Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Yakni merupakan penyediaan dukungan finansial untuk suatu acara, subyek, kegiatan, lembaga atau individu yang dianggap pantas menerimanya. Alasan Pemberian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Yakni merupakan penyediaan dukungan finansial untuk suatu acara, subyek, kegiatan, lembaga atau individu yang dianggap pantas menerimanya. Alasan Pemberian."— Transcript presentasi:

1

2 Yakni merupakan penyediaan dukungan finansial untuk suatu acara, subyek, kegiatan, lembaga atau individu yang dianggap pantas menerimanya. Alasan Pemberian Sponsor : Menunjukkan niat baik perusahaan/organisasi dan menciptakan suatu pemahaman posisi di kalangan khalayak/publik.

3 Berdasarkan jenis sponsor, alasan pokok dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. Penyediaan Sponsor utk Iklan. Sebuah perusahaan memberikan dana untuk mengadakan suatu acara (Mis tv/radio), sebagai imbalan mereka dapat memasang iklan di sela-sela acara tersebut. 2. Untuk Pemasaran. Hampir sama dengan sponsor pendukung penjualan, namun wujudnya lebih halus. Perusahaan mensponsori suatu acara yang menyangkut kepentingan para calon konsumen,

4 Sehingga sosok perusahaan atau produk tersebut dikaitkan dengan kenyamanan para calon konsumen. 3. Untuk Tujuan Public Relation. Penyediaan dana untuk menunjang usaha Public Relation, sehingga penerima sponsor bukan hny media massa tetapi juga acara olah raga, ekshibisi seni, dunia pendidikan, pertunjukan teater hingga individu tertentiu.

5 Beberapa kegiatan berikut ini bisa dijadikan sebagai objek sponsor, yakni meliputi : 1. Acara-Acara Olah Raga 2. Acara-acara Kebudayaan 3. Penerbitan/Publikasi 4. Ekshibisi/Pameran 5. Pendidikan 6. Acara-acara Amal 7. Acara-acara Lokal 8. Acara Penghargaan Profesional

6 1. Memastikan tujuan dari penyelenggaraan acara yang akan disponsori 2. Memilih bidang kegiatan yang paling sesuai dengan tujuan acara maupun kepentingan pihak penyedia sponsor 3. Memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan sesuai dengan tujuan yang diraih

7 Berdasar pertimbangan di atas, pihak penyedia sponsor pasti mengharap imbalan yang biasanya berkaitan dengan iklan dan publikasi bagi perusahaan atasu produknya. Tujuan Public Relation dari pensponsoran yang ingin dicapai dapat dijelaskan sebagai berikut : a. Menciptakan atau mempertahankan nama baik.

8 b. Membangun citra perusahaan. Sejalan dengan nama baik, karakteristik, misi atau sifat-sifat positif perusahaan perlu diperkenalkan juga pada masyarakat. c. Identitas Perusahaan Pensponsoran membantu perusahaan untuk memperkenalkan identitasnya pd masyara- kat luas.

9 d. Mengakrabkan nama perusahaan. Dalam pensponsoran, biasanya nama perusahaan disebutkan berulangkali. Hal ini akan berdampak nama perusahaan menjadi familiar di telinga dan ingatan khalayaknya. e. Menonjolkan kerahmahtamahan. Jamuan makan untuk rekan-rekan bisnis maupun konsumen penting dalam acara yang disponsori akan membuka peluang untuk memasyarakatkan nama perusahaan, juga menunjukkan keramahtamahan dan ketulusan yang dimiliki oleh perusahaan.

10 f. Merangsang minat wartawan untuk datang meliput. Yakni dengan cara menyediakan hadiah bagi para wartawan yang menulis tentang bidang usaha yang digeluti pihak sponsor

11 Beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh para praktisi PR untuk membina hubungan dengan pelanggan adl sbb : 1. Memastikan bahwa produk/jasa yang dise- diakan organisasi/perusahaan benar-benar berkualitas tinggi 2. Membuat program-program promosi yang tepat, menarik dan berkesinambungan 3. Memantau kegiatan kompetitor perusahaan /organisasi.

