Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. 2 Hukum Lenz menentukan arah GGL atau arus induksi. “Arah GGL induksi adalah sedemikian rupa sehingga melawan penyebab yang menimbulkan GGL imbas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. 2 Hukum Lenz menentukan arah GGL atau arus induksi. “Arah GGL induksi adalah sedemikian rupa sehingga melawan penyebab yang menimbulkan GGL imbas."— Transcript presentasi:

1 1

2 2

3 Hukum Lenz menentukan arah GGL atau arus induksi. “Arah GGL induksi adalah sedemikian rupa sehingga melawan penyebab yang menimbulkan GGL imbas tersebut”

4 4

5 HUKUM LENZ

6

7 7

8 Penyebab Timbulnya Ggl Induksi Ketika magnet bergerak mendekati dan masuk kedalam kumparan, kumparan mengalami perubahan jumlah garis gaya magnet yang memotong kumparan semakin banyak. Akibatnya timbul beda potensial atau ggl induksi. Ketika magnet berhenti, kumparan tidak mengalami perubahan jumlah garis gaya magnet,akibatnya tidak timbul beda potensial atau ggl induksi. Ketika magnet bergerak meninggalkan kumparan, kumparan kembali mengalami perubahan jumlah garis gaya magnet yang semakin sedikit. Akibatnya timbul beda potensial atau ggl induksi yang terbalik.

9 Faktor-faktor yang Menentukan Besar GGL Besarnya ggl induksi bergantung pada tiga faktor, yaitu: Banyaknya lilitan kumparan Kecepatan keluar- masuk magnet dari dan ke dalam kumparan Kuat magnet yang digunakan A

10 FENOMENA ARUS EDDY Sebuah keping terbuat dari tembaga atau aluminium berayun seperti bandul diantara dua kutub magnet permanen. Ketika keping mulai memasuki medan magnetik, timbul perubahan fluks magnetik yang memasuki keping. Arah perubahan atau pertambahan fluks ini searah dengan arah medan magnetik Menurut Lenz pertambahan fluks ini menyebabkan timbulnya arus induksi (arus Eddy). Medan magnetik yang ditimbulkan arus Eddy pada keping arahnya berlawanan dengan arah medan magnet permanen, sehingga keping ditolak pada kedua sisi.

11 ELEKTROMAGNETIC BRAKE APLIKASI ARUS EDDY Ketika rem diinjak, arus akan mengalir pada elektromagnet sehingga menjadi magnet yang kuat dan timbul medan magnetik yang besar. Karena kereta bergerak, terjadi perubahan medan magnetik dari elektromagnetik pada rel. Perubahan medan magnetik ini akan menimbulkan arus Eddy pada rel yang selanjutnya menimbulkan gaya yang memperlambat gerak kereta. Karena arus Eddy berkurang secara teratur, maka gaya perlambatannya pun berkurang secara teratur akibatnya kereta dapat dberhenti dengan mulus.

12 APLIKASI ARUS INDUKSI

13


Download ppt "1. 2 Hukum Lenz menentukan arah GGL atau arus induksi. “Arah GGL induksi adalah sedemikian rupa sehingga melawan penyebab yang menimbulkan GGL imbas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google