- benar mengetahui tentang televisi. Belum lagi untuk biaya operasional media ini cukup mahal.  Proses penyampaian berita ke masyarakat ada kalanya membutuhkan waktu lama karena harus melewati proses pengambilan gambar, editing dan baru bisa disiarkan ke khalayak.


Download ppt "Kelebihan dan kelemahan Media cetak dan Elektronik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google