Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGO Revolusi Ilmiah dan Reformasi. Alphonse de Candolle (Penelitian tentang Agama) Lebih dari enam kali lipat Protestan dan Katolik di luar Prancis menjadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGO Revolusi Ilmiah dan Reformasi. Alphonse de Candolle (Penelitian tentang Agama) Lebih dari enam kali lipat Protestan dan Katolik di luar Prancis menjadi."— Transcript presentasi:

1 LOGO Revolusi Ilmiah dan Reformasi

2 Alphonse de Candolle (Penelitian tentang Agama) Lebih dari enam kali lipat Protestan dan Katolik di luar Prancis menjadi unggulan dalam ilmu pengetahuan untuk dipilih ke Paris Academy of Sciences. Periode 1829 dan 1869 memiliki jumlah anggota ilmuan katolik asing di Inggris sama dengan jumlah Protestan, namun di luar Inggris, membuktikan bahwa Protestan telah cenderung mendominasi atas Katolik di antara para ilmuwan besar di Eropa modern.

3 Dominasi para ilmuwan besar Protestan Eropa modern atas umat Katolik di antara dapat dianggap berasal dari tiga faktor utama: Kesesuaian etos Protestan dan sikap ilmiah Penggunaan ilmu pengetahuan untuk pencapaian tujuan-tujuan keagamaan Untuk perjanjian antara nilai kosmik teologi Protestan dan orang-orang dari teori-teori ilmu pengetahuan modern awal Alphonse de Candolle (Penelitian tentang Agama)

4 Faktor Pertama Masa-masa awal reformasi Swiss dan para reformator Jerman diajarkan bahwa manusia harus menolak bimbingan dan wewenang para iman Katolik dan harus mencari kebenaran rohani dalam kepercayaannya sendiri. Demikian pula ilmuwan modern awal berpaling dari sistem filosofi kuno dan abad pertengahan untuk mencari kebenaran ilmiah dalam pengalaman empiris mereka.

5 Candolle dan Thomas Sprat Keduanya melakukan Reformasi dalam hal agama dan Filsafat, sehingga keduanya dituduh tidak adil karena telah meninggalkan tradisi kuno dan mencari hal baru

6 Thomas Sprat Mengungkapkan dengan baik harmoni dari tujuan antara Protestan dan ilmu pengetahuan modern awal dalam History of Royal Society, yang diterbitkan pada 1667. Dia mencatat perjanjian antara bentuk kahadiran dari Royal Society diawal permulaan gereja.

7 Rheticus Belajar dengan Copernicus pada tahun 1540 ia menerbitkan teori heliosentris baru mengenai gerakan planet Mars.

8 Reinhold Pada 1551 menyampaikan tabel astronomi pertama berdasarkan teori Copernican, http://www.wellesley.edu/A stronomy/Annie/Images/ta ble2.gif&w=559&h=419&ei =lq1fT4_YA8LorQfa9a31BQ &zoom=1

9 Faktor kedua Pada abad ke-17 para ilmuwan Protestan dari Eropa modern, memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk tujuan-tujuan keagamaan khususnya kaum Puritan Inggris, yang menekankan kewajiban agama melakukan perbuatan baik dan menempatkan kegiatan ilmiah dalam perbuatan baik dianggap penting bagi kemanusiaan.

10 Luther dan Calvin Luther meletakkan banyak penekanan pada kepentingan agama untuk melakukan perbuatan baik. Baginya, iman batin cukup untuk mencapaian keselamatan manusia, Calvin berpendapat bahwa sejumlah orang telah terpilih ditakdirkan untuk selamat, karya-karya utama dalam kasus tidak memiliki banyak pengaruh bagi masa depannya,

11 Pengikut Calvin Namun, mereka membutuhan pemahaman untuk mengetahui apakah mereka ditakdirkan untuk selamat atau tidak Pada pertengahan abad ke-17 telah berlaku umum oleh kaum Puritan bahwa perbuatan baik menunjukkan bahwa manusia diselamatkan. Salah satu perbuatan baik yang disetujui oleh Puritan adalah studi ilmiah Puritan adalah gerakan untuk memimpin kekristenan kembali kepada Alkitab dan kehidupan yang kudus sebagai bukti dari pertobatan yang sejati

12 John Cotton Pada 1654 menulis melangkah lebih jauh dengan menyatakan bahwa studi tentang alam adalah tugas Kristen yang positif.

