Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

` TUGAS UTS. ` NAMA KELOMPOK ZULKHAEDYR (08230017) M TASRIP WS (08230021) TAUFIQURACHMAN(08230025) TRINO SETIAWAN(08230020)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "` TUGAS UTS. ` NAMA KELOMPOK ZULKHAEDYR (08230017) M TASRIP WS (08230021) TAUFIQURACHMAN(08230025) TRINO SETIAWAN(08230020)"— Transcript presentasi:

1 ` TUGAS UTS

2 ` NAMA KELOMPOK ZULKHAEDYR ( ) M TASRIP WS ( ) TAUFIQURACHMAN( ) TRINO SETIAWAN( )

3 SEJARAH DEMOKRASI Sistem Demokrasi terkenal sejak aman Yunani kuno abat 6 s.d 3 SM. Sistem demokrasi yang berlaku pada saat itu adalah DEMOKRASI LANGSUNG dengan suatu majelis yang terdiri atas orang.

4 PENDEKATAN TERHADAP KONSEP DEMOKRASI SEJARAH DEMOKRASI DEMOKRASI MAXIMALIS DEMOKRASI MINIMALIS

5 PENDEKATAN TERHADAP KONSEP DEMOKRASI SEJARAH DEMOKRASI DEMOKRASI MINIMALIS Pertama kali muncul adalah pendekatan klasik normatif yang lebih membicarakan ide-ide dan model-model demokrasi secara substansial.pendekatan konvensional minimalis cenderung membatasi makana demokrasi sebagai sistem politik yang berbeda dengan sistem ekonomi dan sosial. Satu argumen bagi definisi terbatas semacam itu adalah bahwa jika isu-isu tentang demokrasi ekonomi dan sosial dimasukkan, maka konsep demokrasi akan menjadi begitu luas, dan realitas empiris yang sesuai dengan teori ini akan menjadi sempit sehingga menyulitkan untuk mengkaji fenomena yang ada.

6 PENDEKATAN TERHADAP KONSEP DEMOKRASI SEJARAH DEMOKRASI DEMOKRASI MAXIMALIS Para pemikir lain menyukai definisi demokrasi yang maximalis dengan memasukkan dimensi non politik (sosial, budaya dan ekonomi) kebebasabn sebagai obsesi demokrasi tidak hanya di bidang politik, tetapi juga sosial, ekonomi dan budaya juga bebas dari ketidakadilan, kemiskinan, kelaparan dan kebodohan. Para pemikir seperti Marx, russau, John Stuat Mill sepakat bahwa ketimpangan ekonomi merupakan kendala bagi pertumbuhan politik yang demokratis(Uhlih, 1995:54)

7 REVIEW DEMOKRASI SEJARAH DEMOKRASI Aristoteles membedakannya berdasarkan dua kriteria pokok berdasarkan jumlah orang yang memegang pucuk pemerintahan berdasarkan kualitas pemerintahannya (dalam arti apakah pemerintahan tersebut dijalankan untuk kepentingan umum atau untuk kepentingan pribadi/ kelompok para penguasa)

8 REVIEW DEMOKRASI SEJARAH DEMOKRASI Jumlah orang yang Memerintah Bentuk Negara IdealPenyimpangan Satu Beberapa Banyak Monarkhi Aristokrasi Politeia Tirani Oligarkhi Demokrasi

9 ARTI DEMOKRASI SECARA HARFIAH DEMOKRASI ADALAH PEMERINTAHAN DARI RAKYAT, OLEH RAKYAT, DAN UNTUK RAKYAT Demokrasi adalah pemerintahan dengan segenap kegiatan yang dikelola dengan menjadikan rakyat sebagai subyek dan titik tempu, Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang bertumpu pada daulat rakyat.

