Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HUBUNGAN MASYARAKAT. Pengertian “Humas” Hubungan masyarakat adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HUBUNGAN MASYARAKAT. Pengertian “Humas” Hubungan masyarakat adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan."— Transcript presentasi:

1 HUBUNGAN MASYARAKAT

2 Pengertian “Humas” Hubungan masyarakat adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/ organisasi Hubungan masyarakat adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/ organisasi

3 1. Howard Bonhan ; Humas adalah suatu seni untuk menciptakan pengertian publik yang baik, yang dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap seeorang atau organiasasi tertentu. 2. James E Gruning ; Humas adalah cara melatih komunikasi antara organisasi dan masyarakatnya. 3. M.O.Palapah dan Atang S ; Humas adalah salah satu bentuk spesialisasi komunikasi yang bertujuan untuk memajukan saling mengerti dan bekerja sama antara semua publik yang berkepentingan guna mencapai keuntungan dan kepuasaan bersama. Pengertian Humas menurut para ahli

4 “SEJARAH HUMAS” Konsep Dasar Humas diperkenalkan pada tahun 1906 oleh Ivy Lee saat ia berhasil menjembatani konflik buruh batubara dan pengusaha. Konsep ini lalu dikenal sebagai Declaration of Principle (Deklarasi Azas-Azas Dasar) yaitu prinsip yang terbuka dan tidak menyembunyikan data dan fakta Di Indonesia Humas di Indonesia dikenal pada tahun 1950an dimana humas bertugas untuk menjelaskan peran dan fungsi-fungsi setiap kementrian, jawatan, lembaga, badan, dan lain sebagainya.

5 Contoh-contoh aktivitas humas adalah :  Sebuah siaran pers menyatakan bahwa perusahaan sudah berhasil mengembangkan cara untuk mendaur ulang sampah dari TPA untuk dijadikan plastik.  Perusahaan mensponsori acara olahraga atau acara amal besar (misalnya konser musik Peduli Aceh sponsor proyek bantuan bagi korban bencana tsunami).  Body Shop meminta seluruh operasi waralabanya melakukan proyek yang bisa memberi benefit pada masyarakat sekitarnya. Hal ini ikut membangun citra korporat positif di mata masyarakat dan juga memberi kebanggaan tersendiri pada para karyawan bahwa mereka bekerja di perusahaan yang begitu peduli.

6  McDonald’s meredam publisitas negatif dari kelompok pecinta lingkungan dengan menjalankan aktivitas patroli kebersihan di luar restauran. Kesamaan contoh-contoh di atas adalah kelayakannya untuk dijadikan berita serta sisi-sisi menarik yang bisa digali darinya, kasus-kasus itu menempatkan perusahaan di posisi terhormat dan memicu orang-orang untuk membicarakan perusahaan secara positif.  McDonald’s meredam publisitas negatif dari kelompok pecinta lingkungan dengan menjalankan aktivitas patroli kebersihan di luar restauran. Kesamaan contoh-contoh di atas adalah kelayakannya untuk dijadikan berita serta sisi-sisi menarik yang bisa digali darinya, kasus-kasus itu menempatkan perusahaan di posisi terhormat dan memicu orang-orang untuk membicarakan perusahaan secara positif.

7 KEGIATAN HUMAS Tujuh puluh persen dari kegiatan seorang humas berhubungan dengan tulis menulis selain tugas-tugas lainnya. Diantaranya adalah:  Merancang pesan tematik agar pesan yang disampaikan oleh organisasi memiliki keseragaman/ keterkaitan pesan. Contoh: Bank Niaga saat menggelar temaBank Niaga "Cinta  Melakukan segmentasi media, dimana seorang humas harus mampu memformulasikan keseimbangan saling dukung antara media cetak dan elektronik.  Komunikasi interaktif. Contohnya beberapa organisasi dalam merancang logonya melakukan pelibatan konsumen dimana dilakukan kompetisi merancang logo, contoh lain adalah rubrik konsultasi atau jasa layanan konsumen melalui telpon.

8 Humas dan pemasaran sesungguhnya mencakup keseluruhan proses perencanaan, implementasi dan evaluasi program-program komunikasi pemasaran sebagai penghubung perusahaan dengan konsumen serta masyarakat luas, sekaligus sebagai bagian dari strategi pemasaran dan strategi perusahaan secara keseluruhan (Anggoro, 2000 dalam, Purwaningwulan 2005). Humas membantu pemasaran dalam memotivasi para tenaga penjual, distributor, dan pengecer, mengembangkan loyalitas merek Serta mengatasi berbagai masalah konsumen. Humas dalam kaitannya dengan Pemasaran sangat penting untuk membangun brand awareness (kesadaran merek produk), membangun brand knowledge (pengetahuan merek produk) dan future market serta mendidik konsumen dan masyarakat mengenai manfaat produk yang ditawarkan. indikator yang digunakan untuk menggambarkan humas yaitu frekuensi pemberitaan di media massa, kedalaman pemberitaan di media massa, kualitas berita yang positip di media massa, keragaman materi informasi yang tersedia di web dan kemudahan mengakses web. Humas dan pemasaran sesungguhnya mencakup keseluruhan proses perencanaan, implementasi dan evaluasi program-program komunikasi pemasaran sebagai penghubung perusahaan dengan konsumen serta masyarakat luas, sekaligus sebagai bagian dari strategi pemasaran dan strategi perusahaan secara keseluruhan (Anggoro, 2000 dalam, Purwaningwulan 2005). Humas membantu pemasaran dalam memotivasi para tenaga penjual, distributor, dan pengecer, mengembangkan loyalitas merek Serta mengatasi berbagai masalah konsumen. Humas dalam kaitannya dengan Pemasaran sangat penting untuk membangun brand awareness (kesadaran merek produk), membangun brand knowledge (pengetahuan merek produk) dan future market serta mendidik konsumen dan masyarakat mengenai manfaat produk yang ditawarkan. indikator yang digunakan untuk menggambarkan humas yaitu frekuensi pemberitaan di media massa, kedalaman pemberitaan di media massa, kualitas berita yang positip di media massa, keragaman materi informasi yang tersedia di web dan kemudahan mengakses web.


Download ppt "HUBUNGAN MASYARAKAT. Pengertian “Humas” Hubungan masyarakat adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google