13 Faktor ketiga Menjelaskan dominasi Protestan di antara ilmuwan zaman modern, adalah perjanjian antara nilai kosmik teologi Protestan dan teori baru ilmu pengetahuan modern. Luther dan Calvin menentang astronomi Copernican baru dengan alasan bahwa itu bertentangan dengan kata literal dari Alkitab. Untuk membedakan bahwa serangan kaum Calvinis dan para ilmuwan, kedua disiapkan jalan mengenai pandangan teologis mekanik-dunia baru, menurut Newton, yang menikmati yang popularitas selama abad kedelapan belas.

14 Pseudo-Dionysius Diterima sebagai penggerak dari sembilan bola langit oleh terpelajar di abad pertengahan Urutan dari langit yang dianggap sedemikian rupa sehingga bola langit yang lebih tinggi dan penggerak dikendalikan gerakan dari bawah.

15 Calvin Calvin menegaskan: “Setiap kali Dia kehendaki, Dia melakukan pekerjaan-Nya sendiri dengan anggukan tunggal dan melewatinya dari kesulitan apapun. Dewa telah menentukan semua peristiwa dengan perintah yang ditetapkan di awal. Tuhan adalah Pemelihara dan penguasa segala sesuatu dari kekekalan yang terpencil dengan kebijaksanaannya sendiri. Ia memutuskan apa yang Dia lakukan dan dengan kuasa-Nya dapat melaksanakan apa yang telah ditetapkan.

16 John Preston 1587-1628, Master Puritan Emmanuel Kolase, Cambridge Tuhan tidak mengubah, hukum alam tidak lagi bisa diharapkan, sementara makhluk malaikat kehilangan kekuasaan mereka dan pada akhirnya tempat mereka dalam skema kosmik

17 Thomas Browne 1605-1682 Beberapa keraguan tentang keberadaan makhluk spiritual tampaknya telah diangkat sebelum Perang Sipil Pada tahun 1635 dalam tulisannya mengatakan bahwa hal itu merupakan teka-teki untuk mempertanyakan keberadaan roh.

18 Copernicus Matahari memiliki aturan mutlak atas sistem surya: 'matahari duduk di atas takhta sebagai raja, memerintah anak-anaknya (planet-planet). Matahari disumsikan sebagai posisi penting dalam tatanan kosmik.

19 Tycho Brahe Planet-planet bergerak dalam orbit mengitari matahari, meskipun matahari dan planet- planet secara keseluruhan berputar pada putaran yang stasioner (tetap)

20 William Gilbert matahari adalah badan paling mulia di alam semesta sehingga menyebabkan planet untuk maju pada program mereka dan bertindak sebagai kepala penghasut tindakan di alam. Kepler Kepler menulis matahari muncul berdasarkan martabat dan kekuasaan sehingga cocok untuk ditugaskan sebagai bergerak planet-planet

21 Overton Tuhan harus berada di bagian paling mulia dari alam semesta. Overton berpendapat sejak para ilmuwan menganggap matahari yang paling mulia dari benda-benda langit, Dewa harus tinggal di bawah sinar matahari, atau lebih tepatnya matahari harus menjadi tubuh Tuhan

22 Thomas Wright 1711-1786 pelopor astronomi sidereal dan menjadi orang pertama yang menunjukkan bahwa Tuhan berada di pusat tidak diketahui alam semesta. Pada 1750 ia mengemukakan hipotesis bahwa matahari dan bintang dari Bima Sakti berputaran membentuk sistem sidereal raksasa pada pusat alam semesta Alam semesta adalah tak terbatas, setiap bintang menjadi pusat tata surya planet-planet yang itu sendiri dihuni dengan makhluk mirip dengan yang di bumi.

23 Fontenelle 1657-1757 Pada 1686: Langit merupakan lengkungan biru kecil yang terjebak dengan bintang, ia berpikir semesta itu terlalu dekat dan sempit sehingga kekurangan udara. Tetapi sekarang ia berfikir bahwa langit diperbesar sehingga dapat bernapas dengan lebih banyak kebebasan. Sehingga alam menjadi yang jauh lebih megah daripada sebelumnya”.

