Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mengenal dan Menjalin Hubungan dengan Media. Public Relations bertanggung jawab untuk berurusan dengan media dan pengurus media dengan membangun dan memelihara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mengenal dan Menjalin Hubungan dengan Media. Public Relations bertanggung jawab untuk berurusan dengan media dan pengurus media dengan membangun dan memelihara."— Transcript presentasi:

1 Mengenal dan Menjalin Hubungan dengan Media

2 Public Relations bertanggung jawab untuk berurusan dengan media dan pengurus media dengan membangun dan memelihara hubungan yang saling menghargai dan percaya. Bukan pekerjaan mudah membangun,memelihara hubungan dengan jurnalis karena perbedaan tujuan dalam komunikasi. Public Relations bertanggung jawab untuk berurusan dengan media dan pengurus media dengan membangun dan memelihara hubungan yang saling menghargai dan percaya. Bukan pekerjaan mudah membangun,memelihara hubungan dengan jurnalis karena perbedaan tujuan dalam komunikasi.

3 Tanggung jawab dan loyalitas yang saling bertentangan Antara praktisi PR dan jurnalis memiliki tujuan dan loyalitas yang bertentangan. Antara praktisi PR dan jurnalis memiliki tujuan dan loyalitas yang bertentangan. Praktisi Public Relations Praktisi Public Relations Tanggung jawab utama dari PR tertuju kepada perusahaan induk atau perusahaan kliennya, selama hal itu tidak bertentangan dengan kode etik PR, segala peraturan hukum yang berlaku, serta kepentingan umum. Tanggung jawab utama dari PR tertuju kepada perusahaan induk atau perusahaan kliennya, selama hal itu tidak bertentangan dengan kode etik PR, segala peraturan hukum yang berlaku, serta kepentingan umum.

4 Tugas pokok seorang PR adalah menjalankan program-program PR yang telah direncanakan serta disetujui sebelumnya, dengan tujuan memaksimalkan pengetahuan atau aspek-aspek lainnya dari organisas/perusahaan atau klien. Tugas pokok seorang PR adalah menjalankan program-program PR yang telah direncanakan serta disetujui sebelumnya, dengan tujuan memaksimalkan pengetahuan atau aspek-aspek lainnya dari organisas/perusahaan atau klien.

5 Sedangkan Jurnalis Tanggung jawab utama para jurnalis terarah kepada pihak perusahaan penerbit yang segala kebijakannya harus berdasarkan pengarahan dari sang editor atau pimpinan redaksi. Tanggung jawab utama para jurnalis terarah kepada pihak perusahaan penerbit yang segala kebijakannya harus berdasarkan pengarahan dari sang editor atau pimpinan redaksi. Kerana tuntutan untuk memuaskan para pembaca, pendengar atau pemirsa, maka para jurnalis akan memuat hal-hal yang akan menarik minat mereka. Kerana tuntutan untuk memuaskan para pembaca, pendengar atau pemirsa, maka para jurnalis akan memuat hal-hal yang akan menarik minat mereka.

6 Guidelines untuk Media Relations yang baik Karena perbedaan kepentingan antara jurnalis dan Public Realtions maka akan sulit menjaga hubungan keduanya.

7 Kunjungan-kunjungan pada penerbit, stasiun radio, studio televisi dan lainnya. Mengenal orang-orang media sehingga dapat menelpon untuk menanyakan hal-hal penting seperti tengat waktu, dan lainnya Kunjungan-kunjungan pada penerbit, stasiun radio, studio televisi dan lainnya. Mengenal orang-orang media sehingga dapat menelpon untuk menanyakan hal-hal penting seperti tengat waktu, dan lainnya

8 Hal-hal pokok perihal pers yang harus diketahui oleh praktisi PR: Kebijakan editorial, yang melandasi pemilihan subjek-subjek yang akan dicetak atau diterbitkan. Kebijakan editorial, yang melandasi pemilihan subjek-subjek yang akan dicetak atau diterbitkan. Frekuensi penerbitan. Jangka waktu terbit, harian, mingguan, bulanan dan lainnya. Frekuensi penerbitan. Jangka waktu terbit, harian, mingguan, bulanan dan lainnya. Tanggal terbit. Kapan berita akan dimuat sehingga dapat memberikan informasi secara tepat. Tanggal terbit. Kapan berita akan dimuat sehingga dapat memberikan informasi secara tepat.

