Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Retail adalah pengecer. Pengecer berperan sebagai perantara yang berharga dengan menditribusikan produk langsung kepada pelanggan. Definisi Retail.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Retail adalah pengecer. Pengecer berperan sebagai perantara yang berharga dengan menditribusikan produk langsung kepada pelanggan. Definisi Retail."— Transcript presentasi:

1

2

3 Retail adalah pengecer. Pengecer berperan sebagai perantara yang berharga dengan menditribusikan produk langsung kepada pelanggan. Definisi Retail

4 Kebanyakan pengecer dapat diuraikan dengan karakteristik berikut : a.Jumlah Toko Toko pengecer independen hanya memiliki satu toko, sedangkan rantai usaha memiliki lebih dari satu toko. b.Kualitas Pelayanan Toko pengecer dengan jasa penuh biasanya menawarkan banyak bantuan penjualan untuk pelanggan dan memberikan pelayanan yang dibutuhkan. Karakteristik Retail

5 c.Variasi Produk Yang Ditawarkan Toko pengecer barang-barang spesial menspesialisasikan jenis produk tertentu, seperti peralatan olahraga, meubel, atau suku cadang kendaraan. d.Toko Melawan Bukan Toko Meskipun kebanyakan pengecer menggunakan toko untuk menawarkan jasa mereka, namun banyak juga yang tidak menggunakan toko. Tiga jenis pengecer bukan toko yang umum adalah pengecer older, situs, dan vending machines. Karakteristik Retail

6 Definisi E-Retailer E-retailer adalah pihak yang melakukan kegiatan retail melalui internet. E-retailer berperan penting dalam kegiatan e-retail. Mereka merupakan jasa layanan retail dan juga pengguna jasa retail.

7

8 Terdapat banyak sekali macam barang atau jasa yang ditawarkan dengan cara E Retailing yang diantaranya : a.Travel Konsumen dapat mengetahui informasi tentang paket-paket perjalanan atau wisata dan dapat memesan tiket langsung secara online. Contoh : airasia.com b.Fashion Konsumen dapat mengetahui trend fashion terbaru dan dapat memesan secara online barang-barang fashion yang diinginkan. Contoh :

9 c.Book and Music Konsumen dapat mencari informasi tentang buku terbitan terbaru dan lagu-lagu baru yang ada. Konsumen dapat secara online memesan buku yang diinginkan melalui toko online yang ada. Konsumen juga bisa mendownload lagu-lagu yang diinginkan baik secara free ataupun premium. Contoh : dan beemp3.com d.Software Konsumen dapat mengetahui pasar penjualan software yang ada dan melakukan pembelian secara online dan downloading. Contoh :

10 Dikarenakan persaingan bisnis yang sangat ketat karena adanya E Retaiing ini maka seorang Retailer perlu memperhatikan beberapa hal berikut : a. Menyiasati tekanan bisnis. b. Menganalisa biaya branding. c. Pembuatan web yang menarik dan interaktif. d. Mencari relasi yang potensial. e. Mempersiapkan dana untuk persiapan promosi.

11 Beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh dengan adanya E Retailing : a. Merupakan cara penjualan produk yang efektif dan cepat. b. Aman secara fisik. c. Mempunyai nilai Fleksibel. d. Perluasan pasar. e. Memperpendek jarak.

12

13

14

15 Dalam kegiatan bisnis dengan cara E Retailing terdapat beberapa karakteristik yang membedakannya dengan kegiatan bisnis lain, yaitu : a.Business to Consumer (B2C). b.Dijalankan dengan format digital/online. c.Mengupayakan goodwill untuk menarik konsumen (goodwill => value delivery). d.Memberikan garansi pelayanan. e.Menyediakan barang/jasa dengan harga yang relatif murah/terjangkau. f.Menyediakan pembayaran secara kredit. g.Menjual barang dengan spesifikasi standar. h.Memahami masalah pengepakan.

16

17

18 Klasifikasi E Tailing dapat didasarkan melalui macam saluran pendistribusiannya : a.Pemesanan/pengiriman barang/jasa melalui pos. b.Pemasaran online dari perusahaan manufaktur(komputer) : 1.Pure-play e-tailers : produsen yang melakukan penjualan melalui internet tanpa menggunakan perantara agen fisik(proses, agen, dan produk digital). 2.Click-and-mortar retailers : menggunakan baik proses digital maupun agen fisik.

19

20

21

22 Tidak semua pelaku bisnis menawarkan barang/jasa mereka dengan cara E Retailing. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal sebagai berikut : a.Produk yang dihasilkan tidak memungkinkan untuk dijual di web. b.Biaya-biaya yang dikeluarkan terlalu tinggi. c.Tidak ada peluang atau peluang terlalu kecil untuk melakukan bisnis secara online. d.Pelaku retail kurang memahami teknologi informasi. e.Penjualan produk tidak sevisi dengan bisnis inti.

23

24

25

26

27

28

29


Download ppt "Retail adalah pengecer. Pengecer berperan sebagai perantara yang berharga dengan menditribusikan produk langsung kepada pelanggan. Definisi Retail."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google