Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INISIASI MENYUSU DINI OLEH : NURISMIATUN. Pengertian Adalah Membantu ibu melakukan inisiasi menyusu dalam waktu 30 menit setelah persalinan Inisiasi menyusu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INISIASI MENYUSU DINI OLEH : NURISMIATUN. Pengertian Adalah Membantu ibu melakukan inisiasi menyusu dalam waktu 30 menit setelah persalinan Inisiasi menyusu."— Transcript presentasi:

1 INISIASI MENYUSU DINI OLEH : NURISMIATUN

2 Pengertian Adalah Membantu ibu melakukan inisiasi menyusu dalam waktu 30 menit setelah persalinan Inisiasi menyusu dini terdiri atas dua komponen utama, yaitu kontak kulit dan upaya menyusu (sunkling). Klik Panah

3 Kontak kulit ke kulit dini dan kesempatan untuk menyusu pada satu jam pertama setelah persalinan adalah dua hal yang sama pentingnya. Bayi harus diletakkan di dada ibu dan diberikan kesempatan untuk menyusu secara dini. Minimal selama 60 menit setelah persalinan.

4 Keuntungan inisiasi menyusu dini bagi ibu dan bayi Mempertahankan kehangatan bayi Mempercepat dan mengefektifkan kemampuan menyusu dan bayi Bayi mendapatkan kolostrum pada saat menyusu pertama. Kolostrum antibody, konsentrasi tinggi (imuniasi) bayi juga mendapatkan koloni kuman yang aman dari ibu di mana akan memberikan perlindugan terhadap infeksi. LANJUT

5 Membantu kontraksi uterus, pelepasan plasenta yang lebih cepat, penurunan jumlah kehilangan darah pada ibu. Menyebabkan kadar glukosa yang lebih baik pada beberapa jam setelah persalinan. Pengeluaran mekanium lebih dini, sehingga menurunkan intesitas uterus normal pada BBL. Keberhasilan menyusu awal dan jangka panjang. Memperbaiki peran dalam mempercepat perkembangan syaraf bayi. LANJUT

6 Keuntungan lain : Untuk ibu : pelepasan placenta lebih cepat dan penurunan resiko pendarahan post partum. Untuk ibu dan bayi: bonding Inisiasi menyusu dini berhubungan dengan komponen sentral, motorik dan neoroendokrin syaraf, di mana semuanya secara langsung dan tidak langsung membantu bayi bergerak dan memfasilitasi kehidupannya dalam dunia yang baru.

7 Penciuman, penglihatan dan membantu bayi untuk mendeteksi dan menemukan putting payudara. Input yang didengar dan perabaan pembuat bayi merasa aman dalam lingkungan yang mendukung untuk menyusu. LANJUT

8 Apa yang harus dilakukan dan dihindari pada IMD. Bayi yang menangis kuat tidak perlu isap lendir. Keringkan segera bayi, kecuali tangannya. Bayi dan ibu harus diselimuti untuk mempertahankan kehangatan di samping kontak kulit ke kulit. Tanda pemberian injeksi vitamin K, Hepatitis B, menimbang dan pengukuran bayi, membungkus bayi setelah IMD. Tunda memandikan bayi setelah 24 jam. Lanjutkan kontak kulit ke kulit sampai bayi selesai menyusu. Untuk Bayi :

9 Gunakan obat analgesic atas indikasi saja. Jangan membasuh/payudara sebelum bayi menyusu dot not wash. Angkat kepala ibu dengan bantal untuk memfasilitasi kontak mata antara ibu dan bayi. Jangan memindahkan ibu dari ruang persalinan sebelum selesai menyusu dini. Untuk Ibu:


Download ppt "INISIASI MENYUSU DINI OLEH : NURISMIATUN. Pengertian Adalah Membantu ibu melakukan inisiasi menyusu dalam waktu 30 menit setelah persalinan Inisiasi menyusu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google