Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MATERI 5 HUBUNGAN MASYARAKAT DAN DIRECT MAIL UNTUK PEMASARAN. Dosen : Sudaryono.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MATERI 5 HUBUNGAN MASYARAKAT DAN DIRECT MAIL UNTUK PEMASARAN. Dosen : Sudaryono."— Transcript presentasi:

1 MATERI 5 HUBUNGAN MASYARAKAT DAN DIRECT MAIL UNTUK PEMASARAN. Dosen : Sudaryono

2 Perusahaan dalam upaya mengembangkan pemasarannya selain berhubungan secara konstruktif dengan pelanggan, pemasok dan penyalur, melainkan juga harus berhubungan dengan sejumlah besar masyarakat yang berkepentingan. Masyarakat (public) adalah setiap kelompok yang memiliki kepentingan dalam atau pengaruh terhadap kemampuan suatu perusahaan mencapai tujuannya saat ini atau pada masa yang akan datang. Hubungan Masyarakat (public relation) meliputi berbagai program yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau masing2 produknya.

3 Pada umumnya perusahaan memiliki departemen hubungan masyarakat yang tugasnya memantau sikap masyarakat-masyarakat organisasi tersebut dan membagikan informasi dan komunikasi. Fungsi Departemen Humas 1. Hubungan Pers – Menyajikan berita dan informasi tentang organisasi dari sudut yang paling positif. 2. Pemberitaan Produk

4 Mensponsori upaya untuk memberitakan produk- produk tertentu. 3. Komunikasi Korporat – Meningkatkan pemaha man tentang organisasi melalui komunikasi internal dan eksternal. 4. Lobi – Berhadapan dengan lembaga pembuat undang-undang dan pejabat pemerintah guna mendukung atau menggagalkan peraturan dan perundang-undangan.

5 5. Pemberian Saran – Memberikan nasihat kepada manajemen mengenai masalah publik dari posisi dan citra perusahaan pada masa-masa yang menyenangkan dan krisis. Hubungan Masyarakat Pemasaran (Marketing Public Relation – MPR) MPR memegang peran penting dalam tugas-tugas yakni, meliputi :

6 1. Membantu peluncuran produk-produk baru. 2. Membantu memposisikan kembali produk yang sudah matang. 3. Membangun minat terhadap kategori produk. 4. Memengaruhi kelompok sasaran tertentu 5. Membela produk yang telah menghadapi masa lah public. 6. Membangun citra korporat yang tercermin dengan baik dalam produk-produknya

7 Ketika mempertimbangkan kapan dan bagaimana menggunakan MPR, manajemen harus menetap kan tujuan-tujuan pemasaran, memilih pesan-pesan dan sarana humas, melaksanakan rencana tsb dan mengevaluasi hasilnya. Alat-alat utama MPR dalam Humas Pemasaran meliputi : 1. Terbitan : Perusahaan sangat mengandalkan bahan-bahan yang diterbitkan untuk menjangkau dan memengaruhi pasar sasarannya.

8 Bahan-bahan ini mencakup laporan tahunan, brosur, artikel berita berkala dan majalah perusahaan, dan bahan-bahan audivisual. 2. Acara-Acara : Perusahaan dapat menarik perhatian pada produk-produk baru atau kegiatan perusahaan lainnya dengan menyelenggarakan acara khusus seperti konferensi berita, seminar, tamasya, pameran dagang, kontes dan kompetisi dan ulang tahun yang akan menjangkau masyarakat sasaran.

9 3. Pemberian Dana Sponsor : Perusahaan dapat mempr mosikan merek dan nama perusahaan dengan mensponsori pertan- dingan olah raga, acara budaya. 4. Berita : Profesional Humas bertugas untuk menemukan atau menciptakan berita yang menguntungkan tentang perusahaan, produk nya dan orang-orangnya dan mengupayakan agar media menerima siaran pers dan menghadri konferensi pers.

10 5. Ceramah : Makin banyak eksekutif perusa- haan harus menjawab pertanyaan-pertanyaan dari media atau memberi ceramah dalam perhimpunan perdagangan atau rapat-rapat penjualan. 6. Kegiatan Layanan Masyarakat 7. Media Identitas : Perusahaan membutuhkan identitas visual yang langsung dikenal masya- rakat. Identitas visual tsb terdapat dalam logo, alat tulis, brosur, tanda formulir bisnis, kartu nama, bangunan seragam dan aturan berpakaian.

11 MPR dapat membangun kesadaran dengan menempatkan berita di media untuk menarik perhatian orang pada suatu produk, jasa, orang, organisasi atau gagasan. MPR dapat membangun kredibilitas dengan menyampaikan pesan dalam konteks editorial. MPR dapat membantu untuk meningkatkan antusiasme tenaga penjualan dan penyalur.

12 Pemasaran Langsung (Direct Mail) adalah penggu- naan saluran langsung konsumen untuk menjangkau dan mengirimkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa menggunakan perantara pemasaran. Contoh : Surat langsung, pemasaran katalog, telemarketing, TV Interaktif, Kios, Situs Web

13 1. Memberikan manfaat kepada konsumen semakin mudah dan cepat dalam pengirimannya. 2. Dapat menjangkau calon pelanggan pada saat yang tepat dan dibaca oleh calon pelanggan yang lebih memiliki prospek. 3. Dapat mengukur respons terhadap kampanye mereka agar dapat diputuskan bentuk kampanye yang paling menguntungkan

14 Pemasaran melalui surat/pengeposan langsung berarti mengirimkan penawaran, pengumuman, pengingat atau barang lain ke konsumen perorangan. Beberapa juga mengirimkan CD, DVD dan disket kepada calon pelanggan dan pelanggan. Surat langsung merupakan media yang terkenal karena memungkinkan selektivitas pasar sasaran, dapat disesuaikan dengan konsumen yang dituju, fleksibel.

15 Terima Kasih

16

17  Trima Kasih


Download ppt "MATERI 5 HUBUNGAN MASYARAKAT DAN DIRECT MAIL UNTUK PEMASARAN. Dosen : Sudaryono."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google