9 Proses percetakan. Proses percetakan. Daerah sirkulasi. Daerah sirkulasi. Jangkauan pembaca Jangkauan pembaca metode distribusi metode distribusi

10 Terdapat beberapa peraturan dasar untuk Public Relations: Shoot squarely. Kejujuran merupakan kebijakan terbaik. PR di harapkan berkata yang jujur pada media. Shoot squarely. Kejujuran merupakan kebijakan terbaik. PR di harapkan berkata yang jujur pada media. Give service. Pr diharapkan dapat memberikan layanan yang baik pada media. Diantaranya menulis news release sesuai dengan kaidah jurnalis dan menarik. Memberikan salinan bahan yang menunjang berita, memberikan phot atau gambar. Siap menjawab pertanyaan dari wartawan. Bisa ditelpon dan menelpon jurnalis. Give service. Pr diharapkan dapat memberikan layanan yang baik pada media. Diantaranya menulis news release sesuai dengan kaidah jurnalis dan menarik. Memberikan salinan bahan yang menunjang berita, memberikan phot atau gambar. Siap menjawab pertanyaan dari wartawan. Bisa ditelpon dan menelpon jurnalis.

11 Jangan mengemis. Sebagai praktisi PR tidak boleh memohon pada media untuk pemberitaan bagus atau mengatur isi berita. PR harus mampu membuat berita yang akan dimuat oleh media secara menarik. Kemampuan PR dalam menjaga hubungan baik akan membuat PR mampu untuk mengatasi pemberitaan di media. Jangan mengemis. Sebagai praktisi PR tidak boleh memohon pada media untuk pemberitaan bagus atau mengatur isi berita. PR harus mampu membuat berita yang akan dimuat oleh media secara menarik. Kemampuan PR dalam menjaga hubungan baik akan membuat PR mampu untuk mengatasi pemberitaan di media. Do not ask to kills. Jangan [pernah meminta secara langsung pada jurnalis untuk tidak memberitakan atau memotong berita. Untuk mengatasi pemberitaan yang kurang baik, PR harus mampu menjawab dan memberikan informasi yang tepat. Do not ask to kills. Jangan [pernah meminta secara langsung pada jurnalis untuk tidak memberitakan atau memotong berita. Untuk mengatasi pemberitaan yang kurang baik, PR harus mampu menjawab dan memberikan informasi yang tepat.

12 MEMAHAMI PERS Kekuatan pers Kekuatan pers Pers penting untuk kegiatan bisnis Pers penting untuk kegiatan bisnis Apa yang dibutuhkan wartawan? Apa yang dibutuhkan wartawan? Bagaimana menghubungi media? Bagaimana menghubungi media?

13 Apa yang dibutuhkan wartawan? Apa yang dibutuhkan wartawan? Berita Berita Perangkat untuk memahami media : Perangkat untuk memahami media : 1. Bidang media? 2. Pasar media? 3. Jenis berita ? 4. Rutinitas media? 5. Redaktur? Editor?

