Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kurikulum Unnes 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi Disampaikan pada Program Pengenalan Akademik (PPA) Tahun 2014 Oleh: Dr. Muhammad Khafid, M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kurikulum Unnes 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi Disampaikan pada Program Pengenalan Akademik (PPA) Tahun 2014 Oleh: Dr. Muhammad Khafid, M.Si."— Transcript presentasi:

1 Kurikulum Unnes 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi Disampaikan pada Program Pengenalan Akademik (PPA) Tahun 2014 Oleh: Dr. Muhammad Khafid, M.Si © Unnes

2 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Membentuk Insan Indonesia yang Cerdas dan Berkarakter Kuat

3 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Guna mewujudkan visi untuk menjadi Universitas Konservasi bertaraf internasional yang sehat, unggul, sejahtera, diperlukan penyempurnaan kurikulum yang mengarah pada ketercapaian penguasaan kompetensi keilmuan atau akademik sekaligus memberikan jaminan tumbuhnya nilai-nilai karakter dan berbasis nilai-nilai konservasi. Kurikulum ini ditetapkan berdasarkan Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 25/2012 tentang Kurikulum Program Sarjana dan Diploma Unnes.

4 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Lingkungan kampus Ruang kuliah dan perkantoran Sarana dan prasarana Jumlah profesor dan doktor Jumlah program studi Layanan prima Proses pembelajaran, penelitian, dan PPM Sumber belajar Jurnal dan publikasi dosen Lulusan kompeten dan kompetitif Kepercayaan masyarakat

5 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes spiritual intelligence, intellectual intelligence, emotional intelligence, dan social intelligence.

6 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes learning to know, learning to be, learning to do, dan learning to live together and harmony.

7 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Program Diploma memiliki kesiapan untuk bekerja dengan keahlian tertentu (yang sesuai dengan program studinya); memiliki keterampilan untuk menerapkan keahlian tertentu secara profesional. Program Sarjana menjadi intelektual atau ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja, serta mengembangkan diri secara profesional; mampu mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni (IPTEKS) melalui penalaran ilmiah.

8 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Program Magister menjadi intelektual atau ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja, serta mengembangkan diri secara profesional; mampu mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/ atau seni (IPTEKS) melalui penelitian dan penalaran ilmiah; menjadi ahli yang memiliki kapasitas tinggi dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni (IPTEKS) pada profesinya.

9 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Program Doktor mampu menemukan, menciptakan, dan/atau memberikan kontribusi dalam pengembangan dan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni (IPTEKS) melalui penelitian dan penalaran ilmiah; menjadi lebih bijaksana dengan meningkatkan kemampuan dan kemandirian sebagai ilmuwan dan/atau filosof yang berbudaya dan mampu menghasilkan dan/atau mengembangkan teori melalui penelitian yang komprehensif dan akurat untuk memajukan peradaban manusia; menjadi lebih bijaksana dengan meningkatkan kemampuan dan kemandirian sebagai ahli serta menghasilkan dan mengembangkan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni melalui penelitian yang komprehensif dan akurat untuk memajukan peradaban dan kesejahteraan manusia.

10 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Menguasai kompetensi sesuai dengan program studi Memiliki, menghayati, dan mempraktikkan nilai-nilai karakter konservasi dalam kehidupan pribadi, sosial, dan dalam posisinya sebagai warga negara Indonesia.

11 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes religius, jujur, cerdas, adil, tanggung jawab, peduli, toleran, demokratis, cinta tanah air, tangguh, dan santun

12 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes menyakini kebenaran agama atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; menjalankan ajaran agama sesuai dengan keyakinan masing-masing; menghargai perbedaan agama atau kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; memiliki jiwa amanah (tulus, ikhlas, dan dapat dipercaya) dalam menerima dan melaksanakan tugas dengan segala konsekuensinya; melakukan suatu pekerjaan dan aktivitas yang hasilnya dipasrahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

13 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes berperilaku sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma kebenaran dalam segala aspek kehidupan; berani membela kebenaran secara objektif sesuai dengan harkat dan martabat manusia; berani mengatakan yang benar dan tidak lazim; melaksanakan janji secara konsisten dan konsekuen; berani mencela kebohongan dan kecurangan.

14 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes berpikir logis sesuai dengan konsep ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan/atau olahraga; menemukan kebenaran secara logis dan metodologis; memecahkan masalah secara tepat dan akurat berdasarkan data empiris; kreatif dalam mengembangkan model atau cara-cara yang baru; menemukan solusi secara cepat berdasarkan pemikiran yang logis.

15 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes berperilaku sesuai dengan harkat dan martabat manusia; berperilaku seimbang, serasi, dan selaras dalam hubungan dengan manusia dan lingkungan; tidak sewenang-wenang dan tidak diskriminatif terhadap orang lain; tidak membeda-bedakan hak orang yang satu dengan yang lain; berperilaku objektif dan proporsional dalam menyelesaikan masalah.