10 ARTI DEMOKRASI THE PEOPLE FROM BY FOR

11 CIRI- CIRI DEMOKRASI HAKEKAT DEMOKRASI PARTISIPASI POLITIK LUAS KOMPETISI POLITIK YANG SEHAT SIRKULASI POLITIK YANG TERJAGA PENGAWASAN TERHADAP KEKUASAAN YANG EFEKTIF ADANYA TATA KRAMA POLITIK YANG DISEPAKATI MASYARAKAT DIAKUI KEHENDAK MAYORITAS

12 SYARAT DEMOKRASI HAKEKAT DEMOKRASI KEBEBASAN MEMBENTUK DAN TERGABUNG DALAM ORGANISASI KEBEBASAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT HAK MEMILIH DALAM PEMILU, HAK MENDUDUKI JABATAN PUBLIK HAK PARA PEMIMPIN UNTUK BERSAING MEMPEROLEH DUKUNGAN DAN SUARA PEMILU YANG JUJUR DAN ADIL TERSEDIANYA SUMBER INFORMASI ALTERNATIF ROBETH DAHL (1973:7), Mengemukakan bahwa ciri khas demokrasi adalah sikap tanggap pemerintah secara terus menerus terhadap preferensi atau keinginan warga negaranya SYARAT

13 ALUR PERKEMBANGAN DEMOKRASI MAINSTREAM MENUJU DEMOKRASI PRA TRANSISI LIBERALISASI TRANSISI KONSOLIDASI Meluasnya hak-hak politik, ledakan partisipasi politik, peluang kompetisi politik terbuka,dilepa skanya tahanan politik,pers semakin bebas Kitik dan perlawanan thd rezim menguat,Rezim krisis ekonomi,Rezim pecah secara internal, militer pecah secara internal, tuntutan perubahan menguat Keruntuhan rezim otoriter,pemilu yang bebas,tumbuh lembaga baru, peraturan politik berganti Perangkat keras telah tertata,banyak orang baru yang bersih, mekanisme kerja baru telah beroprasi

14 TRANSISI DEMOKRASI ALUR PERKEMBANGA N DEMOKRASI Transisi adalah awal terpenting yang sangat menentuikan dalam proses demokrasi. Sebagian besar kajian dari para ilmuan difokuskan pada transisi menuju demokrasi itu. Dalam transisi pasti terjadi liberalisasi yang mungkin akan diakhiri dengan instalasi demokrasi

15 Transisi berdasarkan rute ALUR PERKEMBANGA N DEMOKRASI Intervensi dari luar yang meliputi Granada dan panama Replacment atau pergantian atau tekanan oposisi dari bawah meliputi Filipina, Argentina. Transisi lewat Transplacement atau negoisasi antara rezim yang berkuasadengan oposisi seperti Nepal, Nikarague, Mongolia, Brailia, Salvador, Korea selatan, Afrika selatan Tranformasi yang diprakasai dari atas rezim seperti Taiwan, Mexico, India, chile, Turki, Brasil, Peru,Ekuador, Guetamala, Pakistan serta Sudan.

16 GELOMBANG DEMOKRATISASI MODERN MAINSTREAM MENUJU DEMOKRASI GELOMBANG PANJANG DEMOKRATISASI PERTAMA ( ) yg berakar pd revolusi Prancis GELOMBANG BALIK PERTAMA ( ) Ditandai adanya kecenderungan demokrasi yg mengecil dan munculnya rezim otoriter menjelang PD II GELOMBANG PENDEK DEMOKRASI KE DUA( ) ditandai munculnya lembaga demokrasi di wilayah pendudukan sekutu pada masa PD II GELOMBANG MENUJU DEMOKRASI MENURUT SAMUEL HUNGTINTON(1991)

17 GELOMBANG DEMOKRATISASI MODERN MAINSTREAM MENUJU DEMOKRASI GELOMBANG PENDEK DEMOKRASI KE DUA( ) ditandai munculnya lembaga demokrasi di wilayah pendudukan sekutu pada masa PD II GELOMBANG DEMOKRASI KE TIGA(1974-…..) ditandai dg munculnya rezim demokratis menggantikan rezim totaliter disekitar 30 negara dlm kurun waktu 15 tahun GELOMBANG MENUJU DEMOKRASI MENURUT SAMUEL HUNGTINTON(1991)

18 HAK ASASI MANUSIA HAM Ham adalah hak asasi manusia yang diperoleh dan dibawanya bersama dengan kelahiran serta kehadiranya dalam kehidupan masyarakat, tanpa membedakan bangsa, ras, agama, dan jenis kelamin kerena sifanya yang asasi dan universal.

