Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“H UMAS E KSTERNAL O RGANISASI ” Afifah Noor Khairani Erma Fatma Novia Friska Rizka Fitri M. Al - Amin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“H UMAS E KSTERNAL O RGANISASI ” Afifah Noor Khairani Erma Fatma Novia Friska Rizka Fitri M. Al - Amin."— Transcript presentasi:

1 “H UMAS E KSTERNAL O RGANISASI ” Afifah Noor Khairani Erma Fatma Novia Friska Rizka Fitri M. Al - Amin

2 P ENDAHULUAN Posisi humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara keduanya.

3

4 Komunikasi yang dilakukan dengan khalayak eksternal PR antara lain : Hubungan dengan Masyarakat Hubungan dengan Media Hubungan dengan Pemasok Hubungan dengan Pemerintah Hubungan dengan Investor Hubungan dengan Distributor – Dealer Hubungan dengan Konsumen Hubungan dengan Pemuka Pendapat Hubungan dengan Komunitas

5 H UBUNGAN DENGAN M ASYARAKAT Khalayak masarakat dari suatu organisasi tergantung pada jenis organisasi itu sendiri. Sebuah organisasi yang bijaksana akan mengawali kegiatan PR nya dengan mengenali masalah dan kebutuhan masyarakat di sekelilingnya.

6 H UBUNGAN DENGAN M EDIA Pihak media memerlukan penanganan yang sama sekali berbeda dari pada yang khalayak- khalayak lainnya. Salah satu alasannya adalah kenyataan bahwa media merupakan jalur penghubung langsung antara organisasi dan para khalayak. Jadi pers merupakan kunci kesuksesan dari kegiatan public relations suatu perusahaan.

7 H UBUNGAN DENGAN P EMASOK Bagian humas sebaiknya bertanggung jawab atas penelitian sikap para pemasok terhadap perusahaan, perencanaan dan persiapan komunikasi kepada para pemasok dan usulan kebijaksanaan dan tata cara pembelian untuk bagian lainnya yang terlibat dalam hubungan dengan para pemasok

8 Tujuan program hubungan pemasok adalah sebagai berikut : Membina kepentingan bersama antara pemasok dan pembeli Menunjukkan kepada para pemasok bagaimana mereka dapat meningkatkan metode produksinya sehingga meningkatkan pengembalian bersih mereka. Menentukan apakan para pemasok memikirkan kebijaksanaan dan kebiasaan perusahaan.

9 LANJUTAN Menjadikan perusahaan sebagai mitra yang baik, yang bekerja sama dengan sungguh-sungguh dalam menyelesaikan masalah produksi dan persediaan. Mempertahankan hubungan yang baik dengan para perwakilan pemasok melalui perwakilan yang adil dan terbuka. Melengkapi materi dan saran gunan mengembangkan hubungan pemasok dan staf pemberian, penerimaan, pengawasan, akunting, dan bagian lainnya dengan para pemasok.

10 H UBUNGAN DENGAN P EMERINTAH Dasar pemikiran humas dalam pemerintahan berlandaskan pada dua fakta dasar. Pertama, masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui; karena itu, para pejabat pemerintah mempunyai tanggung jawab guna memberi penjelasan kepada masyarakat. Kedua, ada kebutuhan bagi para penjabat untuk menerima masukan dan masyarakat tentang persoalan baru dan tekanan sosial, untuk memperoleh partisipasi dan dukungan masyarakat. Hanya dengan proses komunikasi demikianlah pemerintah dan para pemilih dapat mencapai suatu pengertian kesatuan positif.

11 H UBUNGAN DENGAN I NVESTOR Kelompok pemegang saham pun akan sangat berbeda. Kadang kala sebuah perusahaan besar membagi investor menjadi beberapa kelompok dan mengembangkan cara berkomunikasi dengan setiap kelompok. Hubungan baik dengan investor dapat menghasilkan imbalan yang menguntungkan dalam bentuk modal pinjaman untuk membiayai proyek-proyek besar.

