Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENERAPKAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI PENJUALAN NAMA POPY TIARA AYU MAHARANI PUTRI KELAS : XII.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENERAPKAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI PENJUALAN NAMA POPY TIARA AYU MAHARANI PUTRI KELAS : XII."— Transcript presentasi:

1 MENERAPKAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI PENJUALAN NAMA POPY TIARA AYU MAHARANI PUTRI KELAS : XII AKUNTANSI 1 SMK LAKSAMANA MARTADINATA

2 A. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN Sistem informasi penjualan dapat diartikan sebagai kesatuan pengolahan data penjualan Yang terintegrasi dan saling melengkapi. Sistem informasi menghasilkan output, baik dalam bentuk gambar, suara, maupun tulisan. Sistem informasi penjualan terdiri dari unsur-unsur berikut. 1.Sistem, adalah suatu kumpulan elemen dimana antara elemen-elemen tersebut memiliki hubungan dan ditujukan kearah pencapaian bersama. 2. Informasi, adalah hasil dari pengolahan data yang terorganisasi menjadi bentuk yang lebih berguna bagi pihak yang menerima nya serta menggambarkan suatu kejadian yang nyata dan dapat di gunakan sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan. 3. Penjualan, adalah suatu proses kegiatan penyerahan barang atau jasa yang telah di sepakati oleh kedua belah pihakl yang terkait dalam kegiatan tersebut.

3 B. KONSEP PENJUALAN DAN KONSEP PEMASARAN 1.KONSEP PENJUALAN ( SALES CONCEPT) Konsep penjualan adalah suatu konsepsi yang di miliki produsen yang mendasarkan pada Produk dan orientasi kegiatan penjualan. Konsep penjualan merupakan upaya yang lebih Menitikberatkan lancar nya penjualan, namun kepuasan konsumen kurang di perhatikan. Asumsi yang di gunakan dalam konsep penjualan antara lain: a.Konsumen cenderung membeli barang yang dianggap penting terlebih dahulu dan mengabaikan membeli barang yang di anggap kurang penting. b.Konsumen perlu di pengaruhi dengan suatu alat yang dapat menimbulkan minat untuk membeli. c.Tugas perusahaan adalah menarik minat dan mempertahan kan langganan Konsep penjualan dapat di gambarkan sebagai berikut: titik tolak sarana sarana akhir Promosi Dan penjualan Keuntungan melalui volume penjualan Hasil produksi

4 2. KONSEP PEMASARAN ( MARKETING CONCEPT ) Konsep pemasaran adalah konsepsi produsen yang berpandangan bahwa untuk menguasai Pasar harus dapat menyediakan produk sesuai dengan kebutuhan,keinginan,serta dapat Memuaskan konsumen. kegiatan penjualan hanya berlangsung ketika telah produk tersedia,Namun dalam konsep pemasaran, kegiatan pemasaran berlangsung mulai dari sebelum Produk dibuat sampai dengan produk telah sampai ke tangan konsumen. Konsep pemasaran dapat digambarkan sebagai berikut : titik tolak sarana sarana akhir Hasil produksi Usaha pemasaran terpadu Keuntungan melalui kepuasan konsumen

5 C. SISTEM PENJUALAN SEDERHANA dan SISTEM PENJUALAN MODERN 1.SISTEM PENJUALAN SEDERHANA Penjualan biasanya dilakukan secara langsung. Transaksi dilakukan secara langsung antara Pembeli dan penjual tanpa ada pesan perantara dalam penjualan ny. Barang langsung dijual di pasar tanpa mengetahui apakah barang tersebut dibutuhkan pasar atau tidak. Barang langsung Diserahkan,dan pembeli membayar sesuai dengan harga yang telah di sepakati. 2.SISTEM PENJUALAN MODERN sistem penjualan modern, penjualan terlebih dahulu mengadakan analisis pasar. Pnjualan bisa di lakukan lewat berbagai media seperti surat, telepon, atau pun internet. Alat pembayaran yang d pakai untuk pembayarannya pun bermacam-macam. Dalam sistem penjualan modern banyak lembaga yang terlibat dan sangat berperan dalam Pemasaran produk, diantaranya perwakilan prusahaan( manufacturer’s representative) ;pedagang besar(wholesaler);pedagang perantara(merchant middleman);agen perantara (agent middleman); dan wakil penjualan(sales representative).

