Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 PSIKOLOGI INOVASI KULIAH KE-1: KONTRAK BELAJAR & PENDAHULUAN Arundati Shinta Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 PSIKOLOGI INOVASI KULIAH KE-1: KONTRAK BELAJAR & PENDAHULUAN Arundati Shinta Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta."— Transcript presentasi:

1 1 PSIKOLOGI INOVASI KULIAH KE-1: KONTRAK BELAJAR & PENDAHULUAN Arundati Shinta Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2 2 Apa jenis ujiannya? Open book, take home exam Proses penilaian? Partisipatif, mhsw ikut terlibat, mementingkan trust. Cara penilaian? = prinsip: taklukkan dosenmu untuk keuntungan Anda. Tugas di rumah, tugas di kelas (mayoritas menulis, & publikasikan di Kup45iana). Ujian mid & ujian akhir Untuk mahasiswa karyawan: Persiapkan surat keterangan dari kantor pada awal kuliah. Guna = pelindung, shg dapat kesempatan tuk ikut ujian susulan Apa kontrak belajarnya?

3 3 Rumor tentang kuliah di UP45 menyenangkan tidak perlu masuk kuliah pasti dapat nilai. Fakta = dosen wajib beri nilai, dan nilainya E. Dosen2nya tidak bermutu. Fakta = ada yang bermutu, ada yang tidak bermutu. Gampang dapat nilai, dan pasti lulus. Fakta = ada yang gampang, ada yang tidak. Mutu kelulusan buruk. Fakta = ada yg jadi pengangguran, ada yang jadi dekan (Univ. Syahkuala), ada yang drop out, ada yg S2nya hanya 3 semester + cumlaude, ada yg S2 di Amerika. Rumor & kenyataan

4 4 Situasi di UP45 kurang kondusif: kultur akademik kurang terjaga dg baik, dosen banyak yg tidak bermutu, sarana tidak bagus, teman2 banyak yang tidak bermutu, kuliah terlalu banyak tugas yg tidak bermutu, membosankan Steve Jobss: stay hungry, stay foolish. Anda kuliah di Harvard University pasti berprestasi? It’s too external locus of control, where is your inner control? Kiat manjur sukses di psikologi UP45

5 5 Inovasi berarti mendapatkan paham-paham baru, membawakan pendapat-pendapat baru. Hal-hal yang baru berarti adanya perubahan dari yang lama menjadi baru. Psikologi termasuk cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku & proses mental manusia. Psikologi inovasi = cabang ilmu pengetahuan yang tujuan akhirnya tidak hanya mempelajari tentang perilaku diri sendiri tetapi kita juga bisa mengubah diri sendiri ke arah yang lebih positif. Apa psikologi inovasi itu?

6 6 * Karena perubahan yang bersifat inovatif itu pada hakekatnya suatu hal yang tidak terelakkan (inevitable). * Ini sesuai dengan pendapat dari Heraclitus pada tahun 513 SM, bahwa There is nothing permanent except change, tidak ada yang permanen dalam hidup ini, kecuali perubahan itu sendiri. Mengapa kita harus berubah?

7 7 Untuk menjembatani adanya kesenjangan antara kualifikasi lulusan yang diharapkan dengan kenyataan yang ada. Untuk mendorong para lulusan agar selalu ingat & mengamalkan visi & misi Universitas Proklamasi 45, bahwa semangat juang berarti = * gigih capai tujuan. * bebas & berani berpendapat, berpikir, dan bertindak yg bertanggung jawab. * segala perilaku, pendapat dan jalan pikiran kita tidak perlu sama dengan orang lain, * tidak perlu takut berbeda dengan orang lain. * berorientasi pada hal-hal yang inovatif. Apa pentingnya psikologi inovasi pada peserta diskusi psikologi inovasi?

8 8 Wacana berpikir kita tidak sempit, luwes & bersedia terima segala hal yg berbeda dg hati besar. Ini sangat sulit, krn kita terbiasa bertindak & berpikir menurut acuan orang lain / norma-norma kehidupan. Padahal acuan orang lain & norma pd umumnya lebih berfungsi tuk hambat perubahan, termasuk hal2 baru. Oleh karena itu, psikologi inovasi ajak kita untuk membalikkan cara berpikir yg selama ini sll jadi kebiasaan. Cara mengamalkan visi & misi UP45?

9 9 Let’s reach the highest star * Peserta menuliskan di kartu tentang cita-citanya kelak bila sudah lulus. * Asal menulis cita-cita? * Rincikah cita-cita itu? * Apa alasan ingin capai cita-cita itu? * Sudah ada persiapan? * Apa saja persiapan itu? * Perkiraan hambatan capai cita-cita? Apa simulasi yang relevan?

10 10 Kompas Pengangguran masih suram hingga tahun September, halaman Schmidt, S. A. & Sujansky, J. G. (1999). Training games for managing change. New York: McGraw-Hill. * No. 28. Obstacle Illusion, p Shinta, A. (1996). Manajer vs tukang sapu. Dalam Yogya Post. 20 Maret, halaman 7. Apa saja referensinya?


Download ppt "1 PSIKOLOGI INOVASI KULIAH KE-1: KONTRAK BELAJAR & PENDAHULUAN Arundati Shinta Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google