Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUMBER BELAJAR. Pengertian  Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa: buku teks, media cetak,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUMBER BELAJAR. Pengertian  Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa: buku teks, media cetak,"— Transcript presentasi:

1 SUMBER BELAJAR

2 Pengertian  Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa: buku teks, media cetak, media elektronika, nara sumber, lingkungan alam sekitar, dan sebagainya.

3  Pemilihan sumber belajar mengacu pada perumusan yang ada dalam silabus yang dikembangkan oleh satuan pendidikan.  Sumber belajar mencakup sumber rujukan, lingkungan, media, narasumber (tenaga ahli, praktisi, dsb), alat, dan bahan.  Sumber belajar dituliskan secara lebih operasional. Misalnya, sumber belajar dalam silabus dituliskan buku referens, dalam RPP harus dicantumkan judul buku teks tersebut, pengarang, dan halaman yang diacu.

4  Sumber belajar dapat berupa: –(1) Bahan cetak seperti: hand out, buku siswa, modul, lembar kerja siswa, brosur, majalah, koran, buletin, –(2) Audio Visual seperti: video/film,VCD, –(3) Audio seperti: radio, kaset, CD audio, –(4) Visual: foto, gambar, model/maket, –(5) Multi Media: CD interaktif, computer based, internet, dan –(6) Alat-alat yang diperlukan dalam pembelajaran

5 MEDIA PEMBELAJARAN  PENGERTIAN –Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan/informasi dari sumber informasi ke penerima informasi

6 PENGGOLONGAN MEDIA Schramm Media untuk Audiens Besar Televisi, Radio, Facsimile Media untuk Audiens Kecil Slide, poster, papan tulis Media Individual Modul, buku, telepon

7 PENGGOLONGAN MEDIA menurut Ukuran Audiens Bretz Media yang dapat didengar (Audio)  Media yang dapat dilihat (Video)  Media yang dapat bergerak

8 PENGGOLONGAN MEDIA menurut Fungsinya Estiningsih Alat Peraga Untuk menurunkan keabstrakan konsep Sarana Alat bantu untuk melakukan kegiatan belajar mengajar (penggaris, papan tulis, jangka, LK, LT)

9 PENGGOLONGAN MEDIA menurut Perkembangan Teknologi seels & Glasgow Media Tradisional Media Teknologi Mutakhir

10 Media Tradisional –Media visual diam yang diproyeksikan. antara lain OHP, Slide Media –Media visual yang tidak diproyeksikan. antara lain: gambar, poster, grafik, Charts, diagram,ilustrasi –Media Audio (rekaman piringan, pita kaset dsb), –Penyajian multimedia (slide plus suara dsb) –Media Visual dinamis yang diproyeksikan (film, televisi, video, dsb) –Cetak (buku teks, modul, workbook, majalah, hand- out, dll) –Permainan (teka-teki, simulasi, permainan papan, dsb) –Realia (model, specimen/contoh, manipulatif( peta, boneka))

11 Media Teknologi Mutakhir –Media berbasis telekomunikasi (telekonferen, kuliah jarak jauh, dsb) –Media berbasis mikroprosesor (compact (video) disc, dsb)

12 PENGGOLONGAN MEDIA Cetak Elektronik Realia dan Model

13 Melengkapi RPP dengan Alat Operasional Lain yang Dirujuk pada Kegiatan Pembelajaran  Guru perlu mencermati kegiatan pembelajaran pada RPP, agar dapat mengembangkan alat/ media/ bahan yang diperlukan untuk mendukung operasional RPP.  Misalnya, LKS untuk mendukung penemuan, lembar tugas, CD yang yang harus diamati, contoh model yang harus diamati, bahan yang harus didiskusikan, panduan pertanyaan untuk menggali informasi/ merangsang pertanyaan siswa, dan sebagainya

14 BAHAN AJAR  Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.  Bahan ajar merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.

15  bentuk bahan ajar paling tidak dapat dikelompokkan menjadi empat yaitu –bahan cetak (printed) seperti antara lain handout, buku siswa, modul, lembar kerja siswa, brosur, leaflet, wallchart, foto/gambar, model/maket. –Bahan ajar dengar (audio) seperti kaset, radio, piringan hitam, dan compact disk audio. –Bahan ajar pandang dengar (audio visual) seperti video compact disk, film. – Bahan ajar interaktif (interactive teaching material) seperti compac disk interaktif.

16  Sebuah bahan ajar paling tidak mencakup antara lain –(1) Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru), –(2) Kompetensi yang akan dicapai, –(3) Informasi pendukung, –(4) Latihan-latihan, –(5) Petunjuk kerja, dapat berupa Lembar Kerja (LK), dan –(6) Penilaian/Evaluasi.

17


Download ppt "SUMBER BELAJAR. Pengertian  Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang diperlukan dalam proses pembelajaran, yang dapat berupa: buku teks, media cetak,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google