Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

IMBAS ELEKTROMAGNETIK. Kompetensi Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah. Indikator.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "IMBAS ELEKTROMAGNETIK. Kompetensi Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah. Indikator."— Transcript presentasi:

1 IMBAS ELEKTROMAGNETIK

2 Kompetensi Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah. Indikator Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi atau prinsip kerja transformator.

3 Fluks Magnetik Garis-garis medan magnetik yang menembus suatu permukaan bidang  = fluks magnetik (wb =weber) B= induksi magnetik (T) A = luas permukaan bidang (m 2 )  = sudut antara B dengan bidang normal

4 Hukum Faraday GGL induksi yang timbul antara ujung-ujung loop suatu penghantar berbanding lurus dengan laju perubahan fluks magnetik yang dilingkupi oleh loop penghantar  = ggl induksi (V) N= jumlah lilitan kumparan  = perubahan fluks magnetik (Wb)  t= interval waktu (s) d  /dt = sudut antara v dan B

5 Hukum Lenz Arah induksi akibat ggl induksi pada suatu rangkaian adalah sedemikian rupa sehingga menimbulkan medan magnetik induksi yang menentang perubahan medan magnet (arus induksi berusaha mempertahankan agar fluks magnetik total adalah konstan)

6 Ggl Listrik Akibat Berbagai Faktor Perubahan Fluks GGL Induksi Akibat Perubahan Luas Bidang Permukaan Perubahan fluks magnetik terjadi akbikat gerak penghantar PQ ke kanan, maka timbul gaya Lorentz F ke kiri untuk melawan arah gerak penghantar Berdasarkan kaidah tangan kanan untuk B masuk bidang kertas dan F ke kiri, maka arus induksi I pada kawat PQ adalah dari P ke Q

7 Ggl Listrik Akibat Berbagai Faktor Perubahan Fluks GGL induksi yang timbul akibat perubahan sudut antara medan magnetik B dan normal bidang kumparan merupakan prinsip dasar pembuatan generator GGL induksi akibat perubahan sudut antara B dan Normal Bidang Kumparan  = ggl induksi sesaat (V) N= jumlah lilitan kumparan B= induksi magnetik (T) A = luas permukaan bidang (m 2 )  = kecepatan sudut (rad/s) t = waktu (s)

8 contoh Sebuah penghantar berbentuk U terletak di dalam daerah berinduksi magnetik B=4x10 -2 tesla, seperti pada gambar. Penghantar PQ sepanjang 40 cm menempel pada penghantar U dan digerakan kekanan dengan kec. Tetap v = 10 m/s. diantara ujung-ujung penghantar PQ timbul GGL induksi yang besarnya …. a. 0,8 x volt b. 1,6 x volt c. 0,8 x volt d. 1,6 x volt e. 1,6 volt

9 transformator Jangan kemana-mana Kita Lanjutkan ke…..


Download ppt "IMBAS ELEKTROMAGNETIK. Kompetensi Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah. Indikator."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google