Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

7 Rekayasa Sistem Dedy Alamsyah, S.Kom. Konsep Utama OOP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "7 Rekayasa Sistem Dedy Alamsyah, S.Kom. Konsep Utama OOP."— Transcript presentasi:

1 7 Rekayasa Sistem Dedy Alamsyah, S.Kom. Konsep Utama OOP

2 Metodologi pengembangan sistem berorientasi objek mempunyai tiga karakteristik utama : 1.Encapsulation (Pengkapsulan) 2.Inheritance (Pewarisan) 3.Polymorphism (Polimorfisme)

3 1. Encapsulation (Pengkapsulan) Encapsulation merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program terhadap data yang diproses. Data dan prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek, sehingga prosedur atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya. Data terlindung dari prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada dalam objek itu sendiri. Adalah suatu carauntu kmenyembunyika nimplementasi detail dari suatu class. Enkapsulasi mempunyai dua hal mendasar, yaitu: –information hiding –interface to access data

4 1. Encapsulation (Pengkapsulan) Cont Public Tipe ini mengijinkan seluruh class dari luar atau dari dalam package bisa mengaksesnya public int nilai; Protected Tipe ini di gunakan untuk pewarisan dalam java, jadi klo suatu super class mempunyai sebuah member, ini dapat diakses oleh subclassnya. protected int nilai; Private Tipe ini hanya dapat diakses dimana class tersebut di buat. private int nilai;

5 2. Inheritance (Pewarisan) Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya. Inheritance mempunyai arti bahwa atribut dan operasi yang dimiliki bersama di anatara kelas yang mempunyai hubungan secara hirarki. Suatu kelas dapat ditentukan secara umum, kemudian ditentukan spesifik menjadi subkelas. Setiap subkelas mempunyai hubungan atau mewarisi semua sifat yang dimiliki oleh kelas induknya, dan ditambah dengan sifat unik yang dimilikinya. Kelas Objek dapat didefinisikan atribut dan service dari kelas Objek lainnya. Inheritance menggambarkan generalisasi sebuah kelas.

6 2. Inheritance (Pewarisan) Cont. Suatu class yang mempunyai class turunan dinamakan parent class atau base class. Sedangkan class turunan itu sendiri seringkali disebut subclass atau child class. Suatu subclass dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh parent class. Karena suatu subclass dapat mewarisi apa-apa yang dipunyai oleh parent class-nya, maka member dari suatu subclass adalah terdiri dari apa-apa yang ia punyai dan juga apa-apa yang ia warisi dari class parent-nya. Kesimpulannya, boleh dikatakan bahwa suatu subclass adalah tidak lain hanya memperluas (extend) parent class-nya.

7 2. Inheritance (Pewarisan) Cont. Dengan menambahkan kata kunci extends setelah deklarasi nama class, kemudian diikuti dengan nama parent class-nya. Kata kunci extends tersebut memberitahu kompiler Java bahwa kita ingin melakukan perluasan class. public class A extends Object { … } public class A { … }

8 3. Polymorphism (Polimorfisme) Polimorfisme yaitu konsep yang menyatakan bahwa seuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda. Polimorfisme mempunyai arti bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai perbedaan dalam kelas yang berbeda. Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk melakukan metode yang pantas dalam merespon message yang sama. Seleksi dari metode yang sesuai bergantung pada kelas yang seharusnya menciptakan Objek.

9 3. Polymorphism (Polimorfisme) Cont Kesimpulan Polimorfisme, yaitu suatu teknik dalam programming yang lebih mengarahkan kita untuk memprogram secara general dari pada secara spesifik. Sebagai contoh seumpama kita memiliki 3 class berbeda yaitu: “Motor”, “Mobil” dan “Pesawat”. Dimana ketiga class tersebut adalah turunan dari class “Kendaraan”. Dalam kelas kedaraan terdapat suatu method yaitu “Move()”, akan tetapi apakah method “Move()” akan memberikan hasil yang sama pada tiga class tersebut. Dimana jika method “Move()” dipanggil pada class “Motor” akan menghasilkan perpindahan 30Km, jika pada class “Mobil” akan menghasilkan perpindahan 70Km dan jika dipanggil pada class “Pesawat” akan menghasilkan perpindahan 300Km. Hal inilah yang kita sebut sebagai Polimorfisme, yaitu penggunaan method yang sama, yang akan menghasilkan suatu hasil yang berbeda tergantung class yang menggunakan method tersebut.

10 Q & A


Download ppt "7 Rekayasa Sistem Dedy Alamsyah, S.Kom. Konsep Utama OOP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google