12 Trima Kasih

13

14 Yakni merupakan penyediaan dukungan finansial untuk suatu acara, subyek, kegiatan, lembaga atau individu yang dianggap pantas menerimanya. Alasan Pemberian Sponsor : Menunjukkan niat baik perusahaan/organisasi dan menciptakan suatu pemahaman posisi di kalangan khalayak/publik.

15 Berdasarkan jenis sponsor, alasan pokok dapat dijelaskan sebagai berikut : 1. Penyediaan Sponsor utk Iklan. Sebuah perusahaan memberikan dana untuk mengadakan suatu acara (Mis tv/radio), sebagai imbalan mereka dapat memasang iklan di sela-sela acara tersebut. 2. Untuk Pemasaran. Hampir sama dengan sponsor pendukung penjualan, namun wujudnya lebih halus. Perusahaan mensponsori suatu acara yang menyangkut kepentingan para calon konsumen,

16 Sehingga sosok perusahaan atau produk tersebut dikaitkan dengan kenyamanan para calon konsumen. 3. Untuk Tujuan Public Relation. Penyediaan dana untuk menunjang usaha Public Relation, sehingga penerima sponsor bukan hny media massa tetapi juga acara olah raga, ekshibisi seni, dunia pendidikan, pertunjukan teater hingga individu tertentiu.

17 Beberapa kegiatan berikut ini bisa dijadikan sebagai objek sponsor, yakni meliputi : 1. Acara-Acara Olah Raga 2. Acara-acara Kebudayaan 3. Penerbitan/Publikasi 4. Ekshibisi/Pameran 5. Pendidikan 6. Acara-acara Amal 7. Acara-acara Lokal 8. Acara Penghargaan Profesional

18 1. Memastikan tujuan dari penyelenggaraan acara yang akan disponsori 2. Memilih bidang kegiatan yang paling sesuai dengan tujuan acara maupun kepentingan pihak penyedia sponsor 3. Memastikan bahwa biaya yang dikeluarkan sesuai dengan tujuan yang diraih

19 Berdasar pertimbangan di atas, pihak penyedia sponsor pasti mengharap imbalan yang biasanya berkaitan dengan iklan dan publikasi bagi perusahaan atasu produknya. Tujuan Public Relation dari pensponsoran yang ingin dicapai dapat dijelaskan sebagai berikut : a. Menciptakan atau mempertahankan nama baik.

20 b. Membangun citra perusahaan. Sejalan dengan nama baik, karakteristik, misi atau sifat-sifat positif perusahaan perlu diperkenalkan juga pada masyarakat. c. Identitas Perusahaan Pensponsoran membantu perusahaan untuk memperkenalkan identitasnya pd masyara- kat luas.

21 d. Mengakrabkan nama perusahaan. Dalam pensponsoran, biasanya nama perusahaan disebutkan berulangkali. Hal ini akan berdampak nama perusahaan menjadi familiar di telinga dan ingatan khalayaknya. e. Menonjolkan kerahmahtamahan. Jamuan makan untuk rekan-rekan bisnis maupun konsumen penting dalam acara yang disponsori akan membuka peluang untuk memasyarakatkan nama perusahaan, juga menunjukkan keramahtamahan dan ketulusan yang dimiliki oleh perusahaan.

22 f. Merangsang minat wartawan untuk datang meliput. Yakni dengan cara menyediakan hadiah bagi para wartawan yang menulis tentang bidang usaha yang digeluti pihak sponsor

23 Beberapa strategi yang dapat diterapkan oleh para praktisi PR untuk membina hubungan dengan pelanggan adl sbb : 1. Memastikan bahwa produk/jasa yang dise- diakan organisasi/perusahaan benar-benar berkualitas tinggi 2. Membuat program-program promosi yang tepat, menarik dan berkesinambungan 3. Memantau kegiatan kompetitor perusahaan /organisasi.

24 Trima Kasih


Download ppt "Yakni merupakan penyediaan dukungan finansial untuk suatu acara, subyek, kegiatan, lembaga atau individu yang dianggap pantas menerimanya. Alasan Pemberian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google