Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Nawan Primasoni

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Nawan Primasoni"— Transcript presentasi:

1 Oleh: Nawan Primasoni

2  Proses pencernaan merupakan suatu proses yang melibatkan organ-organ pencernaan dan kelenjar-kelenjar pencernaan  Sistem pencernaan berfungsi memecah bahan- bahan makanan menjadi sari-sari makanan yang siap diserap dalam tubuh.

3 1. Proses mekanis, yaitu pengunyahan oleh gigi dengan dibantu lidah serta peremasan yang terjadi di lambung. 2. Proses kimiawi, yaitu pelarutan dan pemecahan makanan oleh enzim- enzim pencernaan dengan mengubah makanan yang bermolekul besar menjadi molekul yang berukuran kecil.

4 1. Ingesti: pemasukan makanan ke dalam tubuh melalui mulut. 2. Mastikasi: proses mengunyah makanan oleh gigi. 3. Deglutisi: proses menelan makanan di kerongkongan. 4. Digesti: pengubahan makanan menjadi molekul yang lebih sederhana dengan bantuan enzim, terdapat di lambung. (pencernaan) 5. Absorpsi: proses penyerapan, terjadi di usus halus. 6. Defekasi: pengeluaran sisa makanan yang sudah tidak berguna untuk tubuh melalui anus.

5  1. Mulut Makanan ini mulai dicerna secara mekanis dan kimiawi. Di dalam mulut terdapat beberapa alat yang berperan dalam proses pencernaan yaitu gigi, lidah, dan kelenjar ludah (glandula salivales).

6  Gigi Taring  Gigi Geraham  Gigi Seri  Gigi Taring  Gigi Geraham  Gigi Seri

7  Mahkota Gigi Mahkota Gigi  Akar gigi Akar gigi  Leher Gigi Leher Gigi

8

9  Tersusun atas otot lurik  Atas dilapisi epitilium  Indra perasa  Enzim amilase

10  glandula parotis,  glandula submaksilaris,  Glandula sublingualis

11

12  Kerongkongan merupakan saluran panjang (± 25 cm) yang tipis sebagai jalan makanam dari mulut menuju ke lambung. Fungsi: kerongkongan ini sebagai jalan makan dari mulut menuju lambung.(Gerak Peristaltik)

13  Lambung merupakan saluran pencernaan yang berbentuk seperti kantung, terletak di bawah sekat rongga badan

14  Menerima dan menyimpan makanan dalam jangka waktu yang relatif lama.  Makanan dicairkan dan dicampur dengan asam hidrokhlorida supaya mudah dicerna usus  Pencernaan lemak  Menerima dan menyimpan makanan dalam jangka waktu yang relatif lama.  Makanan dicairkan dan dicampur dengan asam hidrokhlorida supaya mudah dicerna usus  Pencernaan lemak

15  a. Bagian atas disebut kardiak, merupakan bagian yang berbatasan dengan esofagus.  b. Bagian tengah disebut fundus, merupakan bagian badan atau tengah lambung.  c. Bagian bawah disebut pilorus, yang berbatasan dengan usus halus

16  Pepsin  Lipase  Renin

17

18  Usus halus merupakan saluran berkelok-kelok yang panjangnya sekitar 6–8 meter, lebar 25 mm dengan banyak lipatan yang disebut vili atau jonjot-jonjot usus.

19  a. duodenum (usus 12 jari), panjangnya ± 25 cm,  b. jejunum (usus kosong), panjangnya ± 7 m,  c. ileum (usus penyerapan), panjangnya ± 1 m.

20  Cairan Empedu  Getah Pankreas (insulin) - lipase - amilasi - tripsin  Getah usus - Sukrase - Maltase - Laktase - Peptidase

21

22  Usus besar atau kolon memiliki panjang ± 1 meter dan terdiri atas kolon ascendens, kolon transversum, dan kolon descendens.

23


Download ppt "Oleh: Nawan Primasoni"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google