Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemilu, Gak Nyoblos Gak Keren! Mas Khairani, S.S. Ketua Divisi Sosialisasi, Data, dan Informasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailingnatal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemilu, Gak Nyoblos Gak Keren! Mas Khairani, S.S. Ketua Divisi Sosialisasi, Data, dan Informasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailingnatal."— Transcript presentasi:

1 Pemilu, Gak Nyoblos Gak Keren! Mas Khairani, S.S. Ketua Divisi Sosialisasi, Data, dan Informasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailingnatal

2 Apa arti demokrasi? Cikal bakal istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani: demos berarti rakyat, kratos berarti pemerintah. Demokrasi berarti pemerintahan oleh rakyat. Negara demokratis berarti negara yang meletakkan kedaulatan tertinggi di tangan rakyat.

3 Ciri negara demokratis: Adanya kebebasan yang dijamin negara sebagai hak dasar setiap warga negara seperti kebebasan mengekspresikan diri, pandangan, dan kepentingan. Negara membuka ruang bagi rakyat untuk berpartisipasi.

4 Pemilu, menjadi ruang bagi rakyat untuk berpartisipasi menyalurkan aspirasi.

5 Apakah Pemilu? Pemilu = pemilihan umum. Pemilu di Indonesia adalah metode untuk memilih wakil rakyat (legislatif) dan pimpinan pemerintahan (eksekutif). Pemilu menjadi sarana untuk mengekspresikan hak-hak dasar secara bebas berupa hak menyatakan pendapat, hak berserikat dan berkumpul, serta hak untuk bebas dari rasa takut.

6 Pemilu menjadi ruang rekrutmen politik yang terbuka dan adil demi berlangsungnya peralihan kekuasaan secara damai. Pemilu menjadi bagian penting dari pendidikan politik bagi warga negara.

7 Hubungan Pemilu dan Demokrasi Pemilu adalah prosedur utama


Download ppt "Pemilu, Gak Nyoblos Gak Keren! Mas Khairani, S.S. Ketua Divisi Sosialisasi, Data, dan Informasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mandailingnatal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google