19 HAK ASASI MANUSIA HAM Menurut Undang-Undang No 39 tahun 1999 tentang HAM dalam pasal 1 Hak Asasi Manusia adaläh : seperangkat hak yang melekat pada hakikát dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demikehormatan dan perlindunganharkat dan martabat manusia.

20 MACAM-MACAM HAM HAM HAK UNTUK HIDUP HAK BERKELUARGA DAN MELANJUTKAN KETURUNAN HAK MENGEMBANGKAN DIRI HAK KEADILAN HAK KEMERDEKAAN HAK ATAS KEBEBASAN INFORMASI HAK KEAMANAN HAK KESEJAHTERAAN

21 HAK-HAK KORBAN PELANGGARAN HAM HAK-HAK KORBAN HAM KOMPENSASI RESTITUSI REHABILIASI

22 HAK-HAK KORBAN PELANGGARAN HAM HAK-HAK KORBAN HAM KOMPENSASI Adalah ganti rugi yang diberikan negara kepada korban pelanggaran hak asasi manusia yang berat, kerena pelaku tidak mampu memberikan ganti kerugian sepenuhnya yang menjadi tangung jawabnya.

23 HAK-HAK KORBAN PELANGGARAN HAM HAK-HAK KORBAN HAM RESTITUSI Adalah ganti kerugian yang diberikan kepada korban atau keluarganya oleh pelaku atau pihak ketiga, yang dapat berupa pengambilan harta milik, pembayaran ganti rugi untuk kehilangan atau penderitaan, atau pengantian tindakan tertentu.

24 HAK-HAK KORBAN PELANGGARAN HAM HAK-HAK KORBAN HAM REHABILITASI Adalah pemulihan nama baik atau kedudukan harkat dan martabat semula, atau hak seseorang untuk mendapatkan pemulihan haknya dalam kemampuan, kedudukan, serta martabatnya semula (darwan prints, 2001: 41)

25 PELANGGARAN DAN PERJUANGAN HAM PELANGGARAN HAM PERJUANGAN TERHADAP APARTHEID Aparteid adalah sebuah bahasa afrika yang berarti ‘’pemisahan’’. Dalam kenyataanya, kata ini dimaksudkan sebagai suatu sistem pemisahan, penindasan, dan exploitasi yang terlembaga dimana kebebasan bergerak dan hak politik, sosial, dan ekonomi orang-orang yang bukan kulit putih dibatasi dengan ttegas dan ketatt..

26 PELANGGARAN DAN PERJUANGAN HAM Genosida adalah pembunuhan besar-besaran dan berencana secara sistematis erhadap suatu suku bangsa atau ras tertentu, dengan cara: a.membunuh anggota kelompok; b.mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok; c.menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya; d.memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok; atau e.memindahkan secara paksa anak-anak dan kelompok tertentu ke kelompok lain. PELANGGARAN HAM

27 PELANGGARAN DAN PERJUANGAN HAM EKSPLOITASI ANAK adalah kerena minimnya perlindungan terhadap mereka, padahal mereka masih membutuhkan perlindungan kerena kemiskinan menimbulkan kerentanan ganda bagi mereka dan keluarga mereka. Banyak cara penyamaran exploitasi anak tetapi, semuanya didasarkan pada pemanfaatan kelemahan dan ketidak berdayaan anak. Kerena itu mereka tidak mempunyai pilihan lain. PELANGGARAN HAM

28 KESIMPULAN HAM HAM ADALAH HAK KODRATI YANG DIBERIKAN TUHAN KEPADA MANUSIA SEJAK IA DILAHIRKAN WALAUPUN BANYAK LANDASAN HUKUM DAN PERATURAN YANG DIBUAT MENGENAI HAM, NAMUN PELANGGARAN ITU MASIH SAJA TERJADI. DAN PARA PELANGGAR HUKUM ITU SENDIRI JARANG YANG MENDAPATKAN HUKUMAN BERDASARKAN KETENTUAN DAN KESALAHAN YA ATAU SAMA SEKALI TIDAK MENDAPATKAN SANGSI


Download ppt "` TUGAS UTS. ` NAMA KELOMPOK ZULKHAEDYR (08230017) M TASRIP WS (08230021) TAUFIQURACHMAN(08230025) TRINO SETIAWAN(08230020)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google