Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Lukman Hakim.  Pemeliharaan Korektif  Pemeliharaan perangkat lunak dengan melakukan perbaikan kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak  Pemeliharaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Lukman Hakim.  Pemeliharaan Korektif  Pemeliharaan perangkat lunak dengan melakukan perbaikan kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak  Pemeliharaan."— Transcript presentasi:

1 Lukman Hakim

2

3  Pemeliharaan Korektif  Pemeliharaan perangkat lunak dengan melakukan perbaikan kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak  Pemeliharaan Adaptif  Pemeliharaan perangkat lunak dengan melakukan penyesuaian fungsi-fungsi yang ada pada perangkat lunak sehingga lebih memudahkan user.  Pemeliharaan Penyempurnaan  Pemeliharaan perangkat lunak dengan melakukan pengembangan / peningkatan terhadap perangkat lunak yang telah ada.  Pemeliharaan Preventif  Pemeliharaan perangkat lunak dengan perombakan secara total atau melakukan perekayasaan kembali pada perangkat lunak yang ada.

4  Memahami Permintaan Pemeliharaan  Mentransformasi permintaan pemeliharaan menjadi pengubahan  Menspesifikasi perubahan  Mengembangkan perubahan  Menguji perubahan  Melatih pengguna dan melakukan test penerimaan  Pengkonversian dan meluncurkan operasi  Mengupdate Dokumen  Melakukan pemeriksaan Pasca implementasi

5  Menerapkan SDLC dan SWDLC  Menspesifikasi definisi data standar  Menggunakan bahasa pemrograman standart  Merancang modul-modul yang terstruktur dengan baik  Mempekerjakan modul yang dapat digunakan kembali  Mempersiapkan dokumentasi yang jelas, terbaru dan komprehensif  Menginstall perangkat lunak, dokumentasi dan soal-soal test di dalam sentral repositor sistem CASE atau CMS (change management system)

6 1. Pendekatan Pemisahan  Pemeliharaan dan Pemeliharaan 2. Pendekatan Gabungan  Menggabungkan personalia penyusun dan pemelihara menjadi sebuah kelompok utama sistem informasi 3. Pendekatan Fungsional  Variasi dari pendekatan gabungan dengan memindahkan tenaga profesional sistem dari sistem informasi dan menugasi mereka pada fungsi bisnis untuk penyusunan maupun pemeliharaan.

7 1. Rekayasa Maju (Forward engineering) 2. Rekayasa Mundur (Reverse engineering) 3. Rekayasa Ulang (Reengineering) 4. Restrukturisasi (restrukturing) 5. Sistem Pakar Pemeliharaan (Maintenance expert system)

8 1. Menetapkan Kegiatan Pemeliharaan Sistem 2. Mengawali dan merekam kegiatan pemeliharaan sistem tidak terjadwal (Form Maintenance Work Order : Pekerjaan yang diperlukan/dilakukan, waktu yang diperkirakan dibandingkan dengan waktu yang sebenarnya, kode pemeliharaan, biaya pemeliharaan) 3. Menggunakan sistem perangkat lunak helpdesk 4. Mengevaluasi aktivitas pemeliharaan sistem 5. Mengoptimalkan program pemeliharaan sistem

9

10 1. Kekurangan inventaris program perangkat lunak yang akurat dan sumber-sumber sistem informasi lainnya. 2. Ketidak lengkapan sejarah perubahan program 3. Modul-modul program perangkat lunak terduplikasi 4. Perubahan program perangkat lunak yang tidak sah 5. Kekurangan dokumentasi yang jelas, komprehensif dan terbaru 6. Rendahnya kualitas dan reabilitas perangkat lunak


Download ppt "Lukman Hakim.  Pemeliharaan Korektif  Pemeliharaan perangkat lunak dengan melakukan perbaikan kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak  Pemeliharaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google