Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MGMP PKN PPPK PETRA Demokrasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MGMP PKN PPPK PETRA Demokrasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara."— Transcript presentasi:

1 MGMP PKN PPPK PETRA Demokrasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara

2 Definisi ( secara etimologis ) Demos = rakyat Kratos/ kratein= pemerintahan ( Bhs.Yunani )

3 MGMP PKN PPPK PETRA DEMOKRASI Membangun Demokrasi Penerapan HAKIKAT PENGERTIAN Makna Demokrasi Prinsip-Prinsip Demokrasi Prinsip Demokrasi Pancasila Pelaksanaan Demokrasi Di indonesia Pentingnya kehidupan yang Demokrasi Perilaku yang mendukung tegaknya Demokrasi

4 MGMP PKN PPPK PETRA Pemerintahan dari rakyat kekuasaan yang dimiliki oleh pemerintah ( penguasa ) itu pada dasarnya berasal dari rakyat. Pemerintahan oleh rakyat rakyat sendirilah yang menjalankan kehidupan negara. Pemerintahan untuk rakyat pemerintah melaksanakan pemerintahan untuk melayani kepentingan rakyat yaitu untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

5 MGMP PKN PPPK PETRA Apakah dalam membahas segala permasalahan, misalnya pembagian kerja, peraturan keluarga, pilihan sekolah dilakukan melalui musyawarah? Apakah kalian diberi kebebasan untuk mengemukakan pendapat dalam musyawarah tersebut?

6 MGMP PKN PPPK PETRA Demokrasi pada hakikatnya merupakan pembuatan keputusan bersama / kolektif. Keputusan bersama adalah : keputusan yang menyangkut kepentingan bersama banyak orang, sehingga dalam proses pengambilan keputusan tiap-tiap anggota mempunyai hak yang sama. Dalam demokrasi ada dua prinsip sering disebut Prinsip kembar antara lain : a. Adanya pengawasan anggota terhadap proses pembuatan keputusan bersama. b. Adanya kesamaan hak dalam menjalankan pengawasan tersebut. Demokrasi selalu terkait dengan proses pembuatan keputusan bersama pada semua bentuk kehidupan bersama.

7 Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, demokrasi merupakan istilah politik yang berarti pemerintahan rakyat. Hal tersebut bisa diartikan bahwa dalam sebuah negarademokrasi kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat dan dijalankan langsung oleh mereka atau wakil- wakil yang mereka pilih di bawah sistem pemilihan bebas.

8 MGMP PKN PPPK PETRA ABRAHAM LINCOLN Dalam pandangan Abraham Lincoln, demokrasi adalah suatu sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.

9 MGMP PKN PPPK PETRA Ciri – Ciri ( Pilar ) Demokrasi 1.Kedaulatan Rakyat. 2.Pemerintahan didasarkan pada persetujuan rakyat. 3. Pemerintahan mayoritas dan Perlindungan hak-hak minoritas. 4. Jaminan hak – hak asasi manusia. 5. Pemilu yang bebas dan adil. 6. Persamaan didepan hukum. 7. Perlindungan hukum. 9. Penghargaan pada keberagaman. 10. Penghargaan terhadap nilai-nilai demokrasi. 8. Pemerintahan dibatasi Oleh Konstitusi

10 MGMP PKN PPPK PETRA 1 Kedaulatan Rakyat kekuasaan tertinggi ada pada rakyat,rakyat mendelegasikan kekuasaan kepada penguasa ( legeslatif, eksekutif dan yudikatif ). 2. Pemerintahan didasarkan pada persetujuan rakyat a danya pengawasan rakyat terhadap pemerintahan. 3 Pemerintahan mayoritas dan perlindungan hak-hak minoritas keputusan yang diambil harus sesuai kehendak mayoritas rakyat dan menghormati hak – hak minoritas. 4. Jaminan hak – hak asasi adanya jaminan hak asasi yang dinyatakan secara tegas dalam konstitusi. 5. Pemilu yang bebas dan adil adanya pergantian pimpinan pemerintahan secara damai dan teratur agar kedaulatan rakyat tidak diselewengkan.

11 6. Persamaan di depan hukum adanya persamaan politik ( setiap warga negara mempunyai kesempatan yang sama untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan keputusan politik ). 7. Perlindungan hukum adanya perlindungan hukum warga negara dari tindakan sewenang-wenang pemguasa. 8. Pemerintahan dibatasi oleh konstitusi pemerintahan demokrasi dijalankan sesuai prinsip supremasi hukum. 9. Penghargaan pada keberagaman tiap-tiap kelompok sosial budaya, ekonomi dan politik diakui dan dijamin keberadaannya. 10. Penghargaan terhadap nilai – nilai demokrasi kehidupan negara senantiasa diwarnai oleh toleransi, kemanfaatan, kerja sama dan konsensus.

12 MGMP PKN PPPK PETRA Kehidupan Otoriter dan kehidupan Demokratis. Ciri – ciri Otoriter 1. Negara diselenggarakan berdasarkan kekuasaan penguasa. 2. Kekuasaan dimonopoli oleh militer. 3. Keberagaman masyarakat diakui, tetapi sangat terbatas. 4. Kebebasan dan hak-hak politik masyarakat dibatasi. 5. Pemerintah mengontrol pendapat masyarkat. 6. Kelompok masyarakat yang bersikap kritis terhadap pemerintah ditindas. 7. Kebijakan umum dibuat untuk menguntungkan penguasa serta sebagian masyarakat yang dekat dengan penguasa. Ciri –ciri Demokratis 1. Negara diselenggarakan berdasarkan kedaulatan rakyat. 2. Kekuasaan didelegasikan kepada lembaga negara. 3. Keberagaman masyarakat diakui, dijamin melalui prinsip persamaan didepan hukum. 4. Kebebasan dan hak – hak politik masyarakat diakui dan dijamin. 5. Pemerintah mengatur tata cara mengemukakan pendapat. 6. Kelompok masyarakat dan media massa cukup bbas bersikap kritis terhadap pemerintah. 7. Kebijakan umum dibuat seoptimal mungkin sesuai dengan kehendak rakyat

13 MGMP PKN PPPK PETRA Alasan mendasar pentingnya kehidupan demokratis : 1. Adanya jaminan kesetaraan Sebagai warga negara. 2. Memenuhi kebutuhan umum. 3. Adanya penghargaan terhadap Keberagaman dan kompromi. 4. Menjamin hak asasi. 5. Pembaruan kehidupan sosial.

14 Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia Demokrasi Parlementer 17 Agustus Juli 1959 Demokrasi Terpimpin 5 Juli Maret 1966 Demokrasi Pancasila 11 Maret Mei 1998

15 MGMP PKN PPPK PETRA Tantangan dalam mewujudkan pemerintahan demokrasi di Indonesia : 1. Mewujudkan budaya komunikasi demokratis dengan dilandasi wawasan nasional : kesanggupan untuk berjiwa besar menerima kekalahan dalam proses demokrasi, menjunjung tinggi sikap fair, menyelesaikan konflik secara demokratis demi kepentingan bangsa. Cara mengatasinya : menghargai pihak lain, toleran, mencari titik temu baik dalam lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat. 2. Perlunya mengatasi sikap – sikap primordialisme (sikap mementingkan kelompok suku, ras, agama, dan golongan sendiri) Cara mengatasinya : berupaya mengembangkan kehidupan yang menghargai keberagaman baik itu dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Merawat demokrasi berarti berusaha membiasakan diri hidup sesuai prinsip prinsip dan nilai – nilai demokrasi.


Download ppt "MGMP PKN PPPK PETRA Demokrasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google