6 D. PENERAPAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI PENJUALAN Penerapan sistem informasi dan teknologi penjualan dapat d lakukan dengan sistem Penjualan langsung dan sistem penjualan tidak langsung. 1.Penjualan langsung Penjuallan langsung merupakan cara penjualan dimana penjual berhadapan atau bertemu muka langsung dengan calon pembeli atau langganannya. Pembeli dapat mengemukakan keinginannya, bahkan sering terjadi tawar menawar Untuk mencapai kesesuaian. Penjual merupakan penghubung dan wakil perusaahan Dalam menghadapi pembeli. Penjualan langsung dapat di lakukan dengan 2 cara, yaitu Penjualan melalui toko & penjualan di luar toko. :)

7 A.PENJUALAN MELALUI TOKO Penjualan melalui toko sering di lakukan untuk penjualan eceran. Namun, tidak berarti bahwa penjualan eceran selalu di lakukan melalui toko. penjualan Dalam partai besar dapat juga dilakukan oleh penjual yang memiliki toko. B. PENJUALAN DI LUAR TOKO Penjualan di luar toko dapat di lakukan oleh tenaga penjual sebuah perusahaan, para pedagang kaki 5, atau pun oleh para penjajah keliling yang Menawarkan barangnya kerumah-rumah konsumen.

8 2. PENJUALAN TIDAK LANGSUNG Penjualan tidak langsung adalah cara penjualan yang sering di gunakan saat ini. Dengan memanfaatkan teknologi yang canggih,penjual dan pembeli dapat bertransaksi dengan mudah dan cepat tanpa harus berhadapan langsung.segala informasi tentang produk dapat diperoleh melalui telepon(telemarketing),mesin penjual otomatis,dan internet.faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya penjualan tidak langsung,antara lain: - Keterbatasan waktu yang dimiliki oleh pembeli maupun penjual, -Jarak antara lokasi penjual dengan pembeli cukup jauh, -Respon masyarakat terhadap sebuah iklan atau katalog, -Penghematan biaya promosi bagi perusahaan jika dibanding penggunaan tenaga penjual melalui pintu/door-to-door.

9 a.Penjualan melalui telepon (telemarketing) penjualan melalui telepon (telemarketing) adalah suatu saluran pemasaran yang Menggunakan sarana telekomunikasi untuk berhubungan dengan pelanggan atau pun Calon pelanggan dalam mengkomunikasikan produk yang dimiliki oleh perusahaan. Contohnya penawaran kartu kredit. b.Penjualan dengan mesin penjual otomotis(vending machine) penjualan dengan mesin penjual otomotis dapat dilakukan untuk jenis produk yang Relatif kecil bentuknya,seperti permen,minuman ringan,atau boneka. c.Penjualan melalui internet penjualan melalui internet sangat potensial untuk memasarkan produk ke seluruh Dunia.penjualan melalui internet dikenal dengan istilah toko online,e-commerce, Web store,ataupun virtual store.toko online adalah tempat terjadinya aktivitas perdagangan atau jual beli barang ke dalam suatu jaringan internet.

10 1.Jenis-jenis toko online Toko online dapat dibedakan berdasarkan pemilik,produk,harga pembuatan, Kegiatan yang dilakukan,dan target pasar. a)Berdasarkan pemiliknya b)Berdasarkan produk yang dijual c)Berdasarkan harga pembuatannya d)Berdasarkan kegiatan yang dapat dilakukuan dapat dibedakan menjadi: -sekedar menampilkan barang -dapat berbelanja di toko online -bisa langsung melakukan pembayaran e) Berdasarkan target pasar


Download ppt "MENERAPKAN SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI PENJUALAN NAMA POPY TIARA AYU MAHARANI PUTRI KELAS : XII."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google