24 doktrin pluralitas dunia Doktrin pluralitas dunia membantu mendamaikan teologi Calvinst dengan teori- teori ilmu pengetahuan modern pada abad- 17. Kendala yang menghambat hal tersebut adalah penerimaan Alkitab secara harfiah, yang menyebabkan penurunan para terkemuka di Inggris dengan pertumbuhan gerakan ilmiah yang koheren dan terorganisir.

25 John Wlkins (Pendeta Puritan) Pada 1638 Wilkins menerbitkan Penemuan tentang sebuah dunia baru, sebuah karya mencoba untuk membuktikan bahwa ada dunia lain dari makhluk di bulan. Wilkins menegaskan, Bahwa Surga tidak terdiri dari setiap Materi Murni. Sejak bulan menyerupai bumi, kita bisa menebak secara umum bahwa ada beberapa penduduk di planet lain.

26 John Wilkins (Pendeta Puritan) murid-murid Copernicus: "Sekarang jika Bumi kita adalah salah satu dari Planet maka mengapa tidak mungkin planet lain menjadi Bumi?“ Pada tahun 1640, merupakan pembelaan penuh dari teori Copernican yang sesuai dengan teks-teks Alkitab dan mendukung gerakan diurnal dari benda- benda langit sehingga hal ini merupakan usaha untuk mendamaikan teologoi Calvins dengan teori perkembangan ilmu pengetahuan modern.

27 Evolusi Prinsip Cahaya Prinsip mengalami evolusi selama pengembangan ilmu pengetahuan modern. Prinsip Fermat (1662): prinsip Leibniz (1682 ): prinsip umum Maupertuis (1744)

28 Prinsip Fermat atau principle of least time adalah sebuah prinsip yang mendefinisikan jarak tempuh yang terpendek dan tercepat yang dilalui oleh cahayacahaya

29 Raymond de Sebonde Wilkins berpikir bahwa makhluk di dunia ini beranekaragam, Tuhan mungkin membuat beberapa dari semua jenis. Sebonde juga berpendapat bahwa makhluk di dunia ada keragaman yang luas dan keragaman makhluk malaikat. Pendapatnya mengambil rantai makhluk menjadi hanya skala kesempurnaan, bukan hirarki kekuasaan

30 Giordano Bruno (1548-1600) Berpendapat bahwa semua makhluk di dunia yang dinilai dalam kesempurnaan semua makhluk memiliki kekuatan yang sama lebih atau kurang.

31 Cartesian Menurutnya hanya ada satu jenis kekuatan yang mengatur peristiwa fisik, bahwa gerak mekanis yang diaktifkan berasal dari kekuatan eksternal diluar makhluk. Hal ini diduga bahwa di dunia ada keragaman makhluk dan di mana gerakan terjadi pada rute dan tidak akan ada perubahan yang fundamental sehingga alam telah mencapai tingkat kesempurnaan.

32 Leibniz 1646-1716 Dia menganalogikan bahwa tata surya adalah mesin yang berjalan, sedangkan spesies organik tetap dari waktu ke waktu dalam bentuk yang beragam sejak telah pertama kali diciptakan. Teologi Protestan dan ilmu pengetahuan modern akhirnya rusak, kemudian teori evolusi datang di abad-19 mengakhiri pandangan mereka bahwa dunia dan makhluk yang telah mempertahankan bentuk.

33 lanjutan Pandangan-pandangan mereka digunakan sebagai hukum tindakan alam yang harus dilestarikan untuk keseimbangan yang tetap Makhluk membentuk rantai yang berkesinambungan. Dimana hewan, tumbuhan, dan sesuatu lainnya bisa dikelompokkan sesuai dengan karakteristik tertentu Mereka juga menunjukan rantai hewan dan tumbuhan tidak pada skala yang tetap (evolusi ) Sehingga membawa ke konsep akhir sejarah yang umum untuk teologi Katolik dan Protestan, filsafat alam kuno dan awal ilmu pengetahuan modern.


Download ppt "LOGO Revolusi Ilmiah dan Reformasi. Alphonse de Candolle (Penelitian tentang Agama) Lebih dari enam kali lipat Protestan dan Katolik di luar Prancis menjadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google