Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DEMOKRASI Prof. Dr. Amir Santoso. Apakah Demokrasi? a.Pemerintahan oleh rakyat b.Bentuk pemerintahan yang diatur dengan prinsip kedaulatan, persamaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DEMOKRASI Prof. Dr. Amir Santoso. Apakah Demokrasi? a.Pemerintahan oleh rakyat b.Bentuk pemerintahan yang diatur dengan prinsip kedaulatan, persamaan."— Transcript presentasi:

1 DEMOKRASI Prof. Dr. Amir Santoso

2 Apakah Demokrasi? a.Pemerintahan oleh rakyat b.Bentuk pemerintahan yang diatur dengan prinsip kedaulatan, persamaan dalam politik, public consultation, dan aturan mayoritas. (Ranney, 1996:193)

3 Nilai-nilai dalam masyarakat demokratis Menyelesaikan perselisihan dengan damai dan melembaga Menjamin terselenggaranya perubahan secara damai dalam suatu masyarakat yang berubah Menyelenggarakan pergantian pimpinan secara teratur Membatasi pemakaian kekerasan sampai minimum Menjamin tegaknya keadilan

4 Kedaulatan Merupakan salah satu karakteristik dari banyak negara modern Arti kedaulatan adalah adanya kekuasaan yang tertinggi untuk membuat keputusan harus diletakkan pada seluruh rakyat daripada sebagian atau satu bagian rakyat Perwujudan dalam dunia politik adalah dipegangnya kekuasaan legislatif oleh lembaga perwakilan rakyat (parlemen)

5 Persamaan dalam Politik Dapat diartikan bahwa setiap warga negara harus memiliki kesamaan kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses pembuatan keputusan Merupakan konsekuensi logis dari prinsip kedaulatan Prinsip ini menjamin distribusi hak politik yang sama (hak memilih dan hak dipilih)

6 Public Consultation Ada dua syarat: (1) negara yang demokratis harus memiliki mesin kelembagaan di mana pejabat publik bisa mempelajari apa kebijakan publik yang diinginkan rakyat kemudian diserap dan ditegakkan, (2) memiliki apa yang diinginkan rakyat, pejabat publik harus menempatkan rakyat pada pengaruh apakah menyetujui atau tidak. Sebuah kebijakan dikatakan demokratis ditentukan oleh bagaimana kebijakan dibuat.

7 Aturan Mayoritas Secara sederhana prinsip aturan mayoritas diartikan bahwa ketika rakyat tidak setuju terhadap sebuah isu, pemerintah harus bertindak berdasarkan keinginan rakyat yang jumlahnya lebih besar daripada yang jumlahnya lebih kecil.

8 Bentuk-bentuk demokrasi Demokrasi langsung (tanpa perwakilan) Demokrasi liberal Semi-demokrasi

9 Demokrasi Liberal Lembaga perwakilan berdasarkan pada aturan mayoritas, melalui kebebasan dalam pemilu, dan pilihan akan partai politik Akuntabilitas pemerintah kepada pemilihnya Kebebasan berekspresi, lembaga dan masyarakat, dijamin oleh sebuah pengadilan yang independen Pelayanan publik yang terlatih dan tidak memihak bertanggung jawab kepada pemerintah dan melaluinya kepada pemilih


Download ppt "DEMOKRASI Prof. Dr. Amir Santoso. Apakah Demokrasi? a.Pemerintahan oleh rakyat b.Bentuk pemerintahan yang diatur dengan prinsip kedaulatan, persamaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google