14 Efektif media relations dimulai dengan mengenal media serta kebutuhan dan pendekatan terhadap media disesuaikan dengan jenis medianya. Ada beberapa jenis media secara umum: Efektif media relations dimulai dengan mengenal media serta kebutuhan dan pendekatan terhadap media disesuaikan dengan jenis medianya. Ada beberapa jenis media secara umum:

15 Surat kabar harian. Surat kabar yang terbit setiap hari. Karena terbit harian maka deadlinenya pun sangat singkat. Banyak pers release yang diterima surat kabar namun hanya yang menarik yang akan dimuat. Terdiri dari banyak pekerja yang siap dengan jadwal ketat. Surat kabar harian. Surat kabar yang terbit setiap hari. Karena terbit harian maka deadlinenya pun sangat singkat. Banyak pers release yang diterima surat kabar namun hanya yang menarik yang akan dimuat. Terdiri dari banyak pekerja yang siap dengan jadwal ketat. Surat kabar mingguan. Lebih banyak bersifat lokal, sehingga pemberitaan yang berhubungan dengan daerah itu dan berita menarik lainya. Dengan sumber daya manusia yang terbatas tidak terlalu banyak. Surat kabar mingguan. Lebih banyak bersifat lokal, sehingga pemberitaan yang berhubungan dengan daerah itu dan berita menarik lainya. Dengan sumber daya manusia yang terbatas tidak terlalu banyak. Majalah regional/nasional. Majalah yang terbit dalam jangka waktu tertentu. Terdiri dari sumber daya manusia yang terbatas. Pendapatan banyak dari iklan yang dipasang dan openjualan majalah. Majalah regional/nasional. Majalah yang terbit dalam jangka waktu tertentu. Terdiri dari sumber daya manusia yang terbatas. Pendapatan banyak dari iklan yang dipasang dan openjualan majalah.

16 Trade magazines. Terdiri dari sumber daya manusia yang terbatas. Banyak menggunakan penulis partime, dan penulis lepas yang ahli dibidangnya. Trade magazines. Terdiri dari sumber daya manusia yang terbatas. Banyak menggunakan penulis partime, dan penulis lepas yang ahli dibidangnya. Special-interest publications. Media yang memuat berita dengan target khalayak tertentu sesuai dengan ketertarikan mereka. Special-interest publications. Media yang memuat berita dengan target khalayak tertentu sesuai dengan ketertarikan mereka. Newsletters, merupakan informasi yang muat satu subjek untuk menjelaskan atau pemberitahuan. Newsletters, merupakan informasi yang muat satu subjek untuk menjelaskan atau pemberitahuan.

17 regional/nasional televisi. Media massa audio visual yang mampu menjangkau banyak khalayak dengan informasi berupa, berita, hiburan, pendidikan, dan lainnya. regional/nasional televisi. Media massa audio visual yang mampu menjangkau banyak khalayak dengan informasi berupa, berita, hiburan, pendidikan, dan lainnya. Cable televisi, merupakan siaran TV terbatas dengan program-program acara khusus. Cable televisi, merupakan siaran TV terbatas dengan program-program acara khusus. Regional/nasional radio. Radio Am dan FM merupakan siaran audio yang terdiri dari hiburan, berita, dan lainnya. Regional/nasional radio. Radio Am dan FM merupakan siaran audio yang terdiri dari hiburan, berita, dan lainnya.

18 Wire service, membutuhkan kecepatan dan keakuratan data. Wire service, membutuhkan kecepatan dan keakuratan data. Internet/on-line service. Merupakan perkembangan media yang paling interktif. Kecepatan dan mampu menjangkau khalayak luas dengan waktu bersamaan secara individual. Internet sangat membantu kalangan media untuk mengirim berita dan lainya. Juga bagi organisasi, dengan adanya internet dan intranet maka sangat membantu jaringan komunikasi. Internet/on-line service. Merupakan perkembangan media yang paling interktif. Kecepatan dan mampu menjangkau khalayak luas dengan waktu bersamaan secara individual. Internet sangat membantu kalangan media untuk mengirim berita dan lainya. Juga bagi organisasi, dengan adanya internet dan intranet maka sangat membantu jaringan komunikasi.


Download ppt "Mengenal dan Menjalin Hubungan dengan Media. Public Relations bertanggung jawab untuk berurusan dengan media dan pengurus media dengan membangun dan memelihara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google