Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALAT BANTU DAN PENGGUNAAN MEDIA PELATIHAN. PENGERTIAN Media belajar adalah alat bantu dalam kegiatan pembelajaran yang jenis dan bentuknya bermacam –

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALAT BANTU DAN PENGGUNAAN MEDIA PELATIHAN. PENGERTIAN Media belajar adalah alat bantu dalam kegiatan pembelajaran yang jenis dan bentuknya bermacam –"— Transcript presentasi:

1 ALAT BANTU DAN PENGGUNAAN MEDIA PELATIHAN

2 PENGERTIAN Media belajar adalah alat bantu dalam kegiatan pembelajaran yang jenis dan bentuknya bermacam – macam. Dalam menyiapkan dan merancang media belajar, fasilitator perlu menyesuaikan metode yang dipergunakan. Sedangkan metode belajar ini, disesuaikan dengan tujuan belajar. Di dalam pembahasan satu topik (materi) belajar, biasanya : Dipergunakan variasi metode belajar Dipergunakan variasi media belajar yang sesuai

3 MANFAAT Alat bantu Pemandu untuk memberi penjelasan kepada warga belajar. Meningkatkan dan mendorong partisipasi dan keaktifan peserta belajar, artinya : media sebaiknya dibuat sederhana dan mudah dipergunakan oleh peserta. Menimbulkan daya tarik belajar, artinya : media belajar sebaiknya bervariasi, menarik dan kalau perlu dengan menggunakan visualisasi (gambar) Meningkatkan pemahaman peserta, artinya : media belajar sebaiknya membentu memperjelas materi yang sedang dibahas, khususnya hal – hal abstrak yang sulit dijelaskan dengan kata – kata.

4 JENIS MEDIA AUDIA VISUAL AUDIO VISUAL

5 J ENIS MEDIA Lembar penugasan (kelompok/perorangan) Lembar kasus/Cerita Lembar praktek (panduan praktek) Skenario bermain peran (role play/drama/frgamen) Bahan permainan/teka – teki Gambar sederhana Plastik transparansi Kartu metapaln (yang sudah diisi tulisan Komik/cerita bergambar Gambar/foto/poster Tayangan Video Kaset cerita Boneka/wayang (puppet – show) Lembar balik (flip – chart) Dan sebagainya

6 BEBERAPA JENIS MEDIA SERTA KEKUATAN DAN KELEMAHANNYA Jenis Media KelebihanKelemahan Kaset Rekaman  Pesan yang disampaikan dapat dibuat lebih menarik karena dapat dibuat secara percakapan sesungguhnya;  Dapat merangsang minat dan perhatian warga belajar;  Komunikasi bisa dua arah;  Mudah dibawa dan dipindah-tempatkan  Kurang efektif untuk digunakan peserta yang jumlahnya lebih dari 15 orang;  Pesan yang disampaikan terbatas, karena masa tayang dan konsentrasi pendengar juga terbatas. Film Slide  Bisa merangsang minat dan menarik perhatian warga belajar;  Efektif untuk kelompok sedang (20-25 orang);  Pesan yang disampaikan dapat lebih terperinci  Memerlukan peralatan khusus untuk menggunakannya;  Penayangan terbatas karena konsentrasi penonton juga terbatas.

7 Jenis Media KelebihanKelemahan Lembar Balik  Pesan yang disampaikan dapat lebih terperinci;  Dapat menarik perhatian khalayak;  Tidak membutuhkan keterampilan baca-tulis.7  Kurang efektif untuk khalayak yang jumlahnya lebih dari 10 orang. Alat Peraga  Bisa dipercaya, karena barangnya terlihat nyata;  Bisa dikenali dan mudah diingat, karena bisa dilihat, dipegang, dan dirasakan;  Alat peraga yang mengguna-kan bahan setempat, akan lebih murah dan mudah diperoleh;  Tidak memerlukan keterampilan baca-tulis.  Untuk alat peraga yang ukurannya besar atauterlalu kecil menjadi tidak praktis;  Mudah hilang.

8 Jenis Media KelebihanKelemahan Komik-Strip/ Fotonovela  Lebih menarik dan mudah dicerna dibandingkan dengan media cetak lainnya;  Mudah dibawa dan disebarluaskan;  Dapat digunakan untuk perseorangan sampai kelompok cukup besar.  Membutuhkan alat dalam pengembangannya (kamera);  Membutuhkan keterampilan baca tulis. Poster  Dapat menarik perhatian warga belajar;  Dapat dibuat dalam waktu relatif singkat.  Pesan yang disampaikan terbatas;  Perlu keahlian untuk menafsirkan;  Beberapa poster perlu keterampilan baca-tulis.

9 Jenis Media KelebihanKelemahan Poster Seri  Mudah dibawa dan disebarluaskan;  Tidak memerlukan keterampilan baca-tulis;  Dapat merangsang diskusi.  Perlu keterampilan untuk menafsirkan gambar. Cerita Boneka  Tidak memerlukan keterampilan baca tulis;  Dapat merangsang minat khalayak.  Perlu keterampilan khusus bagi pembawa cerita;  Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk pembuatannya. Booklet  Pesan yang disajikan lebih lengkap;  Mudah dibawa dan disebarluaskan.  Membutuhkan keterampilan baca-tulis;  Proses pengembangan cukup lama.

10 Jenis Media KelebihanKelemahan Foto  Tidak memerlukan keterampilan baca-tulis;  Dapat merangsang minat karena memperlihatkan hal sesungguhnya;  Mudah dibawa dan disebarluaskan.  Membutuhkan alat dalam pengembangannya (kamera);  Hanya efektif untuk kelompok kecil atau sedang. Leaflet  Proses pengembangan relatif cepat;  Efektif untuk pesan yang singkat dan padat;  Mudah dibawa dan disebarluaskan.  Memerlukan keterampilan baca-tulis;  Mudah hilang dan rusak;  Pesan yang disampaikan terbatas.


Download ppt "ALAT BANTU DAN PENGGUNAAN MEDIA PELATIHAN. PENGERTIAN Media belajar adalah alat bantu dalam kegiatan pembelajaran yang jenis dan bentuknya bermacam –"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google