Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM Yang Akan dibahas oleh kelompok kami adalah INHERITANSI dan POLIMORFISME.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM Yang Akan dibahas oleh kelompok kami adalah INHERITANSI dan POLIMORFISME."— Transcript presentasi:

1 ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM Yang Akan dibahas oleh kelompok kami adalah INHERITANSI dan POLIMORFISME

2 Pengertian Awal Inti Java Programming → Object Oriented Programming. Dalam dunia nyata, semua benda dianggap objek. Setiap objek memiliki: ◦ atribut (state) → variable ◦ tingkah laku (behaviour). → method (fungsi / prosedur)

3 Karakter dan Tujuan PBO Karakteristik utama pemrograman berorientasi objek: ◦ 1. Abstraksi (abstraction) ◦ 2. Pengkapsulan (encapsulation) ◦ 3.Pewarisan (Inheritance) ◦ 4. Polimorfisme Tujuan → merahasiakan source code suatu produk/aplikasi

4

5 INHERITANSI Adalah dimana sebuah objek dapat mempunyai objek turunan. Pewarisan → kemampuan suatu objek untuk menurunkan karakteristik yang dimilikinya (data atau prosedur / fungsi) kepada objek yang lain.

6 Dengan Inheritansi Kita mudah dalam mengembangkan suatu objek baru dengan menggunakan sifat-sifat objek lain.

7  Dalam Java, class Object merupakan class yang berada pada tingkat hirarki tertinggi  Keyword extends digunakan utk Membangun class baru dengan menggunakan class yang telah ada.  Bertujuan untuk menggunakan kembali code yang telah didefinisikan pada class yang telah ada untuk membentuk class baru.

8  Parent class → suatu class yang memiliki class turunan.  Child / sub-class →class dari turunan itu sendiri

9 Superclass dan subclass Suatu subclass dapat mewarisi semua atau sebagian member yang dimiliki oleh parent class →hanya memperluas (dgn extend) parent class-nya. Digunakan supaya : Tidak perlu banyak menulis ulang sekelompok kode. Mengkoreksi / memperbaiki pengkodean pada base- class ke seluruh subclass.

10 Deklarasi INHERITANSI Menambahkan kata kunci extends setelah deklarasi nama class, dan diikuti dengan nama parent class-nya. Kata kunci extends tersebut akan memberitahu Java compiler bahwa akan dilakukan perluasan class.

11 Penggunaan Inheritansi Public class Pegawai { Public String nama; Public double gaji; } Lalu ada kelas baru > Public class Manajer { Public String nama; Public double gaji; Public String departemen; } Maka seharusnya digunakan >> Public class Manajer extends Pegawai { Public String departemen;

12 Apa yang diwariskan ?? Semua field yang ditandai sebagai "dilindungi" atau "publik".  "private" hanya dapat dilihat oleh kelas yang menyatakan mereka  "protected" hanya dapat dilihat oleh kelas yang dinyatakan, dan pada setiap subclass Semua public dan method-method yang diprotek.

13

14 Polimorfisme  Merupakan suatu sifat yang memungkinkan nama yang sama dapat menyatakan tindakan yang berbeda.  Secara umum, merupakan kemampuan untuk muncul dalam berbagai bentuk.

15  Kemampuan suatu reference variable untuk bertindak (melakukan method) sesuai dengan object yang dipegangnya.  Memungkinkan berbagai object dari berbagai subclass diperlakukan sebagai sebuah object super class. Super class yang dimaksud akan melakukan tindakan sesuai dengan object subclass tersebut.


Download ppt "ABSTRACTION, ENCAPSULATION, INHERITANCE & POLYMORPHISM Yang Akan dibahas oleh kelompok kami adalah INHERITANSI dan POLIMORFISME."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google