Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FILSAFAT ILMU-2 Prof. Dr. H. Nur Syam, MSi Guru Besar Sosiologi IAIN Sunan Ampel.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FILSAFAT ILMU-2 Prof. Dr. H. Nur Syam, MSi Guru Besar Sosiologi IAIN Sunan Ampel."— Transcript presentasi:

1 FILSAFAT ILMU-2 Prof. Dr. H. Nur Syam, MSi Guru Besar Sosiologi IAIN Sunan Ampel

2 Historisitas Sejarah filsafat barat dibagi menjadi tiga, yaitu zaman Yunani Kuno dengan ciri pemikirannya bersifat kosmosentris Zaman Pertengahan dengan ciripemikirannya yang bercorak teosentris Zaman Modern dengan ciri pemikirannya yang bercorak antroposentris Zaman Kontemporer dengan ciri pemikiran logosentris.

3 perkembangan Abad 6 M ditandai dengan runtuhnya mitologi dan dongeng-dongeng. Abad 6-16 M ditandai dengan kuatnya doktrin teologis atau anciella theologia. Filsafat digunakan untuk memperkuat keyakinan agama. Abad 16 zaman modern yang ditandai dengan renaissans merebaknya ilmu pengetahuan. Abad 20 atau zaman pasca renaissans ditandai dengan menguatnya pemikiran pasca modernis

4 Logos dan Mitos Perkembangan pemikiran manusia merupakan pertarungan antara logos (sang protagonis atau akal) melawan mitos (sang antagonis atau keyakinan) Banyak korban di dalam pertarungan ini, seperti Sokrates dan Galilei Galileo Kemenangan tersebut terjadi ketika terjadi renaissans dan dilajutkan dengan aufklarung.

5 Logos mitos menyatu Abad pertengahan ditandai dengan menyatunya mitos dan logos. Bertemunya filsafat dengan agama merupakan corak pemikiran dialektis. Kebenaran agama didahulukan baru kebenaran filsafat Filsafat dijadikan sebagai pembenaran teologis

6 Perkembangan selanjutnya Pengetahuan dibagi menjadi dua, yaitu pengetahuan alamiyah yang diperoleh melalui akal manusia dan pengetahuan iman yang berpangkal pada wahyu. Keduanya saling melengkapi. Allah adalah actus purus (aktusmurni), yang hakikat dan essensinya identik. akal menjadi pembenar terhadap teologis.

7 Tanda Perkembangan Abad modern ditandai dengan: Rationalisme ---Rene Descartes Empirisme ---- David Hume Konwledge is Power ---Farncis Bacon Lingkaran Wina (how do you know?, How do you verify? How do you means? Usaha untuk memverifikasi pengetahuan atau context of discovery.

8 Perkembangan Falsifikasi (evolusioner) ---Karl Popper P1—TT—EE—P2 Verifikasi (revolusioner) ---Thomas Kuhn P1—Normal science—anomali ---krisis --- Revolusi---P2. Paul Karl Feyerabend --- against methods, tidak ada metodologi baku Imre Lakatos ---program riset


Download ppt "FILSAFAT ILMU-2 Prof. Dr. H. Nur Syam, MSi Guru Besar Sosiologi IAIN Sunan Ampel."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google