Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS MEDIA PERIKLANAN LECTURER NOTE RETNO BUDI LESTARI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS MEDIA PERIKLANAN LECTURER NOTE RETNO BUDI LESTARI."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS MEDIA PERIKLANAN LECTURER NOTE RETNO BUDI LESTARI

2 PENDAHULUAN Meskipun pesan efektif untuk periklanan yang sukses, pesan tidak akan menjadi berarti jika media periklanan tidak dapat menjangkau khalayak sasaran yang dimaksud. Bab ini akan menguraikan / membahas media massa. Tim kreatif dan spesialis media harus membentuk tim untuk merancang iklan yg efektif.

3 Tinjauan Pada Media Utama Media periklanan : Metode komunikasi umum yang membawa pesan periklanan Sarana (vehicles) : program siaran khusus atau pilihan posisi cetak di mana iklan dipasang

4 Media iklan Utama Televisi, Radio, surat kabar,majalah dan iklan outdoor pada papan reklame. Setiap media dan sarana memiliki sifat/karakteristik dan kelebihan yang unik. Nilai sebuah media tergantung dari keadaan yg dihadapi merek, tujuan periklannannya, sasaran dan anggaran

5 Periklanan di luar rumah (Out of Home) 1.Periklanan melalui Papan Reklame a. Panel Poster b. Buletin Lukis (painted bulletin)

6 Periklanan di luar rumah (Out of Home) KEKUATAN Jangkauan luas dan frekuensi tinggi Fleksibel secara geografis Biaya per seribu yang rendah Identifikasi merek yg tetap Pengingat sebelum membeli produk KETERBATASAN Tidak selektif Waktu terpa yang singkat Susah untuk mengukur jumlah khalayaknya Masalah Lingkungan

7 Surat Kabar KEKUATAN Khalayak berada pada kerangka tepat untuk memproses pesan Jangkauan khalayak yang luas Fleksibel Mampu menyajikan pesan yg rinci Tidak terbatas oleh waktu (timeliness) KETERBATASAN Clutter (tidak beraturan) Bukan media yang sangat efektif Harga yg tinggi untuk pengiklan berkala Mutu reproduksi menengah Pembelian yang rumit bagi pengiklan nasional Komposisi para pembaca bisa berubah.

8 Majalah Perlu diperhatikan pemilihan majalah yang tepat untuk menjangkau pasar sasaran pengiklan.

9 Kekuatan dan keterbatasan periklanan di Majalah KEKUATAN Beberapa majalah menjangkau khalayak luas Selektifitas Daya tahan yang lama Mutu reproduksi yang tinggi Kemampuan menyajikan informasi yang rinci. Penyampaian informasi otoritatif Potensi keterlibatan tinggi. KETERBATASAN Tidak mengganggu Tenggang waktu yang lama Clutter (ketidakberaturan) Pilihan geografis yang agak terbatas Keanekaragaman pola sirkulasi oleh pasar.

10 Radio Dari masa ke masa, peranan radio selalu penting. Bermunculannya berbagai media elektronik, termasuk maraknya Internet pun, tidak menenggelamkan radio sebagai salah satu media pilihan konsumen. Karenanya, iklan di radio tetap perlu untuk dipertimbangkan dalam integrated marketing communication (IMC) sebuah brand campaign.

11 Pembelian waktu Radio Beberapa pertimbangan mempengaruhi pilihan stasiun : 1.Format stasiun 2.Pilihan daerah-daerah geografis yg akan dijangkau 3.Pilihan bagian hari

12 Kekuatan dan keterbatasan periklanan Radio KEKUATAN Mencapai khalayak yang tersegmentasi Mencapai calon pelanggan pada tingkat perorangan dan akrab. Ekonomis Tenggang waktu yang pendek mentransfer cerita dari televisi kepribadian lokal. KETERBATASAN Clutter (ketidakberaturan) Tidak dapat menggunakan visualisasi Perpecahan (fraksionalisasi) khalayak Kesulitan membeli waktu radio.

13 Televisi Perlu diperhatikan dalam periklanan TV: Segmen pemrograman Televisi - Prime time - Day time - Fringe Times

14 Kekuatan dan Keterbatasan Periklanan melalui Televisi KEKUATAN Mendemonstrasikan penggunaan produk Muncul tanpa diharapkan Mampu memberikan kegembiraan Dapat menggunakan humor Efektif dengan tenaga penjualan perusahaan dan perdagangan. Kemampuan mencapai dampak yang diinginkan KELEMAHAN Biaya periklanan yang meningkat dengan cepat. Erosi penonton Televisi Fraksionalisasi penonton Zipping dan Zapping Clutter.

15 Infomercial Merupakan segmen- segmen iklan yg full diputar melalui televisi dan berlangsung menit.

16 Media Periklanan Interaktif Media interkatif lebih unggul daripada media tradisional karena kemampuannya untuk melengkapi para konsumen dengan kendali untuk memilih informasi iklan uang ingin mereka terima atau tolak.


Download ppt "ANALISIS MEDIA PERIKLANAN LECTURER NOTE RETNO BUDI LESTARI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google