16 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes bekerja sesuai dengan hak dan kewajibannya; bekerja secara tulus dan ikhlas; dapat mengemban kepercayaan dari orang lain; mengakui kesalahan atau kekurangan dirinya sendiri; mengakui kelebihan orang lain.

17 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes peka terhadap kesulitan orang lain; peka terhadap kerusakan lingkungan fisik; peka terhadap berbagai perilaku menyimpang; peka terhadap kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang dinamis; peka terhadap perubahan pola-pola kehidupan sosial.

18 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes mengakui perbedaan agama dan kepercayaan kepada Tuhan YME; mengakui perbedaan ras, etnis, gender, status sosial, dan budaya; mendahulukan kepentingan dan hak orang lain; menjaga perasaan orang lain; menolong atau membantu kesulitan orang lain.

19 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes mengakui persamaan hak; mampu menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban; mengutamakan musyawarah untuk mufakat; menghargai perbedaan atau keragaman; mematuhi aturan permainan.

20 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes berani membela kepentingan bangsa dan negara; berjiwa patriot; mencintai budaya nasional; berani membela martabat bangsa dan negara; mencintai produk dalam negeri; memelihara lingkungan hidup.

21 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes pantang menyerah dalam menghadapi kesulitan; bersemangat untuk mencapai hasil kerja optimal; tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak akurat; dapat bekerja di bawah tekanan; percaya pada kemampuan diri sendiri; mampu menaklukkan tantangan yang dihadapi.

22 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes rendah hati dalam pergaulan antar sesama; berbicara dengan bahasa yang baik dan benar; berperilaku sesuai dengan nilai-nilai moral; selalu respek kepada orang lain; mengutamakan keharmonisan dalam pergaulan dengan sesama; berperilaku sesuai adat istiadat masyarakat beradab.

23 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Kurikulum Inti program Sarjana dan program Diploma terdiri atas kelompok Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK), Mata kuliah Keahlian Berkarya (MKB), Mata kuliah Perilaku Berkarya (MPB), Mata kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).

24 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Kelompok MPK yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program Sarjana terdiri atas: Pendidikan Agama Pendidikan Pancasila Pendidikan Kewarganegaraan Bahasa Indonesia, kecuali prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Sastra Indonesia Bahasa Inggris, kecuali Pendidikan Bahasa Inggris, Sastra Inggris Statistika Teknologi Informasi dan Komunikasi, kecuali di FMIPA, prodi PTIK, prodi Pendidikan Teknik Elektro, prodi Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

25 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Kelompok MKK yang berupa mata kuliah umum yang diberikan kepada semua mahasiswa Program Studi Kependidikan terdiri atas Pengantar Ilmu Pendidikan. Psikologi Pendidikan. Manajemen Sekolah. Bimbingan dan Konseling.

26 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Kelompok MKB yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Kependidikan terdiri atas: Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Skripsi Kelompok MKB yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Non Kependidikan terdiri atas: Praktik Kerja Lapangan (PKL) Skripsi Kelompok MBB yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Program Studi Sarjana Kependidikan dan Non Kependidikan terdiri atas: Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)

27 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Beban Studi mahasiswa Program Sarjana dinyatakan dengan sks sebagai berikut: Untuk mata kuliah teori atau seminar, 1 sks terdiri atas 50 menit kegiatan tatap muka, 60 menit kegiatan terstruktur, dan 60 menit kegiatan mandiri. Untuk mata kuliah praktik, 1 sks terdiri atas 2 sampai 4 X 50 menit kegiatan tatap muka. Untuk mata kuliah kerja lapangan, 1 sks terdiri atas kegiatan selama 4 sampai 8 jam per minggu selama 1 semester. 1 sks kerja lapangan membutuhkan waktu belajar di lapangan 1 x 16 x 4 jam atau 1 x 16 x 8 jam. Untuk Program Sarjana dan Diploma, jumlah beban sebanyak-banyaknya 24 sks per semester.

28 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes ProgramBeban Studi Waktu Tempuh (semester) MinimalMaksimal MinimalMaksimal Strata Strata Strata Diploma

29 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Identitas program studi Profil Lulusan Kompetensi Lulusan Struktur Kurikulum / daftar mata kuliah per semester

30 KURIKULUM UNNES 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi © Unnes Mahasiswa memiliki, menyimpan, selalu memandang daftar mata kuliah yang harus ditempuh untuk menyelesaikan studi, agar tidak ada kasus mahasiswa sudah mau mendaftar ujian skripsi, tapi ada mata kuliah yang belum ditempuh.


Download ppt "Kurikulum Unnes 2012 Berbasis Kompetensi dan Konservasi Disampaikan pada Program Pengenalan Akademik (PPA) Tahun 2014 Oleh: Dr. Muhammad Khafid, M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google