12 Tujuan Hubungan Investor. Menciptakan suatu pengertian yang lebih baik antara perusahaan dan para pemilik sahamnya dengan komunitas sosial. Membujuk para pemegang saham untuk memakai dan menganjurkan pembelian produk-produk perusahaan. Mengurang pergantian para pemegang saham dan mempromosikan pemilikan saham sebagain suatu investasi jangka panjang.

13 H UBUNGAN DENGAN D ISTRIBUTOR - D EALER Tujuan program hubungan distributor – dealer para pengusaha pabrik berbeda-beda sesuai dengan jumlah dan jenis distributor dan dealer yang terkait, sifat dasar produknya, dan kebijaksanaan pemasaran pengusaha pabrik tersebut. Tujuan Program Hubungan Distributor-Dealer Para Pengusaha Pabrik : Menentukan sikap para distributor dan dealer sebagai dasar kebijaksanaan, pelaksanaan dan komunikasi hubungan dealer.

14 Menciptakan suatu pengertian yang lebih baik dengan para distributor dan dealer melalui penjelasan kebijaksanaan dan pelaksanaan manajemen. Memberikan kepercayaan diri kepada para distributor dan dealer berserta personelnya dalam perusahaan tersebut melalui pengetahuan yang lebih baik mengenai sumber, organisasi, fasilitas produk, dan jasa para pengusaha pabrik. Membantu para distributor dan dealer dalam meningkatkan penjualannya melalui program latihan penjualan, sarana penjualan, peningkatan seleksi dan kompetensi penjualan dan kontens penjualan.

15 H UBUNGAN DENGAN K ONSUMEN Tujuan hubungan konsumen antara lain mempertahankan pelanggan lama, menarik pelanggan baru, memasarkan/memperkenalkan produk atau jasa baru, memudahkan penanganan keluhan pelanggan dan mengurangi biaya. Costumer relations dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain plant tour, iklan, film, pameran, publisitas, brosur, dan special events.

16 H UBUNGAN DENGAN P EMUKA P ENDAPAT Pemuka pendapat adalah orang yang memiliki berbagai keunggulan di antara masyarakat sehingga dapat menjadi perantara informasi bagi masyarakat. Yang termasuk opinion leader antara lain tokoh masyarakat,pemuka agama, pejabat negara dan selebritis. Kegiatan itu diperlukan agar opinion leader memiliki pendapat/ opini yang sama dengan organisasi guna mempersuasi pendapat publik.

17 H UBUNGAN DENGAN K OMUNITAS Komunitas adalah sekelompok orang yang hidup di tempat yang sama, berperintah yang sama, dan mempunyai kebudayaan dan sejarah yang umumnya turun munurun. Orang-orang yang hidup dalam komunitas dengan lembaga- lembaganya membuat mereka saling bergantung satu sama lain Tujuan penting dicantumkan di bawah ini : Memberi informasi kepada komunitas tentang kebijaksanaan, kegiatan dan masalah perusahaan dan untuk menyampaikan apa saja yang dilakukan oleh perusahaan

18 Lanjutan.. Memberi informasi kepada kepada para karyawan yang berhubungan dengan perusahaan mengenai jalannya perusahaan dan merangsang mereka untuk menyampaikan informasi kepada komunitasnya. Meningkatkan kesejahteraan komunitas dengan dengan mengiklankan daya tariknya kepada para wisatawan serta sumber dan potensial industrinya untuk menarik industri baru. Menciptakan iklim bisnis yang menghasilkan kegiatan yang efisien dan ekonomis serta menciptakan perusahaan sebagai tempat yang baik untuk bekerja di mata para calon karyawannya.

19


Download ppt "“H UMAS E KSTERNAL O RGANISASI ” Afifah Noor Khairani Erma Fatma Novia Friska Rizka Fitri M. Al - Amin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google